Pola Asuh Anak di Yayasan Panti Asuhan Babussalam Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang

Solichah, Diah Hikma Yanti (2017) Pola Asuh Anak di Yayasan Panti Asuhan Babussalam Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pola asuh merupakan interaksi antara anak dan orangtua selama mengadakan kegiatan pengasuhan.Pengasuhan ini berarti orangtua mendidik, membimbing, dan mendisiplinkan serta melindungi anak untuk mencapai kedewasaan sesuai dengan norma-norma yang ada dalam masyarakat.Salah satu cara yang dilakukan agar anak tetap dalam pengasuhan adalah dengan menampung anak-anak terlantar maupun yatim piatu ke dalam suatu wadah. Panti asuhan menjadi wadah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan anak dengan cara mendidik, merawat, membimbing dan mengarahkan serta memberikan keterampilan-keterampilan seperti yang diberikan oleh orang tua dalam keluarga. Proses pengasuhan menjadi menarik ketika mengamati pengasuhan yang ada di panti asuhan tersebut. Oleh Karena itu, penelitian berjenis kualitatif ini bertujuan mencari jawaban atas (a) Bagaimana pola asuh anak di yayasan panti asuhan Babussalam, (b) Bagaimana proses pembelajaran norma dan kebudayaan di panti asuhan. Penelitian ini menggunakan konsep pola asuh anak, teori organisasi sosial, sosialisasi, hingga proses penyesuaian dengan lingkungan yang baru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya proses pola asuh anak yang berbeda dari pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua kandung. Selain itu, adanya proses pembelajaran norma dan kebudayaan yang diterapkan mampu menepis anggapan jika anak yang tinggal di panti asuhan merupakan anak yang tidak teratur, nakal, dan tidak beretika.

English Abstract

Parenting is an interaction between children and parents during parenting activities. Parenting means parents educate, guide, discipline and protect children to achieve maturity in accordance with the norms that exist in society. One way to keep abandoned or orphaned children in care is by accommodating them into a vessel that is an orphanage to help them improve their welfare by educating, nurturing, guiding directing and providing the skills as provided by parents in the family. The nurturing process becomes interesting when observing the care that is in the orphanage. This qualitative research aims to find answers to (a) How is Child Care Pattern in Babussalam Orphanage Foundation (b) How is the process of norm sand culture learning in orphanages. This study uses the concept of child care, social organization theory, socialization, and the adjustment process with the new environment. The results of this study indicate that there are different process in child care pattern and the parenting done by biological parents. In addition, the process of norms and cultures learning that appliedisable to dismiss the assumption that children living in orphanages are children who are irregular, naughty, and unethical.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/881/051800662
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Anak, Panti Asuhan, Sosialisasi, Proses Pembelajaran Norma
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:08
Last Modified: 12 Dec 2020 16:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8400
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item