Tama, Sindiah Bagus Mahendra (2017) Pengembangan Pemasaran Pariwisata Kabupaten Malang dengan Pendekatan City Marketing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kabupaten Malang memiliki potensi pariwisata yang cukup besar, namun dalam kegiatan pemasaran produk pariwisata masih belum optimal. Pemasaran berguna untuk memberikan informasi bagi masyarakat yang belum mengetahui informasi mengenai obyek wisata yang akan dituju. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan pemasaran pariwisata di Kabupaten Malang berdasarkan faktor internal dan faktor eksternal dengan pendekatan City Marketing. Faktor internal dan faktor eksternal diidentifikasi menurut 4 (empat) aspek City Marketing antara lain : citra, daya tarik, infrastruktur, dan penduduk. Data karakteristik faktor internal diperoleh dari hasil survei wawancara menggunakan kuisioner terhadap wisatawan yang pernah berkunjung ke obyek wisata di Kabupaten Malang, sedangkan data karakteristik faktor eksternal menggunakan kebijakan-kebijakan yang berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran pariwisata di Kabupaten Malang seperti RTRW Provinsi Jatim, RPJM Provinsi Jatim, dan RTRW Kabupaten Malang. Karakteristik faktor internal pariwisata dianalisa menggunakan Importance Performance Analysis, sedangkan karakteristik faktor eksternal diidentifikasi menggunakan Content Analysis. Hasil analisis tersebut digunakan sebagai acuan dalam analisis SWOT untuk merumuskan strategi pengembangannya. Strategi pemasaran pariwisata yang disusun berdasarkan aspek City Marketing antara lain: strategi pemasaran citra, strategi pemasaran daya tarik, strategi pemasaran infrastruktur, dan strategi pemasaran penduduk. Strategi tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan kegiatan pemasaran pariwisata di Kabupaten Malang, supaya jumlah wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata di Kabupaten Malang bisa meningkat.
English Abstract
Malang Regency has considerable tourism potential, but in tourism product marketing activities still not optimal. Marketing is useful to provide information for people who do not know the information about the destination to be addressed. This study aims to formulate strategies for the development of tourism marketing in Malang Regency based on internal factors and external factors with City Marketing approach. Internal factors and external factors are identified according to 4 (four) aspects of City Marketing, among others: image, attractiveness, infrastructure, and population. Data of internal factor characteristic is obtained from interview survey result using questionnaire to tourists who have visited the tourism object in Malang Regency, while the data of external factor characteristics using policies that influence the tourism marketing activities in Malang Regency like RTRW Prov. East Java policy document, RPJM Prov. East Java policy document, and RTRW Malang Regency policy document. Characteristics of internal factors of tourism are analyzed using Importance Performance Analysis, while external factor characteristics are identified using Content Analysis. The results of the analysis are used as a reference in the SWOT analysis to formulate its development strategy. Tourism marketing strategies based on City Marketing aspect include: image marketing strategy, attraction marketing strategy, infrastructure marketing strategy, and marketing strategy of the population. The strategy is expected to optimize tourism marketing activities in Malang regency, so that the number of tourists visiting the tourist attraction in Malang regency can increase.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2017/478/051705529 |
Uncontrolled Keywords: | City Marketing, pemasaran citra, pemasaran daya tarik, pemasaran infrastruktur, people marketing. |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:57 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 02:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/800 |
Text
SINDIAH BAGUS MAHENDRA TAMA.pdf Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |