Astuti, Evi Sri (2017) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Getuk Pisang (Studi Kasus Usaha Dagang Getuk Pisang Di Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di era global, para pelaku IKM dituntut untuk mampu menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki karakteristik yang khas sehingga memiliki keunggulan dibandingkan produk-produk kompetitor. Salah satu IKM yang bergerak dibidang produksi makanan serta pengolahan hasil pertanian di Kota Kediri adalah UD. Geruk Pisang. UD. Getuk Pisang merupakan salah satu IKM di Kota Kediri yang mengolah hasil pertanian berbahan dasar pisang menjadi getuk pisang. Semakin banyaknya merek getuk pisang yang dijual di Kota Kediri, mengharuskan produsen getuk pisang untuk mampu menghadapi tingkat persaingan yang semakin ketat. Tingkat persaiangan UD. Getuk Pisang terjadi akibat banyaknya produk sejenis yang berasal dari beberapa produsen getuk pisang lainnya. Sehingga UD. Getuk Pisang harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk dapat mampu bertahan pada persaingan pasar getuk pisang di Kota Kediri. Selain itu, UD. Getuk Pisang dalam waktu beberapa bulan terakhir ini mengalami fluktuasi volume penjualan. Total penjualan UD. Getuk Pisang mengalami penurunan dan peningkatan yang tidak signifikan. Oleh karena ittu, UD. Getuk Pisang perlu melakukan perancangan strategi pemasaran yang tepat agar dapat meningkatkan volume penjualan dan membuat konsumen menjadi loyal terhadap produk getuk pisangnya. Dengan menganalisis bauran pemasaran yang telah dilakukan dapat memberikan informasi kepada UD. Getuk Pisang mengenai produk yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Sehingga, UD. Getuk Pisang senatiasa melakukan perbaikan secara berkesinambungan seperti yang diharapkan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk UD. Getuk Pisang dengan menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM). penelitian ini menganalisis bauran pemasaran 7P yang meliputi variabel produk, harga, tempat, orang bukti fisik, dan variabel proses. Hasil penelitian diketahui bahwa variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk getuk pisang UD. Getuk Pisang adalah (1) variabel tempat/distribusi dengan nilai P sebesar 0,011 dan thitung sebesar 2,554, (2) variabel promosi dengan nilai P sebesar 0,035 dan thitung sebesar 2,110, variabel orang dengan nilai P sebesar *** dan thitung sebesar 5,508, dan variabel bukti fisik dengan nilai P sebesar *** dan thitung sebesar -4,490. Variabel yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk getuk pisang UD. Getuk Pisang variabel produk, harga, dan proses. Berdasarkan hasil variabel yang signifikan didapat variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk UD. Getuk Pisang adalah variabel orang dengan nilai P *** dan thitung sebesar 5,508.
English Abstract
In the face of increasingly fierce competition in the global era, IKM actors are required to be able to produce quality products and have distinctive characteristics that have advantages over competitor products. One of the IKM engaged in food production and processing of agricultural products in the city of Kediri is UD. Getuk Pisang. UD. Getuk Pisang is one of the IKM in Kediri City that cultivates agricultural produce made from banana to getuk banana. The increasing number of banana getuk brand that is sold in Kediri, requires the producers of banana getuk to be able to face the increasingly intense competition level persuasion rate UD. Getuk Pisang occurs due to the number of similar products coming from several other banana getuk producers. So UD. Getuk Pisang must have the right marketing strategy to be able to survive on the banana getuk market competition in Kediri. In addition, UD. Getuk Pisang in the last few months experienced fluctuations in sales volume. Total sales of UD. Getuk Pisang decreases and does not increase significantly. Therefore, UD. Getuk Pisang needs to do the design of the right marketing strategy in order to increase sales volume and make consumers become loyal to the product getuk pisangnya. By analyzing the marketing mix that has been done can provide information to UD. Getuk Pisang about the products needed and desired by consumers. Thus, UD. Getuk Pisang always make continuous improvement as expected by consumers. This study aims to determine the effect of marketing mix on consumer decisions in purchasing UD. Getuk Pisang products by using Structural Equation Modeling (SEM) analysis. This study analyzes the 7P marketing mix including product variables, prices, places, physical evidence, and process variables The results of the research note that the variables that have a significant influence on purchasing decision UD. Getuk Pisang products is place/distribution variable with P value of 0,011 and tcount of 2,554, promotion variable with P value of 0,035 and tcount of 2,110, people variable with P value of *** and tcount of 5,508, and physical evidence variable with P value of *** and tcount of -4,490. Variables that do not have significant influence on purchasing decision of UD. Getuk Pisang is product, price, and process. Based on the result of the significant variables, the most dominant variable influences the purchasing decision of product UD. Getuk Pisang is a person variable with P *** and tcount of 5,508.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/1035/051800729 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 30 Jan 2018 03:26 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 03:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |