Pengaruh Mendengarkan Aliran Musik Yang Berbeda Terhadap Kinerja Kognitif: Akurasi Dalam Pemecahan Masalah Matematika Di Kalangan Mahasiswa Kedokteran Universitas Brawijaya

Borhan, Nur Syuhadatul Asyikin Binti (2017) Pengaruh Mendengarkan Aliran Musik Yang Berbeda Terhadap Kinerja Kognitif: Akurasi Dalam Pemecahan Masalah Matematika Di Kalangan Mahasiswa Kedokteran Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aliran musik yang berbeda mempunyai beragam intensitas yang dapat memberikan pengaruh kepada tingkat kinerja kognitif. Terdapat 9 domain yang terkait dengan fungsi kognitif dan salah satunya adalah pemecahan masalah. Pemecahan masalah matematika dalam bentuk ujian atau tes dapat menimbulkan stres, kegelisahan dan kecemasan. Stres di dalam lingkungan belajar merupakan salah satu faktor yang berkontribusi pada tingkat kinerja kognitif mahasiswa. Salah satu dari mekanisme stress-coping yang digunakan mahasiswa adalah dengan memilih untuk mendengarkan musik yang mempunyai aliran yang bervariasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan mendengarkan aliran musik yang berbeda terhadap kinerja kognitif yaitu akurasi dalam pemecahan masalah matematika di kalangan mahasiswa kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Studi eksperimental menggunakan pendekatan true experimental design dengan percobaan yang dilakukan terhadap subyek dengan post-test only control group design. Sampel dipilih dengan cara random sampling untuk dibagi dalam tiga kelompok eksperimental, yaitu kelompok “aliran musik klasik” (n=10), kelompok “aliran musik R&B” (n=10), kelompok “aliran musik Rock” (n=10) dan kelompok “kontrol” (n=10). Variabel yang diukur adalah akurasi dengan jawapan yang benar dalam kuis pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dalam menghasilkan keakuratan dalam pemecahan masalah matematika (Kruskal Wallis, p=0.112). Tidak ada hubungan yang signifikan antara pemberian aliran musik dengan keakuratan dalam pemecahan masalah matematika (Fisher Exact Test, r= 0.236, p=0.307). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan pengaruh antara mendengarkan aliran musik yang berbeda terhadap kinerja kognitif yaitu akurasi dalam pemecahan masalah matematika di kalangan mahasiswa kedokteran Universitas Brawijaya.

English Abstract

Different genres of music have diversity in intensities that give effect on cognitive performance. There are 9 domains of cognitive functions and one of which is problem solving. Mathematical problem solving during an examination or test may cause stress and anxiety among students. Stress in study environment may contribute to give effect on cognitive performances. Hence, one of the stress-coping mechanisms that is preferred by students is by listening to music. This research is aimed to determine the effect of listening to different genres of music on cognitive performance focusing on accuracy in mathematical problem solving among medical students in Universitas Brawijaya. Experimental study using true experimental design with post-test only control group design was conducted on medical students of Universitas Brawijaya. The samples were selected by random sampling to be divided into three groups, which were “classical genre” group (n=10), “R&B genre” group (n=10), “Rock genre” group (n=10), and “control” group (n=10). The variable measured was the accuracy in mathematical problem solving based on correct answers given in mathematical quiz. Result of this research indicated that there were no significant differences in the accuracy in mathematical problem solving (Kruskal Wallis, p=0.112). There were no significant correlation between listening to different genres music and accuracy in mathematical problem solving (Fisher Exact Test, r= 0.236, p=0.307). In conclusion, there is no significant effect of listening to different genres of music on cognitive performance specifically on accuracy in mathematical problem solving among medical students of Universitas Brawijaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/437/051712321
Uncontrolled Keywords: aliran musik berbeda, kinerja kognitif, akurasi pemecahan masalah matematika, different genres of music, cognitive performances, accuracy in mathematical problem solving.
Subjects: 700 The Arts > 780 Music
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Jan 2018 06:50
Last Modified: 07 Oct 2020 11:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8129
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item