Pelaksanaan Pasal 4 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) (Studi di Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik)

Rizkiyah, Tazkiyatur (2018) Pelaksanaan Pasal 4 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) (Studi di Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan skripsi ini mengangkat permasalahan untuk mendeskripsikan dan menganalisa pelaksanaan Pasal 4 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN); faktor penghambat dan upaya apa yang dilakukan dalam pelaksanaan Pasal 4 Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan metode yuridis empiris. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan penelitian analisa deskriptif. Berdasarkan Hasil tersebut Penulis memperoleh jawaban atas permasalahan dari penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan Pasal 4 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 tentang PATEN di Kecamatan Sidayu sudah terlaksana dengan baik. Pelaksanaan pelayanan administrasi terpadu di Kecamatan Sidayu, sebagai berikut: (a) Sikap petugas, biasanya diharapkan masyarakat adalah petugas yang ramah, dapat memberikan pelayanan secara sigap dan perlakuan adil tidak membedakan masyarakat dalam hal kekerabatan maupun jabatan dan golongan/kepentingan masyarakat yang dilayani, (b) Prosedur, Kemudahan masyarakat mendapatkan informasi mengenai prosedur, memberikan informasi yang jelas dan mendalam, (c) Ketetapan waktu penyelesaian pelayanan, (d) Fasilitas Ruang tunggu yang nyaman, dan memberikan pelayanan secara gratis/tidak dipungut biaya apapun; serta (2) Faktor-fakor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu, yaitu: Sumber daya aparatur, yaitu Dibutuhkan aparatur-aparatur pemerintah yang memiliki kualitas sumber daya manusia yang handal, kemampuan keilmuan/wawasan, kreatif dalam melaksanakan tugas; Kesadaran masyarakat, Kesadaran untuk mempersiapkan segala yang menjadi persyaratan untuk melakukan urusan pelayanan; Sarana dan prasarana, Jika sarana dan prasarana kurang memadai, maka bisa menghambat prosedur pelayanan. Upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan pelayanan di Kantor Kecamatan Sidayu agar mendapatkan pelayanan yang berkualitas dan masyarakat bisa puas dengan pelayanan di Kantor Kecamatan Sidayu adalah untuk masalah pengurusan pihak dari aparat kecamatan harus bisa memberi waktu dan tepat waktu kapan jadinya, jadi pelayanan di Kecamatn Sidayu biar terasa puas masyarakatnya dan diutamakan untuk pelayanan secepatnya.

English Abstract

Writing this thesis raises the purpose of this research is to describe and analyze the implementation of Article 4 of Regulation of Minister of Home Affairs Number 4 Year 2010 concerning Service of District Integrated Administration (PATEN); the inhibiting factors and what efforts are made in the implementation of Article 4 of the Regulation of the Minister of Home Affairs Number 4 Year 2010 concerning the Guidelines of the Integrated Administration Service of the Kecamatan (PATEN). This type of research is empirical law research using empirical juridical method approach. Data analysis technique in this research use descriptive analysis research. The results of this study are: (1) Implementation of Article 4 of the Regulation of the Minister of Interior No. 4 of 2010 on Patent in District Sidayu already performing well. Implementation of administrative services integrated in District Sidayu, as follows: (a) The attitude of the officer, b iasanya expected by society is the clerk friendly, can provide services in a swift and fair treatment does not distinguish between people in terms of kinship, occupations and groups / interests of the community served, (b) procedure, Ease of people get information about procedures, provide information that is clear and deep, (c) Assessment completion time of service, (d) Facility A comfortable lounge area, and given service for free/free of charge; and (2) Factors that become obstacles in the implementation of the Guidelines of Integrated Administration Services, namely: Apparatur resources, namely Required government apparatuses that have reliable human resource quality, the ability of science / insight, creative in carrying out tasks; Awareness of the community, Awareness to prepare everything that is required to do the service affairs; Facilities and infrastructure, If facilities and infrastructure is inadequate, it can hinder the service procedure. Efforts made in the implementation of services in Sidayu District Office in order to get quality services and the community can be satisfied with the service in Sidayu District Office is for the management of the parties of the district officials should be able to give time and on time when it happens, so the service in Sidayu district let me satisfied people and prioritized for immediate service.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2017/408/051800626
Uncontrolled Keywords: Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010, Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN)
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.1 Jurisdictional levels of administration > 352.14 Local Administration
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Jan 2018 06:51
Last Modified: 20 Dec 2020 13:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8363
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item