Analisis Kondisi Existing Dan Pengembangan Model Bisnis Dalam Sektor Pariwisata (Studi Kasus Pariwisata di Kota Wisata Batu)

Al Adawiyah, Robiatul (2017) Analisis Kondisi Existing Dan Pengembangan Model Bisnis Dalam Sektor Pariwisata (Studi Kasus Pariwisata di Kota Wisata Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Wisata Batu merupakan salah satu kota di Indonesia yang mulai berbenah dengan menjadikan pariwisata sebagai suatu industri untuk mengembangkan sektor perekonomiannya. Pertumbuhan sektor perekonomian yang terjadi yaitu melalui pengembangan attractions, accessibilities, dan amenities dalam sektor pariwisata. Peningkatan pertumbuhan usaha-usaha ini membutuhkan strategi khusus untuk mendesain suatu model bisnis yang tepat. Penyusunan model bisnis dalam penelitian ini dilakukan menggunakan Business Model Canvas (BMC). BMC digunakan untuk memetakan model bisnis industri pariwisata di Kota Wisata Batu kedalam nine building blocks kanvas model bisnis. Pemetaan ini dilakukan untuk menetapkan kesembilan blok bangunanan BMC dalam lingkup makro (environment) di Kota Wisata Batu. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian yang berjudul ”Analisis Kondisi Eksisting dan Pengembangan Model Bisnis dalam Sektor Pariwisata (Studi Kasus Pariwisata di Kota Wisata Batu)”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian exploratory research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observation, interview, dan documentation. Narasumber yaitu sebanyak 20 orang yang merupakan stakeholder pariwisata di Kota Wisata Batu, terdiri dari sektor privat dan sektor publik. Analisis data yang digunakan terdiri dari empat tahap, berupa: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan analisis Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisis kondisi eksisting industri pariwisata di Kota Batu terbukti bermanfaat. Analisis BMC dapat menggambarkan kondisi bisnis yang sekarang diterapkan oleh Kota Batu untuk selanjutnya dilakukan perbaikan dengan menekankan pertambahann nilai sebagai bagaian dari pengelolaan pengembangan tekhnologi. Hal tersebut juga didukung dengan penggunaan analisis faktor strategis internal dan faktor strategis eksternal yang dapat melihat kekurangan atau kelemahan dan tantangan serta kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh Kota Batu. sehingga dari analisis ini dapat diciptakan suatu strategi yang meminimalkan kelemahan dan tantangan yang secara bersama-sama memaksimalkan kekuatan dan peluang yang dimiliki.

English Abstract

Kota Wisata Batu is one of the cities in Indonesia that began to improve by making tourism as an industry to develop its economic sector. The growth of the economic sector that occurs through the development of attractions, accessibilities, and amenities in the tourism sector. Increasing the growth of these efforts requires a specific strategy to design an appropriate business model. Preparation of business model in this research is done using Business Model Canvas (BMC). BMC is used to map the business model of tourism industry in Kota Wisata Batu into nine building blocks canvas business model. This mapping is done to determine the nine BMC building blocks within the macro (environment) in Kota Wisata Batu. Based on this the researcher conducted a study entitled "Analysis of Existing Conditions and Development of Business Model in Tourism Sector (Case Study of Tourism in Kota Wisata Batu)”. This research uses exploratory research type with qualitative approach. Sources of data obtained from the primary data and secondary data, with data collection techniques used in this form are observation, interview, and documentation. The speakers are as many as 20 people who are tourism stakeholders in Kota Wisata Batu, consisting of private sector and public sector. The data analysis used consists of four stages: data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The results showed that the use of Business Model Canvas (BMC) analysis to analyze the existing condition of tourism industry in Batu City proved useful. BMC analysis can describe the current business condition applied by Kota Batu for further improvement by emphasizing value added as part of the management of technology development. It is also supported by the use of internal strategic factor analysis and external strategic factors that can see the weaknesses and challenges and strengths and opportunities of Batu City. so that from this analysis can be created a strategy that minimizes the weaknesses and challenges that together maximize the strengths and opportunities they have.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1215/051801080
Uncontrolled Keywords: Business Model Canvas (BMC), Bisnis Pariwisata, Kota Wisata Batu
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 26 Jan 2018 07:10
Last Modified: 26 Oct 2021 02:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8470
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 8. Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (756kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item