Analisis Wacana Iklan Pengobatan Keperkasaan pada Media Cetak Malang Post: Kajian Analisis Wacana Kritis

Permatasari, Winda (2017) Analisis Wacana Iklan Pengobatan Keperkasaan pada Media Cetak Malang Post: Kajian Analisis Wacana Kritis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan yang muncul dalam media cetak memiliki bentuk informasi yang bersifat persuasif. Iklan dapat mempengaruhi pembaca agar tepat pada kebutuhan masyarakat dan menjadi solusi alternatif dalam menjawab kebutuhan masyarakat baik barang maupun jasa. Dari sekian jenis iklan di media cetak iklan yang dimunculkan salah astunya yakni iklan obat-obatan atau terapi yang berhubungan dengan hal kejantanan maupun keperkasaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan analisis kosakata, representasi anak kalimat dan representasi kombinasi anak kalimat teks iklan yang muncul pada media cetak Malang Post, (2) mendeskripsikan hasil analisis discourse practice pada Iklan pengobatan yang muncul pada media cetak Malang Post, (3) mendeskripsikan hasil analisis sociocultural practice pada iklan yang muncul di media Malang Post. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dengan pendekatan ini penelitian mampu menghasilkan informasi-informasi yang bermakna atau informasi yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian iklan pengobatan yang muncul di media cetak Malang Post periode bulan Maret sampa Mei 2017. Metode pengumpulan data penelitian ini dokumentasi,simak catat dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis wacana Norman Fairclough membagi tiga dimensi yaitu teks, discourse practice, sociocultural practice. Hasil penelitian analisis wacana iklan pada malang Post terdapat (1) dimensi teks delapan analisis kosakata meliputi empat kosakata adjektiva (kata sifat) dan empat kosakata nomina (kata benda) digunakan untuk memberi pemetaforaan agar realitas dimaknai dengan positif, representasi anak kalimat terdapat dua bentuk kalimat yakni kalimat aktif dan pasif penggunaan kalimat aktif memiliki maksud mengedepankan subjek melakukkan perbuatan pada jasa yang ditawarkan dan bentuk kalimat pasif memiliki maksud menegasikan subjek agar jasa yang ditawarkan tidak diragukan oleh para konsumen, representasi kombinasi kalimat terdapat tiga jenis kalimat yang digunakan dalam isi iklan meliputi kalimat deklaratif, proposisi dan persuasif. (2) discourse practice terdiri dari produksi teks yang mendeskripsikan periode proses kemunculan iklan dan konsumsi teks mendeskripsikan sasaran iklan yang dituju yaitu para pria yang mengalami gangguan keperkasaan. (3) sociocultural practice terdiri dari tiga level yaitu situasional untuk merespons situasi atau konteks sosial pada pria yang ingin tampil perkasa, institusional sebagai sarana penyampaian informasi yang berasal dari kekuatan ekternal, sosial pada makro sistem budaya dan ekonomi.

English Abstract

Most newspaper advertising information is persuasive. Ads that use it can affect the reader to fit the needs of the community as well as alternative solutions in answering the needs of goods or services that are community based. Of the many types of advertisements in newspapers, there are advertising treatments or therapies about masculinity and courage. The purpose of this research is (1) to describe the use of text in advertisement of masculinity, to explain clause representation, and representation of combination of ad text clause which appear in newspaper of Malang Post, (2) to describe practice of discourse of advertisement of vitality which appear in newspaper Malang Post , (3) to describe the socio-cultural practices of advertisements that appear in Malang Post media. Type of this research in a qualitative descriptive, because approach used of this research capable of producing information that descriptive .The object of study is a advertis was used in the scope of treatment that appeare in Malang Post newspaper of March up to May 2017 editions. The method of round up data use documentation, scaning, record, and interview. In data analys used the teory of analysis discourse Norman Fairclough's, which divide at three scope of dimensions tha is the text, discourse practice, and sociocultural practice. The result of the research on the advertisement of treatment in Malang Post newspaper such as (1) on the dimension of text there are eight analysis of words which include four adjectives (adjectives) and four words in the form of noun (noun), which is used as a metaphor of reality. The result of the analysis of sentence representation in the form of active sentence and passive sentence. The results of representational analysis of sentence combinations show three types of sentences used in the ad content, which include: declarative sentences, sentence-shaped propositions, and persuasive sentences. (2) the results of discourse practice analysis show that text production is used to describe the advertising period, whereas text consumption indicates that the intended target is males with impaired masculinity. (3) the results of sociocultural practice analysis show three levels, namely situational as an effort to respond situation or social context, institutional as a means of delivering information, social in context of cultural and economic system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/839/051800413
Uncontrolled Keywords: Iklan Keperkasaan, Analisis Wacana, Media Cetak
Subjects: 700 The Arts > 741 Drawing and drawings > 741.6 Graphic design, illustration, commercial art > 741.65 Magazines and newspapers > 741.67 Advertisements and posters
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Jan 2018 10:16
Last Modified: 19 Sep 2020 05:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8152
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item