Analisis Kepuasan Konsumen Produk Keripik Kentang Studi Kasus CV. Cita Mandiri, Desa Junrejo, Batu, Malang

Faisal, Syah Reza Al (2017) Analisis Kepuasan Konsumen Produk Keripik Kentang Studi Kasus CV. Cita Mandiri, Desa Junrejo, Batu, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan pada dunia usaha membuat para pengusaha dibidang kuliner juga berlomba untuk meningkatkan usahanya dengan cara melakukan inovasi dalam menciptakan produk olahan makanan berbahan dasar kentang. Menurut SUSENAS (Survei Sosial Ekonomi Nasional) tahun 2003-2015, jumlah konsumsi kentang rumah tangga di Indonesia meningkat sebesar 1,76% pada periode tahun 2002-2012, peningkatan terbesar terjadi pada tahun 2007 dimana konsumsi dalam rumah tangga untuk kentang naik sekitar 25% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sebaliknya dengan penurunan terbesar konsumsi dalam rumah tangga terjadi pada tahun 2009 sebesar 15,38%. Tahun 2012 konsumsi kentang sebesar 1,460kg/kapita/tahun atau turun sebesar 6,67% dibandingkan dengan tahun 2011. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah konsumsi kentang rumah tangga mengalami fluktuatif dari tahun ke tahun dikarenakan kebanyakan orang Indonesia lebih menyukai makanan cepat saji yang terbuat dari olahan kentang yaitu keripik kentang. Persaingan industri kuliner di Batu saat ini sedang berkembang pesat. Tingkat persaingan yang cukup tinggi dari tiap perusahaan yang menawarkan produk dan jasa dalam bidang kuliner ini tentu akan mendorong produsen untuk terus berinovasi dalam menciptakan dan mengembangkan produk agar mampu mempertahankan kepuasan konsumen yang berkunjung. CV. Cita Mandiri adalah salah satu perusahaan yang memproduksi keripik kentang Untuk meningkatkan minat beli konsumen dan mengurangi adanya keluhan konsumen terhadap produk keripik kentang, pihak CV. Cita Mandiri harus memiliki informasi tentang kepuasan konsumen terhadap kualitas produk keripik kentang. Sehingga pihak CV. Cita Mandiri dapat mengingkatkan kepuasan konsumen dan menjalankan strategi yang mampu mempertahankan keadaan perusahaan ditengah-tengah persaingan yang ketat. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian terkait kepuasan konsumen melalui kepentingan atribut dan tingkat kepuasan konsumen di CV. Cita Mandiri Desa Junrejo, Batu. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1).Menganalisis evaluasi konsumen terhadap atribut keripik kentang di CV. Cita Mandiri. 2). Menganalisis tingkat kepuasan terhadap atribut keripik kentang CV. Cita Mandiri Responden dalam penelitian ini yaitu 62 orang pengunjung atau konsumen CV. Cita Mandiri. metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode penyebaran angket serta didukung oleh data sekunder seperti dokumentasi. Data yang telah didapatkan dari responden selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji instrument dan oleh peneliti menggunakan skala pengukuran yang berfungsi untuk mengamati tingkat kepuasan konsumen terhadap kinerja atribut produk menggunakan skala likert yang selanjutnya dideskripsikan kedalam bentuk kalimat menggunakan fungsi konversi dan interpretasi gap antara nilai evaluasi terhadap kinerja atribut produk dikurangi besarnya harapan terhadap kinerja atribut produk yang bersangkutan. Hasil analisis yang didapatkan yaitu 1). Pada evaluasi kinerja atribut produk keripik kentang CV. Cita Mandiri konsumen didominasi menyatakan setuju dengan atribut keripik kentang bahwa atribut telah sesuai dengan yang konsumen harapkan mengenai produk keripik kentang. 2). Pengukuran tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut keripik kentang CV. Cita Mandiri melalui analisis deskriptif diperoleh bahwa konsumen cukup puas dengan produk keripik kentang karena atribut- atribut produk tersebut telah sesuai dengan konsumen rasakan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/1038/051800732
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.56 Product control, packaging; waste control and utilization > 658.562 Quality control
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Jan 2018 02:18
Last Modified: 10 Aug 2020 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8575
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item