Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Observasi Melalui Metode Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pagak Kabupaten Malang

Anggreini, Yeni (2017) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Observasi Melalui Metode Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pagak Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang dialami siswa yaitu siswa kurang mampu menulis teks hasil observasi berdasarkan struktur teksnya yang terdiri atas definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat, kegiatan pembelajaran masih bersifat textbook, dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga menyebabkan proses pembelajaran pasif dan membosankan. Metode kontekstual dipilih sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, yaitu (1) bagaimana penerapan metode kontekstual dalam pembelajaran menulis teks hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagak, dan (2) bagaimana peningkatan kemampuan menulis teks ulasan melalui model concept sentence pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pagak, Kabupaten Malang dengan subjek penelitian kelas VII-E. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagak dengan menggunakan metode kontekstual. Hasil penelitian ini menunjukkan penilaian aktivitas guru pada siklus I pertemuan I kategori sangat baik 33,33%, baik 44,44%, cukup 0,00%, kurang 22,22%. Siklus I pertemuan II kategori sangat baik 55,55%, baik 44,44%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Pada siklus II pertemuan I penilaian aktivitas guru kategori sangat baik 100%, baik 00,00%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Siklus II pertemuan II kategori sangat baik 100%, baik 0,00%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Hasil penilaian aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I pada kategori sangat baik 25,00%, baik 50,00%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Siklus I pertemuan II kategori sangat baik 37,50%, baik 62,50%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Siklus II pertemuan I penilaian aktivitas siswa pada kategori sangat baik 100%, baik 0,00%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Siklus II pertemuan II kategori sangat baik 100%, baik 0,00%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Nilai hasil siswa dalam menyusun teks hasil observasi melalui metode kontekstual mengalami peningkatan. Nilai rata-rata tahap prasiklus 67.80, pada siklus pertama nilai rata-rata menjadi 79.55 dari 9 siswa tuntas KKM dan 6 siswa belum tuntas KKM dengan persentase ketuntasan 66,66%. Pada siklus kedua rata-rata nilai siswa menjadi 89,47 dari 15 siswa tuntas KKM dengan persentase kelulusan 100%.

English Abstract

This research is based on the problem experienced by the students that are poor to distinguish the structure of observation text which consists of general description, section description, and description of benefit the learning process still tends to textbook, the learning model is less varied, causing the process Passive and boring learning. Based on the problem. The contextual learning method was chosen as an alternative to solve the problems that occur by students. In this research, the writer will solve the problem formulation that is (1) how the application of contextual learning method in learning to observation the text of the students' grade VII SMP 1 Pagak? (2) how to improve the ability to observation the text of the review through the concept of sentence model for the students of grade VII SMP Negeri 1 Pagak? The type of research used is Classroom Action Research (CAR). This research was conducted in SMP Negeri 1 Pagak with subject of class VII-E. The purpose of this research is to improve the ability to compile text of student’s grade VII students of SMP Negeri 1 Pagak using contextual learning method. The results of this study indicate the teacher activity in the first cycle of meeting I that category 33,33% excellent, 44,44% good, 0,00% satisfactory, 22,00% poor, first cycle of meeting II which category 55,55% excellent, 44,44% good, 0,00% satisfactory, 0,00% poor. In Second cycle of meeting I , the teacher activity which category 100% excellent, 100% good, 0,00% satisfactory, 0,00% poor. Second cycle of meeting II which category 100% excellent, 0,00% good, 0,00% satisfactory, 0,00% poor. The result of assessment of student activity on first cycle of meeting I which category 25,00% exellent, 50,00% good, 0,00% satisfactory, 0,00% poor, first cycle of meeting II which category 37,5% excellent, 62,5% good, 0,00% satisfactory, 0,00% poor, second cycle of meeting I student activity apprisial on excellent category 100%, 0,00% good, 0,00% satisfactory, 0,00% poor. Second cycle of meeting II which category 100% excellent, 0,00% good, 0,00% satisfactory, 0,00% poor. The value of student average value of pre-cycle 67.80, in first cycle the average score becomes 79.55 out of 9 students complete the KKM and 6 students have not complete the KKM with percentage of 66,66% completeness. In the second cycle the average student score beomes 89.47 out of 15 students complete the KKM with percentage 100% completeness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/879/051800552
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kemampuan, Metode Kontekstual, Teks Hasil Observasi.
Subjects: 400 Language > 411 Writing systems of standard forms of language
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jan 2018 03:58
Last Modified: 17 Oct 2023 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8397
[thumbnail of YENI FAJAR ANGGREINI.pdf] Text
YENI FAJAR ANGGREINI.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item