Agustina, Dewi (2017) Analisis Loyalitas Pelanggan Di Rumah Makan Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, selain itu Malang Raya dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Indonesia. Sekaligus sebagai pusat wisata kuliner (wiskul) yang sudah terkenal. Kota Malang terkenal dengan makanan khasnya yang berupa bakso. Berbagai macam olahan dan variasi bakso terdapat di kota Malang. Selain rasa dan keunikan macam olahannya. Variasi bakso yang terus dikembangkan adalah salah satu cara yang dilakukan penjual bakso untuk meningkatkan penjualan produknya. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Malang di Rumah Makan Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang yang berada di Jl. Pahlawan Trip 03 Kota Malang mulai tanggal 15 September- 22 September 2016. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui tingkat loyalitas pelanggan Rumah Makan Bakso Bakar Pahlawan Trip (2) Menganalisis pengaruh produk, kualitas pelayanan, harga, fasilitas tempat, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan Rumah Makan Bakso Bakar Pahlawan Trip. Materi penelitian adalah pelanggan di Rumah Makan Bakso Bakar Pahlawan Trip, dengan jumlah 100 responden dengan menggunakan metode Accidental sampling dan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda dan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini membahas karakteristik pelanggan yang meliputi pelanggan berdasarkan jenis kelamin, pelanggan berdasarkan usia, pelanggan berdasarkan pendidikan, pelanggan berdasarkan pekerjaan, pelanggan berdasarkan pendapatan perbulan, pelanggan berdasarkan asal kedatangan, pelanggan berdasarkan sumber informasi dan untuk analisis deskriptif membahas tentang persepsi pelanggan berdasarkan kualitas produk mempunyai nilai rata-rata keseluruhan nilai sebesar 2,90 yang berarti bahwa indikator kualitas produk enak., persepsi pelanggan berdasarkan kualitas pelayanan mempunyai nilai rata-rata keseluruhansebesar 2,84 yang berarti pelanggan merasa nyaman terhadap penampilan karyawan yang rapi dan sangat berpengaruh terhadap ketertarikan pelanggan yang akan menikmati Bakso Bakar Pahlawan Trip., persepsi berdasarkan harga mempunyai nilai rata-rata keseluruhan sebesar 2,56 yang berarti harga bakso bakar tidak terlalu mahal sehingga masih bisa dijangkau oleh pelanggan, persepsi pelanggan berdasarkan fasilitas tempat makan mempunyai nilai rata-rata keseluruhan sebesar 2,88 yang berarti fasilitas rumah makan sangat berpengaruh pada rumah makan, dan persepsi pelanggan berdasarkan promosi mempunyai nilai rata-rata keseluruhan sebesar 2,74 yang berarti promosi sangat diperlukan dalam memasarkan produk. Kesimpulan yang didapat dari penelitian yang berjudul Analisis Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Bakso Bakar Pahlawan Trip Kota Malang, yaitu: (1) Variabel Kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, fasilitas rumah makan, dan promosi berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan Bakso Bakar Pahlawan Trip Kota Malang. (2) Variabel yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Rumah Makan Bakso Bakar Pahlawan Trip Kota Malang adalah promosi. Promosi juga merupakan salah satu bagian dari alat pemasaran yang memegang peranan yang cukup penting didalam meningkatkan volume penjualan barang dan jasa dengan menawarkan kepada masyarakat konsumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat diberikan beberapa saran antara lain sebagai berikut: (1) Perlunya meningkatkan loyalitas pelanggan dengan mempertahankan kualitas produk sesuai dengan keinginan pelanggan di Rumah Makan Bakso Bakar Pahlawan Trip. (2) Perlunya meningkatkan promosi melalui media cetak, media sosial dan media elektronik dan melakukan promosi agar pelanggan mengetahui informasi Rumah Makan Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang
English Abstract
The purpose of this study was to analyze the effect of product, service quality, price, restaurant facilities, and promotion on customer loyalty of Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang. The study was conducted from September 15th to September 22th, 2016. The method used was survey, where the primary data were obtained by using structurred questionnaire. The sampling technique was used accidental sampling and purposive sampling with the total number of 100 respondents. Data was analyzed by using Multiple Regression analysis to analyze the effect of product quality (X1), service quality (X2), price (X3), facility of place (X4) promotion (X5) to loyalty of consumer (Y). The results of simultaneous test revealed that all independent variables has significantly effect on customer loyalty. While the result of partial test demonstrated that product quality significance, service quality significance, price significance, restaurant facilities significance, promotion significance has also a significant effect on customer loyalty. Therefore, it can be concluded that product quality, service quality, price, restaurant facilities, and promotion have positive and significant influences customer loyalty in the Restaurant of Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang. The most influential variable on customer loyalty is promotion. Hence, it is suggested to the management to maintain customer loyalty by defend the quality of products and services.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2017/455/051800318 |
Uncontrolled Keywords: | Customer loyalty, bakso bakar pahlawan trip Malang. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 29 Jan 2018 03:40 |
Last Modified: | 06 Sep 2020 07:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8517 |
Actions (login required)
View Item |