Evaluasi Dan Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi On Demand Berbasis Mobile Dengan Menerapkan Human-Centred Design (Studi Kasus: Mangjek Indonesia)

Praditya, Ardeni Bayu (2017) Evaluasi Dan Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi On Demand Berbasis Mobile Dengan Menerapkan Human-Centred Design (Studi Kasus: Mangjek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Maraknya perkembangan aplikasi On Demand membuat pelaku bisnis berlomba-lomba membuat aplikasi yang berbasis pada permintaan pelanggan tersebut. Ada banyak sekali aplikasi On Demand di Indonesia, hal itu membuat pengguna semakin selektif dalam memilih aplikasi On Demand. Mangjek adalah salah satu aplikasi On Demand yang beroperasi di Palembang. Hasil pra penelitian menunjukan keluhan pengguna aplikasi terhadap antarmuka aplikasi Driver Mangjek. Keluhan tersebut menunjukan bahwa antarmuka kurang bisa dipahami dan menyulitkan dalam penggunaan. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dilakukan perancangan antarmuka aplikasi Driver Mangjek yang mudah dipahami oleh pengguna. Metode yang digunakan dalam perancangan antarmuka adalah Human-Centred Design dengan memperhatikan prinsip desain android dan aturan desain Adaptive User Interface. Kepuasan pengguna terhadap antarmuka akan dievaluasi dengan menggunakan instrumen hasil adaptasi dari Questionnaire for User Interaction Satisfaction dengan melibatkan 90 responden. Terdapat 5 aspek dan 14 indikator yang menjadi acuan untuk melakukan evaluasi kepuasan pengguna. Setelah didapatkan permasalahan terkait antarmuka, dilakukan pengumpulan data dengan cara wawancara kepada stakeholder dan pengguna. Hasil wawancara direpresentasikan dalam kebutuhan fungsional, non fungsional, use case diagram dan use case specification. Terdapat 33 kebutuhan fungsional dan 3 kebutuhan non fungsional yang menjadi acuan untuk melakukan perancangan antarmuka pengguna aplikasi Driver Mangjek. Dalam proses perancangan dilakukan iterasi sebanyak dua kali, hal ini dikarenakan pada iterasi pertama masih terdapat keluhan terkait penggunaan aplikasi. Evaluasi desain dilakukan dengan menerapkan User-Based Testing dan Inspection-Based Evaluation. User-Based Testing melibatkan pengguna sebagai responden, sedangkan Inspection-Based Evaluation melibatkan seorang expert design sebagai evaluator. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kepuasan pengguna terhadap anarmuka setelah dilakukannya perbaikan antarmuka aplikasi. Peningkatan terjadi pada 5 aspek yaitu: (1) Tampilan Aplikasi, meningkat dari 3.26 menjadi 6.36; (2) Penggunaan Bahasa, meningkat dari 3.75 menjadi 5.67; (3) Pembelajaran, meningkat dari 3.89 menjadi 5.36; (4) Bantuan Online, meningkat dari 1.95 menjadi 4.71; (5) Tutorial Online, meningkat dari 1.60 menjadi 6.34.

English Abstract

The rise of On Demand application makes business people compete in creating applications based on customer demands. There are a lot of On Demand applications in Indonesia, it makes users are more selective in selecting On Demand applications. Mangjek is one of the On Demand applications which is operated in Palembang. The pre-research result shows application users complaints about Driver Mangjek application interface. Those complaints show that the interface is less understandable and complicate in usage. Therefore, in this research, there will be interface design for Driver Mangjek application interface which is easily understandable by the users. The method used in this interface design is Human-Centred Design by considering android design principles and Adaptive User Interface design rules. Users satisfaction to the interface will be evaluated by using instrument which is the adaptation result of Questionnaire for User Interaction Satisfaction involving 90 respondent. There are 5 aspects and 14 indicators that become the reference for evaluating user satisfaction. After being obtained problems related to the user interface, data collection is done by interviewing the stakeholders and users. Interview results are represented in functional requirements, non functional requirements, use case diagrams and use case spesification. There are 33 functional requirements and 3 non functional requirement that become the reference to design user interface application of Driver Mangjek. In the design process iteration will be done twice, because in the first iteration there are still complaints related to the use of the application. Design evaluation is done by applying User-Based Testing and Inspection-Based Evaluation. User-Based Testing involves users as respondents, while Inspection-Based Evaluation involves an expert design as an evaluator. The research result shows that there are users satisfaction enhancements to the interface after applying application interface improvement. The enhancements are in 5 aspects, those are: (1) Application Interface, it’s increasing from 3.26 to 6.36; (2) Language usage, it’s increased from 3.75 to 5.67; (3) Learning, it’s increasing from 3.89 to 5.36; (4) Online Helps, it’s increasing from 1.95 to 4.71; (5) Online Tutorial, it’s increasing from 1.60 to 6.34.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/818/051800656
Uncontrolled Keywords: antarmuka pengguna, kepuasan, on demand
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jan 2018 02:23
Last Modified: 20 Nov 2023 05:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8447
[thumbnail of Ardeni Bayu Praditya.pdf] Text
Ardeni Bayu Praditya.pdf

Download (14MB)

Actions (login required)

View Item View Item