Analisis Dan Perbaikan Antarmuka Pada Situs Web Brawijaya Information Technology Services (Bits) Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik".

Trihardo, Rendra (2017) Analisis Dan Perbaikan Antarmuka Pada Situs Web Brawijaya Information Technology Services (Bits) Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UPT TIK merupakan pengelola situs web BITS. Salah satu yang tidak bisa lepas dari kualitas situs web ialah tampilan antarmuka pengguna. Antarmuka situs web sangat berpengaruh pada proses operasional penggunaan situs web. Untuk menggali permalahan yang ada di situs web BITS maka dilakukan observasi dan wawancara dengan pihak terkait dari pengelola situs web BITS. Berdasarkan hasil obeservasi dan wawancara ditemukan sejumlah permasalahan pada antarmuka situs web BITS. Mengingat pentingnya fungsi situs web bagi kegiatan oprasional dan berdasarkan permasalahan yang ada, maka peneliti mengusulkan evaluasi situs web BITS mengguna evaluasi heuristik. Evaluasi dilakukan dalam 2 tahap, yaitu evaluasi tahap awal dan evaluasi tahap akhir. Pada evaluasi tahap awal, evaluasi dilakukan pada situs web BITS dengan total temuan permasalahan sebanyak 28 temuan dan permasalahan paling banyak ditemukan terletak pada katagori H8 (aesthetic and minimalist design). Berdasarkan hasil evaluasi tahap awal dilakukan perbaikan situs web BITS. Pada evaluasi tahap akhir, evaluasi dilakukan pada hasil perbaikan situs web BITS dengan total temuan permasalahan sebanyak 15 temuan dan permasalahan paling banyak ditemukan pada evaluasi tahap akhir terletak pada katagori H8 (aesthetic and minimalist design. Rata-rata severity ratings pada evaluasi tahap akhir terdapat pada skala 2 (minor usability problem), sehingga perlu adanya perbaikan lanjutan dari situs web BITS.

English Abstract

UPT TIK is a BITS website manager. One that can not be separated from the quality of a website is the user interface. The website interface is very influential on the operational process of website usage. To explore the problems that exist on the BITS website then observations and interviews conducted with related parties of BITS website manager. Based on observations and interviews, a number of problems on the BITS website interface were found. Given the importance of website function for operational activities and based on existing problems, the researcher proposes evaluation of BITS website using heuristic evaluation. Evaluation is done in 2 stages, that is early stage evaluation and final evaluation. In the early evaluation, evaluation was done on the BITS website with a total of 28 problems and the most common problems were found in the H8 category (aesthetic and minimalist design). Based on the results of the early stage evaluation of BITS website was improved. In the final evaluation, the evaluation was done on the result of BITS website improvement with the total problems of 15 were found and the most common problems found in the final evaluation lies in the category of H8 (aesthetic and minimalist design). The average of severity ratings on the final evaluation is on the scale of 2 (minor usability problem), so that sustainable improvement for the BITS website is needed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/817/051800655
Uncontrolled Keywords: interkasi manusia dan komputer, daya guna, evaluasi heuristik, situs web.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.019 Psychological principles / Human-computer interaction
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jan 2018 02:16
Last Modified: 02 Nov 2020 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8446
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item