Strategi Peningkatan Daya Saing Ekspor Produk Udang Di PT. Alter Trade Indonesia, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur

Rosida, Rizqa Amalia (2017) Strategi Peningkatan Daya Saing Ekspor Produk Udang Di PT. Alter Trade Indonesia, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian Skripsi ini dilaksanakan di PT. Alter Trade Indonesia, Buduran, Sidoarjo yang terletak di desa Sukorejo Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo pada tanggal 20 Juli 2017 – 27 Juli 2017. Indonesia sebagai Negara kepulauan memiliki potensi yang luar biasa dalam bidang perikanan, maka dari itu perlu adanya upaya untuk memanfaatkan sumberdaya yang ada. Salah satunya adalah ekspor. Selain memanfaatkan sumberdaya yang ada, ekspor juga dapat meningkatkan devisa negara. Salah satu industri perikanan yang melakukan ekspor di Kabupaten Sidoarjo yaitu PT. Alter Trade Indonesia. Bergerak dibidang prosessor dan eksportir udang, industri ini memiliki peluang yang besar untuk dibangun dan dikembangkan karena letak dekat dengan bahan baku dan akses yang baik, sehingga dapat dikatakan menguntungkan dan kebutuhan pasar akan udang juga semakin tinggi. Namun pemasaran dari udang di PT. Alter Trade Indonesia masih berorientasi pada pasar tertentu. Selain itu dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi akan memicu persaingan. Perusahaan dituntut untuk dapat menyusun dan menerapkan strategi yang tepat dan sesuai dengan kondisi pasar, maupun memanfaatkan kesemapatan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui profil PT. Alter Trade Indonesia, 2) Menganalisis Indikator yang mempengaruhi daya saing udang di PT. Alter Trade Indonesia, 3) Menganalisis faktor internal dan eksternal ekspor produk udang di PT. Alter Trade Indonesia, dan 4) Merumuskan strategi ekspor udang di PT. Alter Trade Indonesia. Sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan secara non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 8 orang yang merupakan Kepala Departemen yang ada di PT. Alter Trade Indonesia. Jenis data yang digunakan dalam penelitan ini adalah data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah Porter’s Diamond Model untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan daya saing ekspor produk udang, analisis faktor internal dan eksternal, penentuan posisi perusahaan menggunakan matriks IE, dan matriks SWOT untuk penentuan strategi, serta matriks Grand Strategy untuk fokus strategi yang dibahas. Berdasarkan hasil analisis daya saing dengan Porter’s Diamond Model diperoleh bahwa dimensi kondisi permintaan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap daya saing di PT. Alter Trade Indonesia. Hal ini ditunjukan dari jumlah skor yang bernilai 3,81. Memiliki pembeli tetap di Jepang, tidak membuat perusahaan hanya terfokus pada pasar di negara tersebut. Semakin meluasnya pasar menyebabkan peningkatan permintaan disetiap tahunnya. Selain dapat memaksimalkan produksi, peningkatan permintaan menunjukkan bahwa PT. Alter Trade Indonesia memiliki produk dan pelayanan yang berkualitas, aman dan terpercaya bagi konsumen sehingga dapat menembus pasar ekspor yang memiliki standar keamanan pangan berbeda disetiap negaranya. Berdasarkan Internal-Eksternal Matrix, dengan nilai total skor IFAS = 2,88 menggambarkan bahwa PT. Alter Trade Indonesia memiliki faktor internal yang kuat, dimana kekuatan-kekuatan yang ada bisa meminimalisir kelemahan yang ada. Sedangkan skor EFAS sebesar 2,56 menggambarkan bahwa PT. Alter Trade Indonesia memiliki respon yang baik terhadap peluang-peluang yang ada dan menghindari ancaman-ancaman yang muncul. PT. Alter Trade Indonesia berada pada sel 5 yang artinya pada kondisi stabil ataupun dapat melakukan upaya dengan strategi intregasi horizontal. Sehingga berdasarkan matriks IE, PT. Alter Trade Indonesia dapat disarankan untuk melakukan perluasan pasar, fasilitas produksi dan teknologi melalui pengembangan internal maupun eksternal industri yang sama. Seperti menambah jumlah tambak yang dikelola dan memperluas mitra petambak. Terdapat beberapa strategi yang telah dirumuskan berdasarkan analisa SWOT, yaitu : (a) Optimalisasi kapasitas produksi; (b) Memperbesar market share (pangsa pasar) di pasar utama atau pasar ekspor; (c) Peningkatan sales ekspor; (d) Mengembangkan sistem komunikasi online berupa website guna memudahkan dalam pemasaran dan pemesan bagi konsumen; (e) Mengadakan pelatihan / workshop mengenai produksi berazas HACCP; (f) Menambah area budidaya (tambak) milik perusahaan; (g) Memperluas jaringan mitra petambak; (h) Bekerja sama dengan instansi/akademisi guna inovasi budidaya (seperti pakan); (i) Menjaga kualitas produk; (j) Penjelasan teknis melalui social education untuk petambak mengenai; (k) Mengoptimalkan R&D yang ada; dan (l) Pemanfaatan kelebihan tenaga kerja untuk perluasan kapasitas. Berdasarkan hasil analisis Matriks Grand Strategy, dimana anlisis tersebut berdasarkan perhitungan dari faktor eksternal dan internal yang berpengaruh terhadap daya saing PT. Alter Trade Indonesia. Maka didapatkan hasil berupa titik koordinat yang mana hasil perhitungan berada pada daerah kuadran I atau berada pada daerah SO (Strenght Opportunity) yang artinya strategi peningkatan daya saing PT. Alter Trade Indonesia adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy). Dengan kata lain, PT. Alter Trade Indonesia memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Adapun strategi yang menjadi prioritas ialah Strategi SO, sebagai berikut: (1) Optimalisasi kapasitas produksi; (2) Memperbesar market share (pangsa pasar) di pasar utama atau pasar ekspor; (3) Peningkatan sales ekspor; dan (4) Mengembangkan sistem komunikasi online berupa website guna memudahkan dalam pemasaran dan pemesan bagi konsumen.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/1179/051800226
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 382 International commerce (Foreign trade) > 382.6 Export trade
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Jan 2018 02:55
Last Modified: 08 Oct 2020 07:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8179
[thumbnail of Rosida, Rizqa Amalia.pdf] Text
Rosida, Rizqa Amalia.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item