Kinerja Sistem Layanan Kesehatan Bagi Pasien Penderita Diabetes Melitus (Studi di Puskesmas Batu)

Fa’ami, Mairissa Nur (2017) Kinerja Sistem Layanan Kesehatan Bagi Pasien Penderita Diabetes Melitus (Studi di Puskesmas Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis (1) kinerja dari Puskesmas Batu dalam melakukan pelayanan kesehatan pasien penderita Diabetes Melitus pada Tahun 2016, yang mencakup dampak layanan kesehatan yang dilihat dari 3 temuan penelitian; responsivitas petugas terhadap pasien DM, perlindungan risiko bagi pasien DM, dan perkembangan kesehatan pasien DM, (2) kinerja dari Puskesmas Batu dalam melakukan pelayanan kesehatan pasien penderita DM pada tahun 2016 yang mencakup indikator kinerja yang terdiri dari kualitas layanan, aksesibilitas, efisiensi, keamanan, cakupan, keadilan, dan keberlanjutan, (3) faktor-faktor yang mempnegaruhi kinerja yang terdiri dari : peran pemerintah dan kepemimpinan, SDM, sistem informasi kesehatan ketersediaan produk medis dan teknologi, dan biaya kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian RAPIA dengan pendekatan kualitatif. Metode RAPIA dipilih karena dengan penggunaan RAPIA dapat digunakan untuk melihat dimana perbaikan yang diperlukan untuk mengatasi masalah yang menghambat akses terhadap ketersediaan pelayanan medis berupa layanan medik, layanan kefarmasian, dan layanan keperawatan bagi pasien diabetes melitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan BMC Health Service Research oleh Beran. Hasil dari penelitian ini diperoleh data bahwa kinerja dari Puskesmas dalam melakukan layanan kesehatan bagi pasien penderita diabetes melitus di kawasan kerja Puskesmas Batu pada Tahun 2016 berjalan cukup efektif. Hal ini dibuktikan dengan tanggapnya respon petugas, optimalnya perlindungan risiko pada pasien DM, perkembangan kesehatan yang baik, pelayanan yang efisien, berkualitas, aman, adil, aktifnya peran pemerintah dan kepemimpinan yang ada, SDM yang berkompeten dan mencukupi, sistem informasi kesehatan yang memadai, tersedianya produk medis dan teknologi, serta penetapan biaya yang rasional. Saran dari penelitian ini adalah bagi Dinas Kesehatan Kota Batu hendaknya dapat membimbing Puskesmas daerah lain yang ada di Kota Batu agar dapat mencontoh kinerja dari Puskesmas Batu dalam memberikan layanan kesehatan bagi pasien DM. Selain itu diperlukan adanya kebijakan penambahan rute transportasi umum demi kelancaran mobilisasi pasien menuju Puskesmas Batu.

English Abstract

This research aims to know, describe and analyze (1) the performance of Batu Health Center in performing health service of Diabetes Mellitus patient in the year 2016, covering health service impact seen from 3 research findings; Responsiveness of the patient to DM patient, risk protection for DM patient, and health development of DM patient, (2) performance of Batu Health Center in performing patient health service of DM patient in 2016 covering performance indicator consisting of service quality, accessibility, safety, eficiency, coverage, justice and sustainability, (3) Batu Health Center performance in performing health services for DM patients covering the role of health system function which consist of: government role and leadership, human resources, health information system availability of medical and technology products, and health cost . The research used RAPIA research with qualitative approach. The RAPIA method is chosen because with the use of RAPIA research methods, it can be used to see where improvements are needed to overcome the problems that impede access to the availability of medical services i the form of medical services, pharmaceutical services, and nursing services for patients with DM. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. Data analysis using BMC health serrvice research by Beran. The finding suggest from this research is for Batu City Health Office should be able to guide other health centre in Batu City to be able to imitate Batu health centre performance in providing health service for Diabetes Melitus patient, and then it is also necessary for policy of addition of public transportation route for smooth mobilization patients to Batu health centre staff to cover more DM patients in Batu Health Centre area.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1050/051712275
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Puskesmas Batu, Pasien Diabetes Melitus
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.6 Public administration of health services
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 28 Dec 2017 06:21
Last Modified: 28 Sep 2020 11:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7575
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item