Hubungan Status Akreditasi Rumah Sakit Dan Faktor Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pasien

Siem, Rochelle Vernique (2017) Hubungan Status Akreditasi Rumah Sakit Dan Faktor Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pasien. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepuasan pasien merupakan ukuran keberhasilan implementasi sistem manajemen mutu dan dipengaruhi oleh faktor karakteristik pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien menurut status akreditasi sebagai ukuran implementasi sistem manajemen mutu dan faktor karakteristik pasien. Variabel kepuasan pasien diukur dengan PPEQ-15 (Picker Patient Experience Questionnaire) dan karakteristik pasien yang diukur meliputi usia, tingkat pendidikan, dan status ekonomi. Survei dilakukan pada 310 pasien rawat inap melalui consecutive sampling di tiga rumah sakit dengan tipe yang sama namun status akreditasi yang berbeda. Analisis data dilakukan dengan uji non parametrik Kruskal-Wallis dan korelasi Spearman. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara status akreditasi rumah sakit dengan kepuasan pasien (p < 0,001). Kepuasan pasien yang lebih tinggi ditemukan pada rumah sakit dengan status akreditasi yang lebih rendah. Faktor karakteristik pasien yang berhubungan dengan kepuasan pasien secara signifikan hanyalah status ekonomi (p = 0,016).

English Abstract

Patient satisfaction is a measurement which depicts the success of quality management system implementation and also affected by patient's characteristics. The aim of this research is to know the difference between patient satisfaction scores according to hospital accreditation status as the indicator of quality management system implementation and patient’s characteristics. Patient satisfaction was measured using PPEQ-15 (Picker Patient Experience Questionnaire), while the patient's characteristics are age, education level, and economic status. The survey was filled by 310 adult inpatients by using consecutive sampling in three hospitals with similar types but different accreditation status. The data was analyzed using non parametric test including Kruskal-Wallis and Spearman correlation. The result of this research proved that there is a significant relationship between hospital accreditation status and patient’s satisfaction (p < 0,001). Higher patient satisfaction score is found in hospital with lower accreditation status. Economic status is the only patient’s characteristic that has a significant relationship with patient’s satisfaction (p = 0,016).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/422/051712046
Uncontrolled Keywords: Akreditasi rumah sakit, pengalaman pasien, kepuasan pasien, picker patient, Hospital accreditation status, patient experience, patient satisfaction, picker patient
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.6 Organizations, management; group practice; medical personnel and relationships
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Jan 2018 02:30
Last Modified: 11 Dec 2020 09:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8090
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item