Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tata Bahasa Jepang Siswa Kelas XII Teknik Sepeda Motor SMK Diponegoro Tumpang Tahun Ajaran 2017/2018

Wahyu, Nawang Muktining (2017) Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tata Bahasa Jepang Siswa Kelas XII Teknik Sepeda Motor SMK Diponegoro Tumpang Tahun Ajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa masalah yang dihadapi oleh siswa kelas XII SMK Diponegoro Tumpang Malang khususnya pada siswa kelas XII Teknik Sepeda Motor, yang mana hasil belajar bahasa Jepang masih kurang dan pembelajar yang kurang aktif. Dalam proses pembelajaran salah satunya bahasa Jepang, seorang pengajar harus memiliki strategi pembelajaran yang lebih kreatif agar pembelajar dapat belajar secara efektif, efisien, dan tujuan pengajaran dapat tercapai dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar tata bahasa Jepang dan untuk mengetahui tanggapan pembelajar terhadap penggunaan model pembelajaran inkuiri. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah efektivitas, model pembelajaran inkuiri, hasil belajar dan tata bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain pretest-posttest control group desaign. Menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar dan efektivitas pembelajaran tata bahasa Jepang, serta angket digunakan untuk mengukur tanggapan pembelajar terhadap model pembelajaran inkuiri. Dengan menggunakan sampel kelas XII Teknik Sepeda Motor yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran bahasa Jepang terbukti efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest pada kelas yang sudah dilakukan treatment yaitu pada kelas XII Teknik Sepeda Motor. Rata-rata nilai pretest 66,87 dan rata-rata nilai posttest 87,93. Hasil tanggapan pembelajar termasuk dalam kategori “sangat kuat”dengan presentase sebesar 84,2%.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/787/051800028
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Tata Bahasa Jepang
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.65 Japanese (Grammar)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Jan 2018 02:24
Last Modified: 23 Oct 2024 03:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8089
[thumbnail of Nawang Muktining Wahyu.pdf] Text
Nawang Muktining Wahyu.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item