Putra, Indrawan Bayu Permana (2017) Analisis Pengaruh Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Prol Tape (Studi Kasus pada Pusat Oleh-oleh di UD. PJ Jember). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan dunia usaha yang semakin pesat dan kompetitif menuntut perusahaan untuk memiliki daya saing yang tinggi agar tetap eksis. Suatu perusahaan harus memikirkan suatu produk yang dapat diterima dan dapat disukai oleh konsumen. Keputusan pembelian adalah tindakan dari konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap produk. Suatu perusahaan harus memikirkan suatu poduk yang dapat diterima dan dapat disukai oleh konsumen. Preferensi konsumen dapat berarti kesukaan, pilihan atau sesuatu hal yang lebih disukai konsumen. Preferensi ini terbentuk dari persepsi konsumen terhadap produk (Munandar et al., 2012). Dalam hubungan preferensi konsumen diasumsikan memiliki tiga sifat dasar preferensi konsumen yaitu kelengkapan, transitivitas, dan kesinambungan. Hal lain yang menjadi sifat dasar preferensi konsumen adalah kualitas pelayanan Kualitas pelayanan tidak hanya berpusat pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan serta ketepatan penyampaian untuk mengimbangi harapan pelanggan. UD. PJ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan dan penjualan berbagai macam makanan khas Jember. Perkembangan bisnis produk makanan khas Jember yang cukup pesat di Kota Jember membuat persaingan di antara pelaku bisnis tersebut semakin ketat. Untuk dapat menganalisis preferensi konsumen dalam melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya preferensi konsumen untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen guna meningkatkan penjualan perusahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan cara purposive, yaitu dilakukan pada pusat oleh-oleh di UD. PJ Jember, karena perusahaan tersebut adalah salah satu produsen prol tape terbesar yang ada di Jember dan mempunyai kendala pada keragaman produk, kurangnya penggunaan media promosi dan kualitas pelayanan yang kurang memuaskan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara pengumpulan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data primer dilakukan beberapa cara yaitu observasi langsung, focus group discussion, survey, wawancara serta dokumentasi. Teknik pengumpulan sekunder data adalah data yang telah ada sebelumnya dan didapatkan dari sumber data guna melengkapi dan mendukung data primer. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik untuk mengetahui apakah data yang diperoleh dari kuisioner terdistribusi secara normal atau tidak, sehingga data tersebut dilanjutkan ke analisis berikutnya. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini dengan regresi berganda menujukkan bahwa variabel kelengkapan tidak berpengaruh signifikan dengan nilai signifikasi 0,107. Variabel Transitivitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000. Variabel kesinabungan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,173. Dan variabel kualitas pelayanan ii tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,789. Hal ini berarti bahwa hanya variable transitivitas yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk prol tape pada pusat oleh-oleh di UD. PJ Jember. Variabel transitivitas signifikan karena kemampuan untuk mengkombinasikan hubungan-hubungan secara logis guna memahami kesimpulan tertentu serta kemampuan karyawan dan manajemen UD. PJ dalam tahap operasional konkret sangat berdampak kepada keputusan konsumen untuk tetap membeli prol tape buatan UD. PJ.
English Abstract
Business development the rapidly and competitive demanding company to have competitiveness high to keep exist. An enterprise have to think of a product that can be accepted and can be liked by consumers. Preference of consumers can mean favorite, choice or something preferred consumers. Decision the purchase is an act of consumers to want to buy or not to products. A companies should the thinking of a poduk that can be accepted and can be liked by consumers. Preference is composed of consumer perceptions to the product ( Munandar et al., 2012 ). In relations preference of consumers assumed to have three the nature of preference of consumers that is completeness, transitivity, and continuity. The other thing that being of the nature of basic preference of consumers is the quality of the service quality does not only hooked on meeting their needs and wish to and the accuracy of delivery of to compensate hope customers. UD. PJ is one of a company working in the area of the manufacture and sale various kinds of food typical Jember. The development of business products special meal Jember which is quite rapid in the Jember city make competition in between businesses the is tight. To able to analyze preference of consumers in buy. The purpose of this research is to know the importance of preference of consumers to affect decision the purchase of consumers in order to increase sale of the company. The research is the kind of research quantitative. The determination of recipient research determined by means of purposive, that is done at the center souvenir in UD. PJ Jember, because the company is one of the producers prol tape the largest is in Jember and has constraint in diversity products, lack of use media promotion and service quality unsatisfactory. Technique data collection used in this research is by means data collection primary and secondary. Technique the collection of primary data done some way that is direct observation, focus group discussion, survey, interview and documentation. Technique secondary collection data is the data that has been the previous and obtained from data sources to equip and support primary data. The method of analysis the data used the validity and reliability the classic and assumptions as to whether the data from kuisioner were distributed normally and or not, so the data continued to next analysis .This research using tools analysis of multiple regression to know how big variable influence preference of consumers of the decision the purchase. The result of this research with multiple regression suggests that variable completeness not significant with the significance in 0,107. Variable transitivity significant of the decision a purchase with value significance 0,000. Variable continuity not significant of the decision a purchase with value significance 0,173. And variable service quality does not significant of the decision a purchase with value significance 0,789. This means that only variable transitivity who significant of the decision the purchase of products prol tape at the center souvenir in UD. PJ Jember. Variable iv transitivitas significant for the ability to combine relations logically to understand conclusion certain and ability employees and management UD. PJ in the stage operational concrete have a major influence on the decision of the consumers to keep buy prol tape artificial UD. PJ.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/968/051712164 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 635 Garden crops (Horticulture) > 635.2 Edible tubers and bulbs |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 22 Dec 2017 03:54 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 08:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7490 |
Text
Indrawan Bayu Permana Putra.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |