The Correlation Between Reading And Writing Ability on Narrative Text of the Eleventh Grade of SMAN 01 Singosari

Zahro, Eva Munaifiatus (2017) The Correlation Between Reading And Writing Ability on Narrative Text of the Eleventh Grade of SMAN 01 Singosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan siswa dalam membaca dan menulis teks narasi. Penelitian ini adalah penelitian quantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Penelitian ini telah dilakukan di SMAN 01 Singosari. 130 siswa XI IPA E - H telah dipilih untuk menjadi responden dalam penelitian ini, dimana kesemuanya dipilih untuk menjadi responden. Dalam mengumpulkan data, peneliti hanya mengambil nilai sebagai instrument dari dua macam tes yang sudah di uji oleh guru di SMAN 01 Singosari, yaitu tes membaca yang terdiri dari 20 soal dan 1 tes menulis teks narasi. Para siswa diminta oleh guru mengerjakan kedua tes tersebut dalam waktu yang bersamaan. Data yang didapat dari penelitian ini berupa nilai siswa dalam tes membaca dan menulis teks narasi. Guru melibatkan 2 penilai untuk menilai hasil dari tes menulis narasi teks. Adapun rumus yang digunakan dalam menghitung data dalam penelitian ini yakni menggunakan Pearson Product Moment Formula dalam aplikasi SPSS versi 21. Hasil dari perhitungan data menunjukkan bahwa rhitung(ro) yang didapat adalah 0,640 dan thitung (to) sebesar 2,209. Kemudian dengan df 128, kedua hasil yang didapat tersebut dibandingkan dengan rtabel dan ttable dengan taraf signifikansi 5% yaitu 0,168 dan 1,645. Hal ini menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel yaitu (0,640 > 0,168) dan thitung lebih besar dari ttabel yaitu (2,209 > 1,645) yang berarti terdapat korelasi antara dua variabel tersebut. Korelasi tersebut menyatakan apabila kemampuan membaca tinggi, kemampuan menulis juga tinggi dan sebaliknya. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, bisa dikatakan bahwa kedua variabel mempunyai korelasi positif dan kuat. Hal ini berarti bahwa hipotesa alternatif (Ha) diterima dimana ada korelasi antara membaca dan menulis; Saat membaca tinggi, maka tulisan juga tinggi dan sebaliknya dan Hipotesa null (Ho) di tolak dimana tidak ada korelasi antara membaca dan menulis. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa adanya hubungan atau korelasi antara kemampuan siswa kelas sebelas SMAN 01 Singosari dalam membaca dan menulis teks narasi.

English Abstract

The present study investigated the correlation between reading and writing ability on narrative text of the students. This study was quantitative study research with correlational method. The study was done at SMAN 01 Singosari. 130 students from XI IPA E – H were chosen as the sample of this research which were taken chosen as the sample. In the data collection, the writer only taken score’s as the instrument used two kinds of test, reading test which consists of 20 questions and writing narrative text test. The students were asked by the teacher to do the tests for both reading and writing at the same time. Therefore, the data was in the form of students’ score from the test. The teacher involved two raters in scoring the writing test. Since the study was correlational method and the data collected was ratio data, then they were computed statistically by using Pearson Product Moment in SPSS v.21. The result of coefficient correlation (ro) was 0,640 and tvalue (to) was 2,209. Then by df 128, it was compared with rtable and ttable at 5% significance which was 0.168 and 1.645. It proved that ro was higher than rtable (0.640 > 0.168) and to was also higher than ttable (2,209 > 1.645), it means that there was correlation between those two variables. The correlation implies when reading ability is high, writing ability is also high and vice versa. Based on the finding, it can be concluded that the correlation was positive and strong. This also means that the alternative hypothesis (Ha) was accepted which there is correlation between reading and writing; when reading is high, so writing is also high and vice versa and null hypotheses (Ho) was rejected which there is no correlation between reading and writing. Therefore, there was significantly correlation between reading and writing ability on narrative text of the eleventh grade of SMAN 01 Singosari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/860/051800457
Uncontrolled Keywords: Reading Ability, Writing Ability, Narrative Text, Score’s Reading and Writing, IPA
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.8 Collections of literary texts from more than two literatures > 808.802 3 Narrative
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Jan 2018 06:15
Last Modified: 11 Jan 2022 03:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8253
[thumbnail of EVA MUNAIFIATUS ZAHRO.pdf]
Preview
Text
EVA MUNAIFIATUS ZAHRO.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item