Lathifah, Siti Nur (2017) Komodifikasi Hijab dalam Film Religi Islami Layar Lebar Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Saat ini hijab telah mengalami perkembangan pesat di seluruh dunia yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain tren, gaya hidup, kebutuhan dan perkembangan media sosial. Perkembangan hijab yang pesat tidak hanya masuk dalam tren fashion tetapi juga di dunia seni visual maupun entertainment seperti layar lebar, sinetron, reality show dan sebagainya. Ketika tren hijab memberi dampak terhadap perfilman nasional, maka kemunculan film-film religi bernafas Islami bertambah secara signifikan. Sebagai akibatnya, komodifikasi hijab dalam seni media aplikatif, dunia entertainment, industri fashion, maupun perfilman Indonesia tidak dapat terhindarkan. Akibatnya timbullah pergeseran atribut dan nilai keagamaan Islami dalam proses komodifikasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan sumber data yang dianalisa pada penelitian ini berasal dari dokumen pustaka, beberapa video rekaman film religi Islami terakhir tahun 2007 sampai dengan tahun 2017, didukung dengan observasi, wawancara dan studi pustaka terhadap pelaku perfilman religi Islami dan owner produk hijab. Lebih lanjut penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis implikatur untuk memahami pola komodifikasi dan keterkaitan pengaruh hijab dalam budaya visual melalui perfilman Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan tren hijab pada tahun 2007-2017 mengalami peningkatan variasi dalam bentuk, model, warna dan penggunaanya. Lebih lanjut selama satu dasawarsa 2007-2017 tren hijab terkategorikan berdasarkan kelompok Mass Fashion dan High Fashion. Dalam seni visual kehadiran hijab telah memperkaya ide dan gagasan para perupa untuk mengangkat tema-tema identitas dan pluralitas, sementara dalam seni media aplikatif seperti film, posisi hijab banyak terekspos dalam film layar lebar religi Islami. Disana hijab bukan lagi sekedar atribut muslimah untuk memenuhi tuntutan syariat agama Islam dan sarana propaganda ajaran agama Islam, tetapi juga merupakan komoditas usaha yang menguntungkan, baik bagi produser, sutradara, artis pemeran dalam film dan pemilik bisnis fashion hijab. Kemudian bentuk komodifikasi hijab dalam perfilman Indonesia adalah komodifikasi isi, yakni tersedianya ruang dan durasi dalam film untuk promosi sponsor produk hijab, dilatari produksi film religi berdasarkan novel-novel terlaris. Proses komodifikasi diwujudkan dalam bentuk adanya ruang dan durasi dalam film untuk menampilkan hijab sebagai sponsor baik secara eksplisit maupun implisit.
English Abstract
Nowadays, hijab has development around the world which is influenced by some various factors, including trends, lifestyles, needs and the development of social media. The development of hijab not only include on the trend of fashion but also in kind of visual arts and entertainment such as widescreen, drama, reality shows and so on. When the trend of hijab had an impact on the national film industries, so it makes the Islamic religious films increased significantly. Surely, the comodity of hijab in media aplicative, entertaiment, fashion industri, and indonesian film can not avoid. The impact is there the scrape of attribute and the value islam in the process of comodification. This research uses descriptive qualitative method, while the data source which is analyzed in this research is come from the document literature, some of islamic religion films in years around 2007 until 2017, supported by observation, interviews and literature study for the perpetrators of Islamic religious film. Furthermore, this research describes and analyzes implicatures to understand the patterns of comodification and interrelationship of the effects of hijab in visual culture by Indonesian film industries. The results of this study showed that the development of hijab trends in 2007-2017 got an increase variation in kinds of model, colour, and the own use. Moreover, as long as that years 2007 until 2017 the tren of hijab was divided into two groups such as Mass Fashion and High Fashion. In visual art, the hijab was increase the idea for artist to increase the thems of identity and plurality, while in in aplicative media art just like film, the posision of hijab have shows in silamic wides screen films. There, hijab not only as an attribute muslimah to provide the syariat of islamic religion and the islam propaganda, but also became as comodity business benefiting for producer, director, artist and the owner of business hijab fashion. Then the shape of comodity hijab in indonesian film is the point comodity that is provided the space and the duration in film to promote the hijab products, with the background religion film wchis is come from the favorite novels. The process of comodification is been showed in kind that there are the space and the duration in film to show the hijab as good product in eksplisitly or implisitly.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/871/ |
Uncontrolled Keywords: | Komodifikasi, Hijab, Film Religi Islami, Tren Hijab |
Subjects: | 700 The Arts > 791 Public performances > 791.4 Motion pictures, radio, television > 791.43 Motion pictures > 791.437 Films |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Seni Rupa Murni |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 03:01 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 03:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8384 |
Actions (login required)
View Item |