Optimasi Pelayanan Kesehatan Dasar (Studi Pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kuripan Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo )

Hardiyanti, Dina (2017) Optimasi Pelayanan Kesehatan Dasar (Studi Pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kuripan Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bermula dari dari fenomena pelaksanaan pelayanan kesehatan pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Pelayanan kesehatan merupakan hal penting yang harus dijaga maupun ditingkatkan kualitasnya sesuai standar pelayanan yang berlaku. Melihat kondisi hingga saat pelaksanaan pelayanan kesehatan masih belum optimal karena ada beberapa kendala yang harus dihadapi khusunya di Puskesmas Kuripan Kabupaten Probolinggo.Pada penelitian ini, peneliti bertujuan untuk menjawab bagaimana Optimalisasi pelayanan kesehatan dasar pada Puskesma dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara,dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengamatan yang dilakukan secara terus menerus, triangulasi, peer debriefing dan multi site desain.peneliti menggunakan analisis data yaitu, kondendensasi data, penyajian data, dan verifikasidata ataupun kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjuknya bahwa optimalisasi pelayanan kesehatan sudah berjalan baik, namun masih belum maksimal/ optimal. Hal tersebut ditandai masih adanya hambatan yang dialami, contohnya adalah masih terbatasnya SDM yang ada, SDM maksudnya ialah dari segi petugas medis dan sarana prasarana yang masih kurang memadai misalnya dari segi transportasi yang masih terbilang kurang. Saran yang dapat peneliti sampaikan meliputi 1) Sebaiknya sosialisasi dari program pokok di Puskesmas Kuripan lebih ditingkatkan dengan memperluas jangkauan di Kecamatan Kuripan secara menyeluruh, agar masyarakat sekitar juga mengetahui betapa pentingnya pelayanan kesehatan. 2) Sebaiknya dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dalam artian ini adalah petugas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kuripan perlu adanya penambahan tenaga kesehatan. 3) Sarana dan prasarana dari segi trasnportasi yang perlu ditingkatkan kembali mengingat daerah Kuripan ialah berdataran tinggi dan berbukit, tentunya sulit untuk menjangkau daerah terpencil sekaligus.

English Abstract

This research stems from the phenomenon of the implementation of health services at the Center for Public Health (Puskesmas). Health services are an important thing that must be maintained or enhanced quality according to applicable service standards. Seeing the condition to the time of the implementation of health services is still not optimal because there are some obstacles that must be faced especially in the Puskesmas Kuripan Probolinggo. . In this study, the researcher aims to answer how the optimization of basic health services at Puskesma and what are the supporting and inhibiting factors of health services. This research uses descriptive qualitative approach. Data collection was done by observation, interview, and documentation. Techniques to check the validity of the data used in this study are observations made continuously, triangulation, peer debriefing and multi site design. Researchers use data analysis, data condensation, data presentation, and verification or conclusion. The results of this study indicate that the optimization of health services has been running well, but still not optimal / optimal. It is marked by the existence of obstacles that are experienced, for example is the limited human resources that exist, the Human Resourse means is in terms of medical officers and infrastructure facilities are still inadequate for example in terms of transportation is still somewhat less. Suggestions that researchers can convey include 1) Better socialization of the main program at Puskesmas Kuripan is further enhanced by extending the reach in Kecamatan Kuripan thoroughly, so that the surrounding community also knows how important the health service. 2) It should be in terms of Human Resources (HR) which in this sense is the health service workers at the Health Center Kuripan need additional health workers. 3) Facilities and infrastructure in terms of transportation that needs to be improved again considering the area of Kuripan is a high and hilly terrain, of course difficult to reach remote areas at once

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1143/051712261
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Pelayanan Kesehatan
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.6 Public administration of health services
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 27 Dec 2017 02:46
Last Modified: 12 Oct 2020 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7521
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item