Permane, Intan (2017) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Strategi Bauran Pemasaran Kopi Bubuk Bali Cap Banyuatis Di CV. Pusaka Bali Persada. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kopi merupakan komoditas yang strategis di pasarkan sehingga sangat penting dalam perekonomian saat ini, hingga pada akhir 1990-an diantaranya sebagai penyediaan lapangan kerja, sumber pendapatan penghasil devisa, namun pada seiring dengan adanya krisis kopi dunia di mana produksi kopi dunia melimpah, maka harga kopi terus merosot sehingga pendapatan yang dihasilkan dari komoditas kopi tidak seperti yang diharapkan. Produksi kopi di Indonesia mengalami fluktuatif dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2013, pada tahun 2009 produksi kopi sebesar 28.67 ton/thn, pada tahun 2013 produksi kopi sebesar 29.80 ton/thn, pada tahun 2011 produksi kopi menurun yaitu sebesar 22.22 ton/thn, sedangkan produksi kopi paling tertinggi ada pada tahun 2013 mencapai sebesar 29.80 ton/thn. Menurunnya harga kopi dunia juga berdampak pada turunnya harga kopi lokal dan nasional. Akibat penurunan inilah produsen kopi dituntut untuk melakukan diversifikasi produk demi kelangsungan usahanya. Bauran pemasaran menjadi pertimbangan terhadap tindakan konsumen dalam membeli suatu produk. Hal ini lebih dikarenakan faktor produk, harga, promosi yang secara langsung dapat dirasakan atau diamati oleh konsumen akhir, dan saluran distribusi yang akan memberikan nilai positif terhadap produk dan harga yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Struktur kombinasi bauran pemasaran akan bergantung pada sasaran pemasaran yang akan dicapai perusahaan, serta kebutuhan konsumen yang pada akhirnya dalam usaha untuk menciptakan kepuasan konsumen. Salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui prioritas atribut bauran pemasaran di perusahaan CV. Pusaka Bali Persada adalah dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Importance Performance Analysis merupakan metode yang dapat digunakan untuk menjawab permasalahan pada CV. Pusaka Bali Persada, karena metode ini mampu memberikan informasi mengenai ii tingkat kepuasan konsumen dan atribut-atribut bauran pemasaran apa saja yang harus menjadi prioritas pengembangan. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengukuran terhadap tingkat kepuasan konsumen secara keseluruhan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Kepuasan menurut Kotler (2000) adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang dia rasakan dengan harapannya. Hasil dari perhitungan IPA maupun CSI dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan prioritas perbaikan strategi bauran pemasaran sehingga diharapkan terjadi peningkatan kepuasan konsumen terhadap CV. Pusaka Bali Persada mengenai prodak kopi Banyuatisyang akan berdampak pada meningkatnya jumlah konsumen. Berdasarkan hasil analisis IPA yang telah dilakukan indikator bauran pemasaran yang memiliki tingkat kepentingan yang tinggi dibanding indikator lain adalah indikator yang termasuk kedalam kuadran I dan kuadran II yaitu Kuadran I terdiri dari Kualitas Kopi, Lokasi mudah di jangkau. Sedangkan, kuadran II terdiri dari Kualitas baik, Harga jual dengan kualitas, Harga terjangkau, Lokasi strategis. Hasil analisis CSI menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen secara keseluruhan sebesar 75.051% atau cukup puas. Hal ini disebabkan karena masih cukup banyak indikator bauran pemasaran yang masuk kedalam prioritas perbaikan, sehingga dapat dikatakan kinerja dari indikator tersebut belum maksimal, menyebabkan tingkat kepuasan konsumen belum maksimal pula. Dalam penelitian ini diharapkan perusahaan melakukan pengelola CV. Pusaka Bali Persada dapat mempertahankan prestasi indikator bauran pemasaran yang sudah memiliki tingkat pelaksanaan yang baik dengan cara menjaga konsistensi kualitas kopi, menyesuaikan harga jual kopi sehingga tidak ada gap harga yang terlalu besar dengan pemasar lain, Memperbaiki tingkat pelaksanaan indikator bauran pemasaran yang termasuk kedalam prioritas perbaikan sehingga mampu meningkatkan tingkat kepuasan konsumen.
English Abstract
Coffee is a strategic marketing so it is very important in today's economy, until the late 1990s such as the provision of employment, the source of income earning foreign exchange, but in line with the world coffee crisis where world coffee production is abundant, the price of coffee continues to decline so the revenue generated from the coffee commodity is not as expected. Production of coffee in Indonesia has fluctuated from 2009 to 2013, in 2009 coffee production of 28.67 ton / yr, in the year 2013 coffee production of 29.80 ton / yr, in 2011 coffee production decreased by 22.22 ton / yr, while the highest coffee production in 2013 reached 29.80 ton / yr. The decline in world coffee prices also affects the decline in local and national coffee prices. Due to the decline is the coffee producers are required to diversify the product for the sake of continuity of business. Marketing mix becomes a consideration to consumer actions in buying a product. This is more due to product, price, promotional factors that can be directly perceived or observed by the end consumer, and the distribution channel that will give a positive value to the product and price set by the company. The combination structure of the marketing mix will depend on the marketing goals that the company will achieve, as well as the ultimate consumer needs in an effort to create customer satisfaction. One of the methods used to know the priority of marketing mix attribute in CV company. Pusaka Bali Persada is using the method of Importance Performance Analysis (IPA). Importance Performance Analysis is a method that can be used to answer problems on CV. Pusaka Bali Persada, because this method is able to provide information about the level of customer satisfaction and marketing mix attributes of what should be a development priority. In this study also measured the overall level of customer satisfaction using Customer Satisfaction Index (CSI) method. Satisfaction by Kotler (2000) is the level of one's feelings after comparing the performance (outcome) that he felt with his expectations. Results from the calculation of IPA and CSI can be used as a reference to determine the priority improvement of marketing mix strategy so it is expected to increase customer satisfaction of CV. Pusaka Bali Persada about Banyuatis coffee prodak that will affect the increasing number of consumers. Based on the results of IPA analysis that has been done indicator marketing mix that has a high importance compared to other indicators are indicators included into quadrant I and quadrant II is Quadrant I consists of Quality Coffee, Location easy to iv reach. Meanwhile, quadrant II consists of good quality, selling price with quality, affordable price, strategic location. The result of CSI analysis shows that the overall level of customer satisfaction is 75.051% or quite satisfied. This is because there are still enough marketing mix indicators that enter into improvement priorities, so it can be said that the performance of the indicator is not maximal, causing the level of customer satisfaction has not been maximized as well. In this research, it is expected that the company will manage the CV. Pusaka Bali Persada can maintain the achievement of marketing mix indicators that already have a good level of implementation by maintaining the consistency of coffee quality, adjusting the selling price of coffee so there is no price gap that is too big with other marketers, Improving the level of implementation of marketing mix indicators included into priority improvement so as to increase the level of customer satisfaction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/922/051711495 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 21 Dec 2017 07:22 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 18:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7400 |
![]() |
Text
Bagian Depan (1).pdf Download (457kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |