Analisis Peluang Dan Ancaman Serta Strategi Daya Saing Umkm Di Indonesia Dalam Rangka Menghadapi Asean Economic Community (AEC) (Studi Kasus Pada CV Kajeye Food dan CV Harum Manis di Malang)

Choirullah, Muchammad Iqbal (2017) Analisis Peluang Dan Ancaman Serta Strategi Daya Saing Umkm Di Indonesia Dalam Rangka Menghadapi Asean Economic Community (AEC) (Studi Kasus Pada CV Kajeye Food dan CV Harum Manis di Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Asean Economic Community atau yang biasa disebut masyarakat Ekonomi Asean adalah sebuah integrasi ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antar negara-negara ASEAN. AEC menggambarkan karakteristik utama sebagai berikut : pasar tunggal dan basis produksi, wilayah ekonomi yang sangat kompetitif, wilayah pemerataan pembangunan ekonomi, dan wilayah yang sepenuhnya terintegrasi ke dalam ekonomi global. Bidang kerjasama AEC meliputi pengembangan sumberdaya manusia, pengakuan kualifikasi profesional, konsultasi mengenai kebijakan makroekonomi dan keuangan, langkah-langkah pembiayaan perdagangan, peningkatan infrastruktur dan konektivitas komunikasi,dll. AEC akan mengubah ASEAN ke daerah dengan pergerakan bebas dari barang, jasa, investasi, tenaga kerja terampil dan aliran modal yang lebih bebas. UMKM merupakan fokus terbesar dalam berlangsungnya AEC karena ini merupakan salah satu butir kesepakatan antar menteri ekonomi seluruh ASEAN. Dengan diberlakukannya AEC maka UMKM di Indonesia harus mengamankan pasar domestik dan menembus pasar wialayah ASEAN. Bayak peluang dan ancaman yang akan dialami oleh UMKM di Indonesia. Untuk itu strategi daya saing sangat diperlukan akan hal ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar potensi, peluang, dan ancaman UMKM industri makanan di Indonesia dalam rangka menghadapi Asean Economic Community. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi UMKM industri makanan di Indonesia untuk meningkatkan daya saing produknya dalam upaya mempertahankan pasar domestik dan menembus pasar ASEAN saat AEC berlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, dengan melakukan wawancara dengan CV Kajeye Food dan CV Harum Manis serta Dinas UMKM kota Malang serta update berita yang terkait dengan tema penelitian. Hasil menunjukkan bahwa peluang UMKM industri makanan di Indonesia sangat terbuka lebar ketika AEC berlangsung. UMKM juga harus menghadapi ancaman yang datang dari luar maupun dalam negeri. Masih ada UMKM yang masih belum siap sepenuhnya menghadapi persaingan global seperti AEC. Banyak hal yang masih harus diperhatikan jika UMKM di Indonesia ingin bertahan dan bersaing secara kompetitif.

English Abstract

Asean Economic Community or so-called Asean Economic Community is an ASEAN economic integration in the face of free trade among ASEAN countries. The AEC describes the following key characteristics: a single market and production base, a highly competitive economic region, an area of equitable economic development, and a region fully integrated into the global economy. The areas of AEC cooperation include human resource development, recognition of professional qualifications, consultations on macroeconomic and financial policies, trade finance measures, improvements in infrastructure and communications connectivity, etc. The AEC will turn ASEAN into a region with free movement of goods, services, investments, skilled labor and a more free flow of capital. MSMEs are the biggest focus in the AEC as this is one of the points of agreement among economic ministers throughout ASEAN. With the enactment of AEC, MSMEs in Indonesia must secure the domestic market and penetrate ASEAN waya market. Bayak opportunities and threats that will be experienced by MSMEs in Indonesia. Therefore, a competitiveness strategy is needed in this regard. The purpose of this research is to find out how big the potential, opportunity, and threat of SME food industry in Indonesia in order to face Asean Economic Community. This study also aims to find out how the strategy of food industry MSMEs in Indonesia to improve the competitiveness of its products in an effort to maintain the domestic market and penetrate the ASEAN market when the AEC takes place. The method used in this research is a method that uses qualitative method with case study approach. Sources of data in this study is primary data, by conducting interviews with CV Kajeye Food and CV Harum Manis and Department of MSMEs Malang city and news updates related to the theme of research. The results show that the opportunities of MSMEs in the food industry in Indonesia are very wide open when the AEC takes place. MSMEs also must face threats coming from outside and within the country. There are still MSMEs that are still not fully prepared to face global competition such as AEC. Many things remain to be considered if MSMEs in Indonesia want to survive and compete in a competitive manner.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1175/051712558
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.02 Management of enterprises of specific sizes and scope / Corporate governance > 658.022 Small enterprises
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 28 Dec 2017 02:42
Last Modified: 16 Oct 2020 15:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7566
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item