Chanifah, Iva Milatul (2017) Peningkatan Keterampilan Menyimak Unsur Intrinsik Cerita Pendek Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bojonegoro. Skripsi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di kelas VIII SMPN 5 Bojonegoro dalam menyimak unsur intrinsik cerita pendek. Siswa mengalami kesulitan dalam menerima materi, karena kurang tertarik dengan penjelasan yang telah diberikan oleh guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak unsur intrinsik cerita pendek pada siswa dari segi proses maupun dari segi hasil melalui metode jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dan didukung dengan instrumen penelitian dalam segi proses meliputi lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar wawancara, dan angket, sedangkan instrumen penelitian untuk mengetahui hasil peningkatan yang diperoleh oleh siswa merupakan tes. Penelitian dilakukan dengan dua siklus empat pertemuan untuk memperoleh hasil yang diinginkan oleh peneliti. Tahapan-tahapan dalam tiap pertemuan yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode jigsaw dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan menyimak unsur intrinsik cerita pendek pada siswa kelas VIII SMPN 5 Bojonegoro mengalami peningkatan dari segi proses dan segi hasil. Pada segi proses yang telah dilakukan yaitu observasi guru dalam siklus I dengan rata-rata 83 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 92, sedangkan observasi siswa dalam siklus I dengan rata-rata 72 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 80. Pada segi hasil yang diperoleh siswa pada siklus I dengan rata-rata 62,79 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 81,67. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan keterampilan menyimak unsur intrinsik cerita pendek dari segi proses dan segi hasil yang diperoleh siswa.
English Abstract
This study is based on the issue that occurred in 2nd year class of SMPN 5 Bojonegoro in listening to the intrinsic elements of a short story. Students faced difficulties in understanding the materials, because they were less interested to the explanation given by the teacher. The purpose of this study is to find out the improvement of students’ listening skill on intrinsic elements of a short story in terms of process and the result through jigsaw method. This is a classroom action research with quantitative approach that supported by research instruments such as teacher observation sheet, student observation sheet, interview sheet, and questionnaire, while a test was used to find out the result of the improvement. This study was conducted in two cycles of four meetings in order to obtain the desired result. The stages in each meeting consist of planning, implementation, observation, and reflection. The result of this study shows that by using jigsaw method, students’ listening skill on intrinsic elements of a short story was improved in terms of process and result. In terms of process that has been done is teacher observation in cycle I with average 83 increased in cycle II with average 92, while student observation in cycle I with average 72 increased in cycle II with average 80. In terms of the results obtained by students in cycle I with an average of 62.79 increase in cycle II with an average of 81.67. In conclusion, the application of jigsaw method can improve the process and result obtained by the students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/779/051712613 |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menyimak, Cerita Pendek, Metode Jigsaw |
Subjects: | 300 Social sciences > 372 Primary education (Elementary education) > 372.6 Language arts (Communication skills) > 372.69 Listening |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 12 Jan 2018 04:11 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7954 |
Text
Iva Milatul Chanifah.pdf Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |