Implementasi Kebijakan Program Kelas Internasional Pada Perguruan Tinggi (Studi Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Wardani, Malisa Cory (2017) Implementasi Kebijakan Program Kelas Internasional Pada Perguruan Tinggi (Studi Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelas internasional merupakan salah satu program dari Universitas Brawijaya sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang terkemuka dalam rangka World Class University serta menjadi visi-misinya sebagai universitas unggul berstandar Internasional dan berdaya saing ASEAN. Dengan sudah berjalannya Program Kelas Internasional pada beberapa Fakultas di Universitas Brawijaya sejak tahun 2006 hingga saat ini, sementara beberapa Fakultas yang pada awalnya bersungguh-sungguh melaksanakan Program Kelas Internasional kini diketahui tidak lagi melanjutkan Program tersebut. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya merupakan salah satu Fakultas yang masih konsisten melaksanakan Program Kelas Internasional tersebut hingga saat ini dan terus melakukan pengembangan dengan membuka Program Kelas Internasional di setiap jurusannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan Implementasi Kebijakan Kelas Internasional pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dengan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhinya berdasarkan teori implementasi kebijakan Edward III antara lain faktor komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif- deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tekhnik pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan studi dokumen. Penelitian dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB-UB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Komunikasi yang terjadi selama ini, baik antara pihak Fakultas dengan mahasiswa banyak menggunakan komunikasi tidak langsung dikarenakan lebih efektif dan efisien. Namun komunikasi secara langsung pun rutin dilakukan setiap awal perkuliahan dengan 8 mengundang orang tua mahasiswa. 2) Sumber Daya, dukungan sumber daya pelaksana kebijakan Program Kelas Internasional di FEB-UB baik sumber daya manusia, sumber daya anggaran, informasi dan kewenangan dan sarana prasarana sudah cukup memenuhi. Walaupun demikian masih ada beberapa kekurangan seperti jumlah sumber daya manusia yang perlu ditambah. 3) Disposisi dinilai dari tingkat kepatuhan pelaksana kebijakan dan tingkat kepatuhan mahasiswa. Kepatuhan pelaksana kebijakan (aktor kebijakan) dinilai sudah bagus. Sejalan dengan pelaksana kebijakan, kepatuhan mahasiswa juga dinilai baik karena sikap mendukung mereka dalam Kebijakan Program Kelas Internasional. 4) Struktur Birokrasi, dinilai dari ketersediaan SOP Internal terkait pelaksanaan Kebijakan Program Kelas Internasional di FEB-UB serta Fragmentasi. Unit Program Internasional FEB-UB memiliki SOP yang lengkap yang mengatur alur-alur kerja pelayanan pada Program Kelas Internasional. Terkait pola hubungan kerja dan pembagian tugas (Fragmentasi), Unit Program Kelas Internasional FEB-UB memiliki pola hubungan kerja yang baik dan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

English Abstract

This study aims to find out the success of policy implementation of international undergraduate program at at Faculty of Economics and Business University of Brawijaya (FEB-UB) by analyzing the influencing factors based on the theory of policy implementation Edward III, among others communication factor, resource, disposition and bureaucratic structure. This was qualitative descriptive research (case studies). The data were collected from interview, observation, and document study. This study was conducted at at Faculty of Economics and Business University of Brawijaya (FEB-UB). The result of the study shows that: 1) Communication happens along this time both between Faculty and students mostly uses indirect communication since it feels more effective and efficient. However, direct communication is a routine activity at the first year by inviting parents. 2) Resource, support of international undergraduate program policy's executing agent at FEB-UB both human resources, budgetary resources, information and authority and facility and infrastructure is sufficient. But then there are several deficiencies like an amount of human resources needs to be added. 3) Disposition is measured from the policy's executing agent and student level of obedience. Policy's executing agent is measured to have been good. In line with the policy's executing agent, students' obedience is also measured to be good since their support in the policy of international undergraduate program. 4) Bureaucratic structures are measured from the availability of internal Standard Operating procedure (SOP) connected to the policy implementation of international undergraduate program at FEB-UB and its fragmentation. FEB-UB's international program unit has a complete SOP that rules plots of service performance at international undergraduate program. Coupled with the pattern of work relationship and distribution of duties 10 (fragmentation), FEB-UB's international undergraduate program unit has good pattern of work relationship and is suitable for its respective field.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/378.01/WAR/i/2017/041705845
Uncontrolled Keywords: UNIVERSITIES AND COLLEGES, UNIVERSITIES AND COLLEGES - DEPARTMENTS
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education) > 378.01 Higher education for specific objectives
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 Jul 2017 06:20
Last Modified: 02 Dec 2020 11:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/850
[thumbnail of MALISA CORY WARDANI.pdf]
Preview
Text
MALISA CORY WARDANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item