Putra, Zulfikar Rakhmadhi (2017) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Budidaya Ikan Lele (Clarias Sp) Farm Fish Boster Centre Pergudangan Sinar Gedangan Blok G-37 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hasil produksi ikan Lele (Clarias sp) di Kabupaten Sidoarjo sangat tinggi. Ikan Lele termasuk komoditi ekspor yang potensial untuk dikembangkan karena sangat laku di pasaran lokal dan permintaan untuk pasar ekspor masih belum terpenuhi. Karena permintaan Ikan lele yang tinggi, produksi di Indonesia belum bisa memenuhi jumlah yang diperdagangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui profil keadaan umum usaha budidaya Ikan lele yang meliputi sejarah dan perkembangan usaha, aspek teknis, dan aspek keuangan. (2) Mengindentifikasi dan menganalisis kekuatan dan kelemahan (faktor-faktor internal), peluang dan ancaman (faktor-faktor eksternal) pada aspek manajemen pemasaran usaha ikan Lele (Clarias sp ) yang dijalankan. (3) Mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang digunakan serta (4) Menyusun dan menemukan alternatif strategi pemasaran pada usaha budidaya Ikan Lele tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer meliputi meliputi profil usaha, strategi pemasaran ikan lele, dan faktor internal pada usaha, serta data sekunder meliputi letak geografis, topografis, data penduduk, literatur sebagai pembanding, dan faktor eksternal pada usaha tersebut. Kemudian untuk teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka. Untuk analisis data meliputi analisi data kualitatif dan kuantitatif, analisis IFAS, analisis EFAS, serta analisis matrik SWOT. Farm Fish Boster Centre berdiri pada bulan Febuari tahun 2013 di Pergudangan Sinar Gedangan, Kecamatan Gedangan , Kabupaten Sidoarjo. Aspek Teknis pemasaran meliputi persiapan produk, pengecekan kendaraan, penentuan harga, tempat pemasaran, promosi produk. Aspek Manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Ditinjau dari Aspek keuangan usaha nilai Rentabilitas sebesar 17,2%, keuntungan sebesar Rp 67.799.338 untuk persiklus per 2 bulan, Revenue Cost Ratio yaitu 1.17 dan BEP sales sebesar Rp 50.626.182, pengeluaran biaya pemasaran sebesar Rp 18.900.000,00 setiap bulannya. Strategi pemasaran yang dijalankan meliputi segmentasi pasar yaitu masyarakat yang memiliki gaya hidup gemar makan ikan, semua gender yaitu laki-laki dan perempuan, semua kelas sosial dari usia anak-anak hingga dewasa, konsumen yang memiliki loyalitas terhadap produk , dan memprioritaskan wilayah pulau jawa khususnya Kabupaten Sidoarjo dalam pemasarannya. Target pasar utama adalah konsumen yang gemar makan ikan dikalangan masyarakat ekonomi kelas menengah dan keatas serta memposisikan produk unggulannya sebagai Ikan Lele Boster yang berkualitas dengan harga terjangkau. Bauran pemasaran meliputi produk dan harga berupa Ikan Lele Boster berharga Rp 18.000/kg dengan ukuran 12 siap jual,. Lokasi kegiatan pemasaran Ikan lele yaitu ditempat lokasi usaha budidaya serta promosi dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Saluran pemasaran Ikan Lele Boster meliputi saluran pemasaran langsung dan saluran pemasaran tidak langsung. Analisis faktor internal kekuatan (strengths) meliputi kinerja sumberdaya manusia berpengalaman dalam pemasaran, produk berkualitas, penetapan harga , usaha menguntungkan, serta ponsel sebagai media komunikasi. Faktor internal kelemahan (weakness) meliputi pembukuan tidak secara teratur, pengunaan internet sebagai media promosi yang tidak berkelanjutan, kapasitas penjualan belum mencukupi permintaan, segmentasi pasar yang tidak terlalu luas serta fungsi pengorganisasian belum berjalan optimal. Untuk analisis faktor eksternal peluang (opportunity) meliputi adanya kegiatan pameran dan pelatihan dari pemerintah penting sebagai media promosi dan pengenalan produk, hubungan kerja sama baik dengan pelanggan , program AFTA serta perkembangan teknologi yang handal secara kuantitas dan kualitas, ketergantungan masyarakat terhadap kualitas ikan lele yang berkualitas. Faktor eksternal ancaman (threats) meliputi pemasok sebagai pricetaker of input dan fluktuasi harga BBM, perubahan iklim dan cuaca, peningkatan jumlah pesaing pada usaha yang sejenis, serta keberadaan produk subtitusi, meningkatnya kemampuan menawar dari pembeli. Alternatif strategi pada Farm Fish Boster Centre dengan mendukung kebijakan pertumbuhan agresif dan menggunakan strategi SO (strength opportunity) dengan terlebih dahulu menerapkan strategi ST (strength threat), strategi WO (weakness opportunity), dan strategi WT (weakness threat). Strategi agresif yang dapat dilakukan yaitu dengan pengembangan pasar, penetrasi pasar, dan pengembangan produk. Kepada Farm Fish Boster Centre disarankan untuk mencatat laporan keuangan secara teratur supaya dapat memanfaatkan modal dan pengambilan keputusan perencanaan ke depan akan lebih baik, mengoptimalkan penggerakan aspek manajemen terutama pada fungsi pengorganisasian dengan melaksanakan fungsi sesuai pada struktur organisasi, memanfaatkan perkembangan informasi dan teknologi sebagai media komunikasi promosi dan pembukuan keuangan supaya usaha terkelola secaralebih baik, serta mengimplementasikan strategi pemasaran beserta implikasi hasil penelitian dengan baik sehingga target produksi dan peningkatan volume penjualan bisa dapat tercapai.
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2017/1181/051800228 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 07:56 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 06:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8289 |
Actions (login required)
View Item |