Rancang Bangun Aplikasi Informasi Candi Berbasis Teknologi Augmented Reality Pada Smartphone Android (Studi Kasus: Candi Ngetos, Nganjuk)

Firmansyah, Diandra Amiruddin (2017) Rancang Bangun Aplikasi Informasi Candi Berbasis Teknologi Augmented Reality Pada Smartphone Android (Studi Kasus: Candi Ngetos, Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Candi adalah salah satu bangunan suci peninggalan masa Klasik Indonesia yang digunakan sebagai tempat pemujaan oleh umat beragama Hindu maupun Budha. Bangunan-bangunan suci peninggalan masa lalu ini merupakan data otentik yang dapat digunakan oleh para ahli sebagai bahan penyusunan tentang sejarah kebudayaan, serta proses perubahan kebudayaan. Salah satu candi yang ada saat ini adalah Candi Ngetos yang telah mengalami kerusakan serius, baik kerusakan struktural, kerusakan arsitektural maupun kerusakan bahan penyusun, rangkaian batanya mengalami kerusakan/aus. Untuk itu perlu dilakukan penanganan teknis terhadap Candi Ngetos dalam bentuk pemugaran. Namun, proses pemugaran juga membutuhkan studi teknis arkeologis yang memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit, sehingga dibutuhkan cara lain dalam pemugaran untuk mengurangi kendala waktu proses pemugaran, salah satunya dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). AR adalah teknologi yang digunakan dalam pemodelan dunia nyata ke dalam sistem komputer untuk membantu dan mendukung aktivitas manusia. Dalam penerapannya, AR dapat diimplementasikan dengan algoritme Oriented FAST and Rotated BRIEF (ORB). Algoritme ini dipilih karena dapat digunakan secara umum untuk segala tujuan. Untuk menerapkan algoritme ini, dibutuhkan library penunjang yang dapat mengimplementasikan semua fungsi-fungsi dari algoritme ORB, dalam penelitian ini menggunakan library OpenCV. Untuk itu peneliti membangun aplikasi informasi candi berbasis teknologi AR pada smartphone android yang menerapkan algoritme ORB. Aplikasi tersebut memindai pola pada gambar yang telah diambil oleh kamera kemudian menampilkan objek 3D candi berdasarkan pola tersebut. Dari aplikasi ini didapatkan hasil objek 3D berupa candi secara utuh yang dapat merepresentasikan bangunan candi yang telah dipugar.

English Abstract

The temple is one of the sacred buildings of the classical remains used as a place of worship by Hindus and Buddhists in Indonesia. These sacred relics of the past are authentic data that can be used by scholars as a compilation of cultural history, as well as the process of cultural change. One of the temples that exist today is Ngetos Temple which has suffered serious damage, either structural damage, architectural damage or damage to the constituent material, the brick circuit is damaged / worn out. For that, we need technical handling of Ngetos Temple in the form of restoration. However, the refurbishment process also requires archeological technical studies that require considerable time and cost, so there is another way in the restoration to reduce the time constraints of the restoration process by using Augmented Reality (AR) technology. AR is a technology that used in real-world modeling into computer systems to help and support human activities. AR can be implemented with the ORB algorithm. This algorithm is chosen because it can be used generally for all purposes. To implement this algorithm, a supporting library is required that can implement all the functions of the ORB algorithm, in this study using the OpenCV library. For that researchers build temple information application based on AR technology on android smartphone that implement ORB algorithm. The application scans the pattern on the image that has been taken by the camera then displays the 3D object of the temple based on the pattern. The results of 3D objects in the form of a whole temple that can represent the temple that has been restored.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/778/051712365
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Candi, Oriented FAST and Rotated BRIEF, OpenCV, Android
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.8 Augmented and virtual reality
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 11 Jan 2018 01:53
Last Modified: 28 Sep 2020 16:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7885
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item