Strategi Dan Proses Negosiasi Airasia Indonesia Dalam Membangun Kerjasama Dengan Kirana Tour & Travel (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Airasia Travel Service Centre Malang)

Sunaryo, Vetricia Harlin (2017) Strategi Dan Proses Negosiasi Airasia Indonesia Dalam Membangun Kerjasama Dengan Kirana Tour & Travel (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Airasia Travel Service Centre Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi negosiasi dalam membangun kerjasama antara perusahaan. Bila melihat perkembangan dunia penerbangan saat ini, semakin tinggi situasi persaingan antara setiap maskapai. AirAsia melakukan inovasi baru dengan membuka cabang kerjasama di setiap daerah. Ketika melakukan kerjasama, terdapat dua pihak yang sama-sama membawa tujuannya masing-masing. Kedua belah pihak dibawa ke dalam sebuah keselarasan yang sesuai dengan satu sama lain melalui komunikasi negosiasi. Penelitian ini berfokus pada strategi dan proses negosiasi dalam membangun kerjasama antara perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara semi terstruktur. Melalui pengumpulan data tersebut, penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Data yang sudah terkumpul direduksi sesuai dengan kebutuhan penelitian. Kemudian data disajikan dianalisis dengan cara menghubungkan antara konsep dengan data empiris sesuai dengan temuan di lapangan, dan disesuaikan dengan fokus penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses negosiasi yang dilakukan dalam kerjasama ini adalah dimulai dengan membangun hubungan, persiapan, pengumpulan informasi, penggunaan informasi, proses tawar-menawar, menutup kesepakatan, menerapkan persetujuan. Terdapat perbedaan urutan dengan yang disampaikan oleh Greenhalg. Strategi negosiasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah integrative negotiation.

English Abstract

This study aims to determine the communication strategy of negotiation in establishing cooperation between companies. When looking at the current aviation world developments, the higher the competition situation between each airline. AirAsia makes new innovations by opening branches of cooperation in each region. When doing cooperation, there are two parties that both carry their own goals. Both sides are brought into an alignment in accordance with each other through negotiation communication. This research focuses on strategy and negotiation process in building cooperation between company. The research method used is descriptive qualitative. Technique of collecting data with semi structured interview. Through the data collection, this study was analyzed using data analysis techniques from Miles and Huberman. The collected data is reduced according to the research needs. Then the data presented is analyzed by connecting the concept with empirical data in accordance with the findings in the field, and adjusted to the research focus. The results of this study indicate that the negotiation process undertaken in this collaboration is initiated by establishing relationships, preparation, information gathering, use of information, bargaining process, concluding agreements, applying approval. There is a difference in sequence with that delivered by Greenhalg. The negotiation strategy used in this research is integrative negotiation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1087/051712350
Uncontrolled Keywords: Kerjasama,Negosiasi, Integrative Negotiation
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 28 Dec 2017 01:46
Last Modified: 13 Dec 2020 08:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7557
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item