Putri, Efranda Oktaria (2017) Penak Kerjo Ketimbang Sekolah: Pragmatisme dan Pendidikan Masyarakat Dusun Torongrejo Desa Ngabab Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Permasalahan pendidikan pada masyarakat pedesaan merupakan hal yang sering ditemui. Beberapa masyarakat pedesaan dengan lingkungan pertanian atau dekat dengan lapangan pekerjaan khas mereka terkadang memiliki pilihan sendiri untuk menentukan akan dengan cara apa mereka akan melangsungkan hidupnya. Secara khusus, penelitian ini menyajikan informasi mengenai pragmatisme masyarakat pedesaan yang terkait dengan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini berupaya untuk menjawab rumusan masalah (1) Bagaimana keadaan serta kesadaran pendidikan pada Dusun Torongrejo; (2) Bagaimana bentuk pragmatisme dalam hal pendidikan pada masyarakat Dusun Torongrejo. Hasil dari penelitian penulis menunjukkan bahwa keadaan pendidikan masyarakat Dusun Torong masih terbilang kurang khususnya pada sarana-prasarana, proses belajar mengajar, kelayakan dan lain sebagainya. Kesadaran masyarakat dalam hal pendidikan yang kurang, serta sikap pragmatis masyarakat yang terkait dalam hal pendidikan ditemui dalam penelitian ini. Bekerja pada masyarakat Dusun Torong merupakan pilihan rasional bagi mereka daripada menginvestasikan apa yang mereka miliki untuk sekolah.
English Abstract
Educational problems in rural communities are common. Some rural communities with agricultural environments or close to their typical job opportunities sometimes have their own choices to determine in what way they will live their lives. Specifically, this research provides information on the pragmatism of rural communities that are linked to public participation in education. This descriptive research with qualitative approach attempts to answer the problem formulation (1) How is the condition and awareness of education in Dusun Torongrejo; (2) What is the form of pragmatism in education in Dusun Torongrejo community. The results of the study show that there is a lack in the education condition of Dusun Torong cimmunity particularly in the infrastructure, teaching and learning process, properness and many others. Public awareness in the lack of education, as well as the pragmatic attitude of related communities in education were encountered in this study. Choosing working for Dusun Torong community is a rational choice for them rather than investing what they have for school life.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/817/051800351 |
Uncontrolled Keywords: | Pragmatisme, Pendidikan, Pilihan Rasional, Link and Match, Peer Group. |
Subjects: | 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 02:32 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 07:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8005 |
Text
EFRANDA OKTARIA PUTRI.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |