Maskulinitas pada New Media (Analisis Wacana Norman Fairclough pada akun instagram @dailymanly)

Suhartono., Budi (2017) Maskulinitas pada New Media (Analisis Wacana Norman Fairclough pada akun instagram @dailymanly). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akun instagram @dailymanly merupakan akun yang memberikan informasi gaya hidup pria Indonesia modern. Dengan memanfaatkan kelebihan instagram sebagai new media, @dailymanly berhasil menarik minat khalayak dan menjadi akun informasi gaya hidup pria yang memiliki pengikut sebanyak 330 ribu dalam kurun waktu 2016. Sebagai media informasi, @dailymanly memiliki konsep sendiri dalam memaknai maskulinitas melalui kharakteristik yang ditampilkan dalam setiap postingannya. Penelitian ini berusaha menguraikan bagaimana gambaran pria ideal dan maskulinitas seperti apa yang dianut oleh @dailymanly. Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana untuk mengetahui wacana apa saja yang ada dalam konstruksi maskulinitas pada @dailymanly. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik observasi dan dokumentasi. Jenis observasi yang digunakan adalah obeservasi non partisipan. Fokus penelitian adalah karakteristik gambar model pria, fashion digunakan, background serta teks tertulis dalam akun @dailymanly. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi ketimpangan sosial yaitu pria saat ini lebih mengutamakan pada penampilan luar, tidak lagi berpegang teguh pada nilai-nilai maskulinitas tradisional. Hal tersebut menunjukkan perubahan konsep maskulinitas yang ada sebelumnya. Media yang seharusnya mengedukasi pembaca ternyata menggunakan maskulinitas sebagai wacana untuk kepentingan kapitalis. Media menciptakan sebuah realita baru mengenai konsep maskulinitas yang berujung pada pemenuhan kebutuhan palsu. @dailymanly sebagai akun informasi gaya hidup pria tidak menerapkan maskulinitas tradisional seperti kekuatan, agresif, serta dominasi terhadap kaum perempuan dan beralih menggunakan konsep maskulinitas modern yang fokus pada fashion, eksklusif, mapan secara ekonomi serta melihat maskulinitas pria hanya dari penampilan luarnya saja.

English Abstract

@dailymanly is an instagram account which gives Indonesian men lifestyle. @dailymanly is success in gaining the audience’s interest by using the advantage of instagam as new media and becomes the men lifestyle social media account which has a lot of followers within 2016. @dailymanly has its own concept on giving the meaning of masculinity through the characteristic which is shown in each post. This study is trying to describes the concept of ideal men and what kind of masculinity which is shown by @dailymanly. This study used Discourse Analysis method to identify what kind of discourse in the masculinity construction at @dailymanly. In collecting the data, the researcher used observation and documentation technique. This research used non-participant observation. The focus of this study is the characteristic of the model, the fashion that presented, the background and the written text in @dailymanly account. The result of this study shown that there was social gap, such as the men nowadays prefered to put their priority on appearance, and no longer hold the traditional masculinity values. It showed that the change of previous masculinity concept. The media which should be educate the readers apparently used the masculinity as the discourse for the capitalism interest. Media created a new reality about masculinity concept that ended up on the fake fulfilment. @dailymanly, as the men lifestyle instagram account, doesn’t apply traditional masculinity such as the power, aggresive, and also the domination toward the women and change using modern masculinity concept that focus on fashion, exclusive, established financially and also look on the men masculinity based on the appearance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/497/051705807
Uncontrolled Keywords: @dailymanly, maskulinitas, analisis wacana, new media, instagram
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.3 Sex psychology; psychology of people by gender or sex, by sexual orientation > 155.33 Psychology of people by gender or sex > 155.332 Men
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 27 Jul 2017 08:39
Last Modified: 05 Mar 2024 03:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/739
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of DAFA PUSTAKA.pdf] Text
DAFA PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Actions (login required)

View Item View Item