Retorika dalam Komunikasi Dakwah (Studi pada Retorika Dakwah Ustaz Abdullah Sam)

Meryati, Letty Putri (2017) Retorika dalam Komunikasi Dakwah (Studi pada Retorika Dakwah Ustaz Abdullah Sam). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengenai retorika yang digunakan Ustaz Abdullah Sam dalam komunikasi dakwah. Retorika yang dilakukan bukan hanya sebatas etos, patos dan logos saja. Tetapi penelitian merujuk pada peran sebuah ruang dan strategi yang digunakan oleh Ustaz Abdullah Sam dalam berdakwah. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan retorika dalam komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Ustaz Abdullah Sam. Penelitian ini menggunakan tradisi retorika Robert T. Craig. Tradisi retorika digunakan untuk mengetahui seni berbicara, bertindak, berperilaku dan memilih simbol untuk disampaikan kepada orang lain. Tradisi retorika menekankan pada metode, komunikator, penonton, strategi, logika dan emosi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif interpretatif dengan metode studi kasus. Jenis studi kasus yang akan digunakan adalah studi kasus intrinsik. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi langsung, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan studi kasus Robert K. Yin Berdasarkan temuan-temuan di lapangan terdapat beberapa pokok. Pertama, retorika dapat digunakan di dalam komunikasi dakwah. Kedua, strategi yang digunakan harus berdasarkan dari latar belakang audience. Ketiga, bukan hanya daya tarik logis dan emosi tetapi juga ruang yang digunakan. Keempat, retorika dalam komunikasi dakwah digunakan sebagai pemberdayaan masyarakat pinggiran sesuai dengan nilai-nilai Islam

English Abstract

This research is about rhetoric used by Ustaz Abdullah Sam in da’wah communication. Rhetoric being used is not limited to ethos, pathos, logos only. The research refers to the role of space and strategy used by Ustaz Abdullah Sam in da’wah. The purpose of this research is to describe rhetoric in da’wah communication did by Ustaz Abdullah Sam. This research is using Robert T. Craig’s rhetoric tradition. Rhetoric tradition is used to knowing art of speaking, acting, behaving and choosing symbol to be delivered to other people. Rhetoric tradition emphasizes method, communicator, audience, strategy, logic, and emotion. The type of research used is qualitative interpretative with case study method. The type of case study to be used is an intrinsic case study. Informant selection technique is using purposive sampling. Data collection techniques used was interviews, direct observation, participant observation and documentation. Data analysis technique is using Robert K. Yin’s case study. Based on findings in the field there are several points. First, rhetoric can be used in da’wah communication. Second, the strategy used should be based on the background of the audience. Third, not only the appeal of logical and emotion but also the space used. Fourth, rhetoric in da’wah communication is used as empowerment of marginal society according to Islamic values

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1075/051712339
Uncontrolled Keywords: Retorika, Komunikasi Dakwah, Ruang, Studi Kasus, Rhetoric, Da’wah Communication, Space, Case Study
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.22 Kinds of communication > 302.224 Verbal communication > 302.224 2 Oral communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Feb 2018 01:52
Last Modified: 03 Dec 2020 08:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8639
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item