Analisis Integrasi Pasar Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.)

Maharani, Amalia Lenita (2016) Analisis Integrasi Pasar Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Disparitas harga cabai rawit di Jawa Timur antara harga pada produsen dan konsumen sangat tinggi bahkan bisa mencapai 6 kali lipat. Hal tersebut dapat terjadi karena pola musim tanam dan rantai pemasaran yang cukup panjang. Lembaga pemasaran yang terlibat dalam mendistribusikan cabai rawit cukup banyak untuk sampai ke tangan konsumen. Analisis integrasi pasar dilakukan agar dapat diketahui hubungan antar pasar dan seberapa spesifik pasar bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui integrasi pasar cabai rawit di Jawa Timur yang terjadi antara pasar produsen (petani) dengan pasar pedagang besar, pasar pedagang besar dengan pasar konsumen,dan pasar produsen (petani) dengan pasar konsumen. Data yang digunakan adalah data time series harga bulanan cabai rawit di Jawa Timur. Data yang digunakan meliputi harga di pasar produsen (petani), pedagang besar dan konsumen (Rp/Kg) selama periode waktu 5 tahun dari tahun 2011 hingga 2015. Analisis integrasi pasar dilakukan menggunakan uji stasioneritas, uji kointegrasi, error correction model (ECM) dan uji kausalitas granger. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya integrasi pasar antara produsen (petani) dengan pedagang besar, pedagang besar dengan konsumen dan produsen (petani) dengan konsumen. hubungan jangka panjang yang terjadi searah karena hasil uji kointegrasi memiliki angka yang signifikan pada semua hubungan antar pasar. hubungan yang searah menandakan bahwa harga pasar dalam jangka panjang bergerak saling menguatkan. Hubungan jangka pendek yang terjadi pada semua tingkat pasar bergerak saling menjauhi garis keseimbangan. Hal tersebut ditunjukkan pada hubungan kedua pasar memiliki perubahan harga yang berbeda. Jika terjadi kenaikan harga dipasar pedagang besar sebesar Rp. 1000,00 maka hanya akan menyebabkan kenaikan harga di pasar produsen (petani) sebesar Rp. 418,2. Jika terjadi kenaikan harga dipasar konsumen Rp. 1000,00 maka akan menyebabkan kenaikan harga di pasar pedagang besar sebesar Rp. 690,7. Jika terjadi kenaikan harga dipasar konsumen sebesar Rp. 1000,00 maka akan menyebabkan kenaikan harga di pasar produsen (petani) hanya sebesar Rp. 81,6. Pada umumnya, kekuasaan penentu harga berada pada Bandar (pedagang besar) sehingga petani terlalu mematok harga. Informasi harga pasaran yang diterima oleh petani dan pedagang pengecer (pasar konsumen) kebanyakan berasal dari pedagang besar bukan konsumen langsung atau petani langsung sehingga penyesuaian harga menuju keseimbangan lama. Saran yang diajukan penulis adalah peran aktif pemerintah dalam memberdayakan petani cabai rawit sehingga petani tidak menjadi korban permainan harga oleh pedagang besar dengan cara memberikan solusi budaya cabai rawit dan pemasaran cabai rawit yang lebih efisien. Selain itu, Penelitian integrasi pasar cabai rawit di Jawa Timur perlu dilakukan lebih lanjut untuk menganalisis faktor-faktor yang memepengaruhi integrasi pasar cabai rawit di Jawa Timur.

English Abstract

Disparity of cayenne prices in East Java between the producer and consumer prices are very high even reach 6-fold. This can occur because of the pattern of the planting and marketing chain is long. Marketing agencies involved in distributing cayenne to get into the hands of consumers. Analysis of market integration is done in order to know the relationship between the market and how specific markets worked. The purpose of this study was to determine cayenne market integration in East Java which occurred between market producers (farmers) to the wholesale market, wholesale market to the consumer market, and the market producers (farmers) to the consumer market. The data used are time series data of monthly price of cayenne pepper in East Java. Data used include market prices of producers (farmers), wholesalers and consumers (Rp/kg) over a period of 5 years from 2011 to 2015. Analysis of market integration is done using a stationary test, cointegration test, error correction model (ECM) and granger causality test. Results of research have shown there is market integration between producers (farmers) to wholesalers, wholesalers to consumers and producers (farmers) and consumers. long-term relationships that occur in the same direction as cointegration test results have significant numbers in all relationships between markets. unidirectional relationship indicates that the market price in the long term moving mutually reinforcing. Short-term relationship that occurs at all levels of the market moving away from each balance line. This is shown in the relations between the two markets have different price changes. If there is an increase in the market price of wholesalers Rp. 1000,00 then it would only lead to a rise in market prices producers (farmers) of Rp. 418,2. If there is an increase in market prices of consumer Rp. 1000,00 it will cause a rise in prices in the wholesale market amounted to Rp. 690,7. If there is an increase in the market price of consumer Rp. 1000,00 it will cause a rise in prices in the market producers (farmers) only Rp. 81,6. In general, the determining power prices are at Bandar (wholesalers) than the farmers. Information market price received by farmers and retailers (consumer market) comes mostly from wholesalers not from consumers or farmers directly, so the price adjustment to the balance need more time. Suggestions from the author is an active government role in empowering farmers cayenne pepper so that farmers do not become victims of game prices by wholesalers by providing a culture solution of cayenne pepper and cayenne pepper marketing more efficient. In addition, studies of market integration in East Java chili needs to do more to analyze the factors that affect market integration cayenne in East Java.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/1011/051702171
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.4 Specific products and services > 381.41 Product of agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 28 Jul 2017 06:44
Last Modified: 10 Apr 2023 06:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/779
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item