Korelasi Antara Minat Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Otaku Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Pareluning, Bonifasius Dwiatmoko Sarens (2017) Korelasi Antara Minat Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Otaku Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Budaya visual modern Jepang (anime, manga, game,dll) dewasa ini memegang peranan penting dalam mempromosikan atau memperkenalkan bahasa maupun budaya Jepang kepada para penggemarnya atau yang dikenal dengan sebutan Otaku. Efek dari menggemari budaya visual modern ini adalah munculnya minat untuk mencari tahu lebih lanjut tentang bahasa ataupun budaya dari negara Jepang sehingga cukup banyak dari penggemar budaya visual modern ini masuk ke Universitas dengan program studi bahasa Jepang didalamnya. Karena terbiasa membaca atau mendengarkam bahasa Jepang pada anime, manga dan game yang disukai, para penggemar menganggap hal tersebut akan membuat proses pembelajaran bahasa Jepang lebih mudah. Pada kenyataanya, mengemari anime dan manga saja tidak cukup untuk menguasai bahasa Jepang dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan materi yang dipelajari di bangku perkuliahan memiliki banyak aturan tata bahasa dibandingkan dengan tata bahasa dalam anime dan manga yang biasanya tidak selalu sesuai dengan aturan baku bahasa Jepang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada korelasi yang signifikan antara minat dengan prestasi belajar mahasiswa Otaku dengan tujuan penelitian untuk mencari tahu seberapa besar korelasi antara minat terhadap prestasi belajar mahasiswa penggemar budaya visual Jepang (Otaku) di Program Studi pendidikan bahasa Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dalam bentuk Indeks Prestasi Kumulatif (variabel Y) dan data kuantitatif dalam bentuk angket (variabel X) dengan perhitungan Pearson Correlation. Setelah dilakukan perhitungan data, diketahui jumlah presentase minat lewat instrument penelitian angket mahasiswa Otaku yakni sebesar 82,2% dari 20 responden serta angka indeks korelasi antara minat mahasiswa Otaku Pendidikan Bahasa Jepang dengan prestasi belajar bahasa Jepang semester genap tahun ajaran 2016/2017 adalah sebesar 0,730 dengan bentuk korelasi kuat.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/877/051800550
Uncontrolled Keywords: Korelasi Antara Minat Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Otaku
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.68 Japanese (Standard usage of the language (Prescriptive linguistics))
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jan 2018 03:51
Last Modified: 28 Jul 2022 01:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8394
[thumbnail of Bonifasius Dwiatmoko Saren Pareluning.pdf] Text
Bonifasius Dwiatmoko Saren Pareluning.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item