Analisis Pesan Persuasi Pada Bisnis Multilevel Marketing (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Konsultan Nu Skin Indonesia)

Aurora, Dinda Ayu Nurrahmania (2017) Analisis Pesan Persuasi Pada Bisnis Multilevel Marketing (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Konsultan Nu Skin Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisa pesan persuasi yang disampaikan oleh konsultan pada saat melakukan kegiatan persauasi atau prospek. Dalam penelitian ini pesan yang disampaikan konsultan menjadi objek dari bahasan penelitian ini. Konsultan melakukan penyampaian pesan terhadap calon customer menggunakan teknik persuasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles & Huberman untuk memudahkan peneliti dalam menyusun hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informan, dalam sebuah bisnis Multi Level Marketing hal terpenting yang harus dilakukan adalah penyampaian Pesan Persuasi yang menarik. Dengan adanya pesan persuasi yang menarik dan tepat, akan tercipta sebuah pesan persuasi yang berkualitas dan dapat meyakinkan orang. Keahlian untuk menyampaikan pesan persuasi dibutuhkan oleh seorang konsultan Multi Level Marketing agar dapat membuat orang lain serta alat penunjang untuk membantu melancarkan dalam penyampaian maksud dan tujuannya. Dalam hal ini, Nu Skin memberikan flipchart sebagai media pembantu konsultan untuk menerangkan mengenai produk melalui aktivitas yakni presentasi bisnis. Pada penelitian ini didapatkan temuan unik yakni berkat konsep bisnis Nu Skin yang mudah, tidak mengikat, halal dan janji yang diberikan oleh perusahaan untuk melindungi hak bisnis konsultannya, sehingga Nu Skin dipercaya sebagai Multi Level Marketing yang halal sehingga banyak konsultannya yang muslim. Dengan adanya temuan ini, diharapkan muncul penelitian berikutnya yang membahas hal tersebut lebih lanjut.

English Abstract

In this study the message conveyed by the consultant of multi-level marketing business becomes the object of this study. Consultant to deliver a message to prospective customers by using persuasion techniques. The results of this study indicate that the informant, in a multi-level marketing business the most important thing to do is delivery of an interesting message persuasion. By the message of interesting and appropriate persuasion, will create a message of persuasion of quality and can convince people. The expertise to convey persuasion messages is requires by a multi-level marketing consultant as a support to help expedite in its multi-level marketing business. In this case, Nu Skin gives flipchart as a media guide for consultant to do product and business presentation. Besides that by the concept of persuasion that fit in target market in Indonesia is muslim, Nu Skin successfully trusted as product and business of multilevel marketing which is halal and trustworthy so that bring up many consultant and businessman or woman of muslim people at Nu Skin Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1098/051712608
Uncontrolled Keywords: Pesan Persuasi, Framing, Konsultan, Multi Level Marketing, Nu Skin Indonesia.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Dec 2017 03:20
Last Modified: 07 Dec 2020 09:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7615
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item