Marketing Politik Pasangan Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso Dalam Pemenangan Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017

Yasmin, Zahra Nur (2017) Marketing Politik Pasangan Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso Dalam Pemenangan Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggambarkan marketing politik Pasangan Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso dalam pemenangan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu tahun 2017, dimana sebelumnya Dewanti Rumpoko pernah mengalami dua kali kegagalan dalam pemilihan kepala daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses marketing politik Pasangan Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso dalam berhubungan dan berperilaku dengan pasarnya serta proses mencari dan mengembangkan pendukung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan kerangka teori marketing politik Lees-Marshment dan marketing politik Nursal. Hasil penelitian ini adalah Pasangan Pasangan Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso mengarah pada tipe Sales-Oriented Party karena tidak mengubah produk politik yang mereka miliki namun memanipulasi pasar, dimana manipulasi pasar didasarkan pada hasil riset pasar. Pasangan Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso berhasil melakukan positioning dengan mengklaim keberhasilan Pemerintahan Kota Batu dengan penggunaan Pass Marketing yang lebih dominan. Faktor utama kemenangan Pasangan Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso adalah figur Eddy Rumpoko selaku Walikota Batu sekaligus suami Dewanti Rumpoko. Eddy Rumpoko menyalahgunakan kekuasannya melalui kekuatan birokrasi dan mempengaruhi media massa lokal untuk membentuk framing berita yang menguntungkan Pasangan Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso. Faktor lainnya adalah pengoptimalan internal PDI Perjuangan dibantu anggota DPRD fraksi PDI Perjuangan se-Jawa Timur, peran partai pendukung, dan teknik komunikasi yang diatur secara sistematis dan masuk akal. Secara keseluruhan, disimpulkan bahwa produk politik Pasangan Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso tidak akan layak dijual tanpa adanya figur Eddy Rumpoko.

English Abstract

This research described political marketing of candidates couple Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso on winning the Mayor and Vice Mayor Election of city of Batu in 2017, which Dewanti Rumpoko had failed two times in a row in Region Election before. This research aimed to know the process of political marketing of the couple of candidates in having the relationship and how they construct behaviour among their market, the process of the search of supporter and expanding them. This research used descriptive qualitative method with theoretical framework of political marketing Lees Marshment and Nursal's political marketing. The result of this research is Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso was more likely type as a Sales-Oriented Party because they did not change the political product but they did a market manipulation, which market manipulation was based on the result of market intellegence. They succeeded with making a positioning by claiming the success of the Government of city of Batu by using Pass Marketing more dominant. The main factor of the victory was because of the figure of Eddy Rumpoko who is served as The Mayor of Batu and is the husband of Dewanti Rumpoko. Eddy Rumpoko utilized his position as he has bureaucracy power and influenced the local media to make news framing which it was profitable for Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso. Another factor was the optimization from PDI Perjuangan with the help of Legislative from PDI Perjuangan Fraction in East Java, role of supporter party, and by communication technique which they arranged systematically and logically. It concluded that the political products of candidate couple Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso would not be worth the selling without the presence of a figure of Eddy Rumpoko itself.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1101/051712631
Uncontrolled Keywords: Marketing Politik, Produk Politik, Sales-Oriented Party
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.9 History and geographic treatment of elections
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 03 Jan 2018 04:11
Last Modified: 14 Oct 2020 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7678
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item