Hubungan Antara Perilaku Menggunakan Kosmetik Riasan Wajah Dengan Self Esteem Pada Wanita Masa Emerging Adulthood

Taruli, Tioria Nurmaulida (2017) Hubungan Antara Perilaku Menggunakan Kosmetik Riasan Wajah Dengan Self Esteem Pada Wanita Masa Emerging Adulthood. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku menggunakan kosmetik riasan wajah dengan self esteem pada wanita masa emerging adulthood. Pengumumpulan data penelitian ini dilakukan degan skala yang dikembangkan berdasarkan skala Cash Cosmetic Use Inventory (CCUI) untuk mengukur perilaku menggunakan kosmetik riasan wajah, dan skala self esteem oleh Morris Rosenberg untuk mengukur self esteem. Kedua skala dibagikan secara online pada 236 responden wanita pada masa emerging adulthood yaitu pada rentang usia 18-25 tahun. Hasil penelitian diuji menggunakan korelasi Product Moment Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara perilaku menggunakan kosmetik riasan wajah dengan self esteem pada wanita masa emerging adulthood (sig 0,032), kedua variabel tersebut membentuk hubungan positif yang berarti bahwa semakin tinggi perilaku menggunakan kosmetik riasan wajah, maka semakin tinggi pula self esteem. Kontribusi perilaku menggunakan kosmetik riasan wajah terhadap self esteem pada wanita masa emerging adulthood adalah sebesar 2%

English Abstract

This study aims to determine the relationship between the behavior of cosmetic use with self esteem in women during the emerging adulthood period. The data collection of this research was conducted on a scale developed based on Cash Cosmetic Use Inventory (CCUI) scale to measure the behavior of cosmetic use, and self esteem scale by Morris Rosenberg to measure self esteem. Both scales were distributed online to 236 female respondents in the emerging adulthood period in the 18-25 year age range. The results of the research were tested using Product Moment Pearson correlation showed that there was a correlation between the behavior of cosmetic use with self esteem in adulthood emerging women (sig 0,032), the two variables formed a positive relationship which means that the higher the behavior of cosmetics use, the more high self esteem. Contribution of behavior of cosmetic use to self esteem in women during emerging adulthood period is 2%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1092/051712541
Uncontrolled Keywords: perilaku menggunakan kosmetik riasan wajah, self esteem, emerging adulthood
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.3 Sex psychology; psychology of people by gender or sex, by sexual orientation > 155.33 Psychology of people by gender or sex > 155.333 Women
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:21
Last Modified: 26 Nov 2020 03:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7606
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item