Nashrullah, Muhammad Faiz (2017) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Ke Wisata Bahari Lamongan Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang penting bagi perekonomian Indonesia. Sektor pariwisata adalah sektor yang sangat berpotensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah. Usaha untuk memperbesar pendapatan asli daerah, maka program dan pendayagunaan sumberdaya dan potensi pariwisata daerah diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pembangunan ekonomi Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikarakteristikwisatawan yang datangberkunjungkeWisataBahariLamongan, danmenganalisisfaktor – faktor yang mempengaruhikeputusanberkunjungwisatawansertamengetahuifaktordominan yang paling berpengaruhterhadapkeputusanberkunjungwisatawankeWisataBahariLamongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode jenis kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar angket atau kuesioner. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus linear time functiondenganjumlahrespondensebanyak 96 orang yaiturespondendiambildengan metode incidental sampling yaitu memilih siapa saja pengunjung yang ditemui pada lokasi penelitian untuk dijadikan sebagai responden, namun peneliti menggunakan kriteria tertentu dalam penelitiannya agar data yang diperoleh lebih baik. Adapun kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengunjung yang dilihat dari segi usia atau umur. Pengunjung yang sudah berusia lebih dari 15 tahun akan dijadikan responden. Dari kuesioner yang dibuatkarakteristikrespondendapat digolongkan berdasarkan jenis kelamin, tingkat usia, asaldaerah, pendidikanterakhir, pekerjaan, danpendapatan.Jika dilihat darihasilpenelitiankarakteristikresponden yang diketahuiyaitu jenis kelamin sebanyak 52 laki-laki dan 44 perempuan, berdasarkan tingkat usia menunjukan bahwa sebagian besar responden yang diteliti memiliki tingkat usia antara 21 sampai 25 tahun. Dari data penelitian jenis pekerjaan responden kebanyakan adalah sebagai pelajar/ mahasiswa dan rata-rata mempunyai penghasilan sebesar Rp. 1.500.000 sampaiRp. 3.000.000,- Hasil uji validitas dengan melihat nilai korelasi disetiap item pernyataan terdapat 18 item dapat dikatakan valid karena diperoleh nilai koefisien korelasi (r) ≥ 0,3. Untuk penentuan apakah instrument reliable atau tidak, bisa digunakan batasan tertentu seperti 0,6. Relibilitas kurang dari 0,6 adalah kurang baik, sedangkan 0,7 dapat diterima dan diatas 0,8 adalah baik, dari 18 output tersebut dikatakan reliabel karena didapat nilai sebesar 0,937. Uji normalitas dapat dilihat dari grafik histogram yang berbentuk seperti lonceng atau gunung dapat dikatakan berdistribusi secara normal, sedangkan dilihat dari grafik normal P-P Plot jika data menyebar disekitar garis diagonal dan mengikuti arah garis diagonal menunjukan distribusi normal. Uji heteroskedatisitas dapat dilihat dari grafik scatter plot yang tidak membentuk pola, data menyebar secara merata diatas maupun dibawah nilai 0 sumbu Y, maka dapat dikatakan data tersebut berdistribusi secara normal dan tidak terjadi heteroskedatiitas. Hasil analisis regresi linier berganda dapat ditulis sebagai berikut: Y = -0,572 + 0,288X1 + 0,384 X2 + 0,217 X3 + e Hasil diatas dapat dijelaskan bahwa nilai koefisien regresi X1(bauran Pemasaran), X2(Psikologis), dan X3(Sosial Budaya), menunjukan nilai positif yang artinya variabel X1, X2, dan X3mempunyai hubungan searah yang saling mendukung antara variabel X1, X2, dan X3terhadap keputusan berkunjung. Jika variabel X1, X2, dan X3mengalami kenaikan satu-satuan maka keputusan berkunjung juga akan meningkat sebesar nilai variabel X1, X2, dan X3dengan asumsi variabel independen lainnya bernilai tetap. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,619 menunjukkan bahwa variabel dari BauranPemasaran (X1), Psikologis(X2), dan SosialBudaya (X3) berpengaruh simultan terhadap Keputusan Berkunjung (Y) 61,9% sedangkan sisahnya sebesar 38,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar tiga variabel yang diteliti. hasil uji statistic F menunjukan bahwanilai F hitung > F tabel yaitu sebesar 52,494 > 2,70 dan angka probabilitas atau Sig F < 5% yaitu 0,000 < 0,05. Artinya dapat dikatakan bahwa dari ketiga variabel bebas yaitu Bauran Pemasaran, Psikologis, dan Sosial Budaya secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Keputusan berkunjung wisatawan (Y). Hasil Uji t dapat diketahui bahwa ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung yaitu BauranPemasaran (X1), Psikologis (X2), dan SosialBudaya (X3) dengan taraf signifikan yaitu 95% dengan tingkat kepercayaan untukketiga variabelyang artinya menggunakan nilai α (level of significance) sebesar 0,95 diharapkan besarnya kesalahan dari pengambilan data kurang dari 0,05 atau 5%. Jadi dapat diasumsikan bahwa ketigavariabel Buran Pemasaran(X1), Psikologis(X2), danSosial Budaya (X3) berpengaruh signifikan (95% dengan tingkat kepercayaan α=5%) terhadap Keputusan berkunjung (Y). Saran dari hasil penelitian ini diantaranya variabel psikologis yang memiliki koefisien yang paling dominan diantara variabel lainnya dapat dijadikan sebagai acuan untuk perkembangan Wisata Bahari Indonesia Indonesia untuk memperthankan dan meningkatkan pelayanan terhadap wisatawan sehingga dapat lebih memuaskan pengunjung. Kepada pemerintah diharapkan mampu untuk bekerjasama dengan baik untuk meningkatkan sektor pariwisata yang ada.Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya lebih memfokuskan pada faktor psikologis dan faktor-faktor lainnya sehingga akan mendapatkan hasil dan nilai model yang lebih lengkap.
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2017/1087/051800166 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 16 Jan 2018 07:58 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 07:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8071 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |