Pengaruh Adanya Sentra Ikan Bulak (SIB) Terhadap Minat Beli Masyarakat Kota Surabaya

Dewi, Lintang Septiana (2017) Pengaruh Adanya Sentra Ikan Bulak (SIB) Terhadap Minat Beli Masyarakat Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sentra Ikan Bulak (SIB) yang berada di Kenjeran, Surabaya yang sudah diresmikan sejak 2012 lalu hingga sekarang masih terlihat sepi pengunjung dan tidak seramai di pasar ikan lainnya, belum tercapainya implementasi tujuan, kegunaan, dan manfaat menjadi alasan masih sepinya Sentra Ikan Bulak sehingga terdapat faktor faktor yang mempengaruhi minat beli masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah 1) Ketercapaian implementasi kebijakan pembangunan Sentra Ikan Bulak (SIB) dilihat dari tujuan, kegunaan, dan manfaat, 2) . Pengaruh adanya Sentra Ikan Bulak terhadap minat beli ikan masyarakat Surabaya. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara observasi, wawancara, kusioner, dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yaitu dengan cara mengambil sampel dari suatu populasi untuk mengetahui perilaku wisatawan selaku konsumen untuk berkunjung ke Sentra Ikan Bulak. Adapun penentuan sampel dengan menggunakan 2 sampel yakni purposive sampling dan simple random sampling. Jumlah responden yang diambilsebanyak 72. Teknis analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 16,0 For Windows. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah variabel terikat dan variabel bebas. Variabel terikat dalam penelitian ini yakni minat beli. Sedangkan variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini adalah faktor harga, kualitas produk, lokasi, dan suasana toko. Karakteristik responden yang berkunjung di Wisata Pantai Bentar antara lain berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh wisatawan berjenis kelamin perempuan. Responden yang berkunjung di Sentra Ikan Bulak mayoritas kalangan usia responden yang berkunjung di Wisata Pantai Bentar sebagian besar ialah usia muda yaitu 21-30 tahun. Status responden yang ada di Sentra Ikan Bulak ialah pelajar / mahasiswa. Berdasarkan tingkat pendidikan terakhir yakni SMA karena sebagian besar responden yang berkunjung di Sentra Ikan Bulak adalah mahasiswa. Faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap minat beli ialah faktor harga, faktor kualitas produk, faktor lokasi, dan faktor suasana toko. Dari keempat faktor tersebut yang memiliki pengaruh tinggi ialah faktor harga karena pada faktor harga terdapat pernyataan bahwa responden yang berkunjung di Sentra Ikan Bulak yang sangat setuju bahwa harga produk yang dijual di SIB terjangkau semua kalangan. Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa model telah lolos uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji statistik. Koefisien determinasi yang dihasilkan pada penelitian ini ialah 0,33. Hal ini menunjukkan bahwa faktor harga, kualitas produk, lokasi, dan suasana toko mempengaruhi minat beli konsumen sebesar 33% dan sisanya 67% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Model yang di dapatkan pada penelitian ini adalah Y = 0,143 + 0,505X1 + 0,155X2 + 0,327X3 + 0,042X4 + e. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda diketahui bahwa nilai konsatanta sebesar 0,143 yang berarti bahwa apabila tidak ada faktor harga, kualitas produk, lokasi, dan suasana toko maka jumlah minat beli di Sentra Ikan Bulak sebesar 0,143. Berdasar dari hasil penelitian diketahui bahwa koefisien regresi b1 sebesar 0,505 yang menunjukkan nilai positif dan berarti bahwa setiap penambahan satu satuan variabel faktor harga (X1) maka minat beli masyarakat akan bertambah sebesar 0,505. Keempat variabel bebas yaitu harga, faktor kualitas produk, faktor lokasi, dan faktor suasana toko secara bersama-sama (simultan) berpengaruh nyata sebesar 9,741. Pada uji t harga diketahui nilai t hitung sebesar (3,464) > nilai t tabel (1,667) yang tingkat probabilitas sebesar 0,001 (Sig. 1%) < 0,05 (taraf nyata = 5%) yang berarti variabel harga berpengaruh nyata secara parsial terhadap minat beli masyarakat. Pada uji t kualitas produk diketahui nilai t hitung sebesar (1,023) < nilai t tabel (1,667) yang tingkat probabilitas sebesar 0,310 (Sig. 31%) > 0,05 (taraf nyata = 5%) yang berarti variabel kualitas produk tidak berpengaruh nyata secara parsial terhadap minat beli masyarakat. Pada uji t lokasi diketahui nilai t hitung sebesar (3,091) > nilai t tabel (1,667) yang tingkat probabilitas sebesar 0,03 (Sig. 3%) < 0,05 (taraf nyata = 5%) yang berarti variabel lokasi berpengaruh nyata secara parsial terhadap minat beli masyarakat. Pada uji t suasana toko diketahui nilai t hitung sebesar (0,319) < nilai t tabel (1,667) yang tingkat probabilitas sebesar 0,0751 (Sig. 7,51%) > 0,05 (taraf nyata = 5%) yang berarti variabel suasana toko tidak berpengaruh nyata secara parsial terhadap minat beli masyarakat. Saran:1. Kepada Pemerintah Kota Surabaya diharapkan dapat mengoptimalkan operasional sarana dan prasarana transportasi yakni terminal Kedung Cowek dan Shelter Bulak agar memudahkan wisatawan berkunjung ke Sentra Ikan Bulak.. 2. Bagi Perguruan Tinggi diharapkan dapat memberikan pemberdayaan kepada nelayan Kedung Cowek tentang bagaimana penggunaan alat tangkap yang benar dan aman, penanganan timbunan limbah kulit kerang. Pemberdayaan kepada pedagang mengenai diversifikasi produk olahan perikanan dan kelautan dan analisis usahanya. 3. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan kawasan wisata di wilayah Kelurahan Kedung Cowek, strategi pengembangan Sentra Ikan Bulak, status keberlanjutan kebijakan pembangunan Sentra Ikan Bulak, implementasi kebijakan pembangunan Sentra Ikan Bulak, pola distribusi olahan hasil perikanan yang terjadi di Sentra Ikan Bulak, manajemen pengelolaan bidang perikanan Dinas Pertanian Kota Surabaya terhadap Sentra Ikan Bulak, studi kelayakan usaha perikanan di Sentra Ikan Bulak, pengaruh keberadaan Sentra Ikan Bulak terhadap daya beli masyarakat terhadap produk olahan hasil perikanan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/1/051800209
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Jan 2018 01:47
Last Modified: 27 Oct 2020 14:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8233
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item