Efektivitas Komunikasi Pemasaran Menggunakan Media Sosial Instagram Pada Produk Sambal Cowek 27

Puspitasari, Dea Lita (2017) Efektivitas Komunikasi Pemasaran Menggunakan Media Sosial Instagram Pada Produk Sambal Cowek 27. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Internet memiliki peran penting dalam kehidupan manusia di era global. Keberadaan internet mengubah kehidupan manusia dari segi komunikasi, sosial, hingga transaksi jual beli. Pada tahun 2013 jumlah pengguna internet Indonesia mencapai 71,9 juta pengguna. Peningkatan pengguna mencapai 88,1 juta pada tahun 2014. Total penduduk Indonesia pengguna internet mencapai 88 juta (Asosiasi Pengguna Jaringan Internet Indonesia, 2015). Peningkatan pengguna tersebut dibagi dalam beberapa macam jenis konten internet yang diakses. Konten media sosial memiliki presentase yang paling tinggi yaitu 97,4% atau sejumlah 129,2 juta pengguna. Pada saat ini penggunaan media sosial berkembang menjadi salah satu media online yang digunakan sebagai media berbisnis hingga jual beli barang. Menurut hasil survey APJII (2016) menyatakan bahwa sebanyak 10,4 juta pengguna internet di Indonesia menggunakan internet setiap hari untuk melakukan aktivitas bisnis, berdagang dan mencari barang. Instagram merupakan media sosial yang dimiliki masyarakat dengan keunggulan pada gambar dan konten visual menarik. Instagram memiliki pengguna mencapai 300 juta pada tahun 2014 diseluruh dunia dibandingkan dengan media sosial twitter dengan 284 juta pengguna (Eleven Digital, 2014). Salah satu pelaku usaha yang menggunakan media sosial instagram sebagai media komunikasi pemasaran adalah Sambal Cowek 27. Penggunaan media sosial sebagai media komunikasi pemasaran diharapkan dapat menekan biaya yang dikeluakan dan mencapai sasaran pasar lebih luas sehingga lebih efektif. Komunikasi pemasaran dapat dikatakan efektif jika tujuan dari proses tersebut dapat dicapai dan meningkatkan profit perusahaan. Efektivitas komunikasi pemasaran menggunakan sosial media dapat diukur menggunakan model AIDA. Menurut Kusumastuti (2009) tahapan dalam model AIDA terdiri dari Attention, Interest, Desire dan Action. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan komunikasi pemasaran menggunakan media sosial instagram yang dilakukan Sambal Cowek27, 2) menganalisis tingkat efektivitas komunikasi pemasaran menggunakan media sosial instagram pada produk Sambal Cowek 27, 3) menganalisis seberapa kuat hubungan antara penilaian pelaksanaan komunikasi pemasaran terhadap efektivitas komunikasi pemasaran menggunakan media sosial instagram oleh Sambal Cowek 27. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk menjawab tujuan pertama. Analisis deskriptif kuantitatif menggunakan metode skoring untuk menjawab tujuan kedua. Sedangkan analisis korelasi Rank Spearman digunakan untuk menjawab menjawab tujuan ketiga yaitu menganalisis seberapa kuat hubungan antara penilaian pelaksanaan komunikasi pemasaran sebagai variabel independen (X) terhadap efektivitas komunikasi pemasaran menggunakan media sosial instagram sebagai variabel dependen (Y). v Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas komunikasi pemasaran yang telah dilakukan oleh Sambal Cowek 27 adalah tingkat efektivitas komunikasi pemasaran menggunakan media sosial instagram pada produk Sambal Cowek 27 tergolong kategori tinggi dengan skor lapang mencapai 14,40 dan presentase sebesar 72,01%. Perhitungan analisis korelasi Rank Spearman diperoleh hubungan antara variabel penilaian terhadap pelaksanaan komunikasi pemasaran menggunakan media sosial instagram (X) dengan variabel efektifitas komunikasi pemasaran AIDA adalah positif nyata dan tergolong korelasi kuat. Nilai korelasi yang didapatkan sebesar 0,4822 dengan taraf signifikansi 0,000 dan taraf kepercayaan 90%.

English Abstract

Internet has an important role in human global era. The existence of the internet changed the lives of people in terms of communication, social, until the sale and purchase transactions. In 2013 the number of internet users in Indonesia reached 71.9 million users. The increase in users reached 88.1 million in 2014. The total population of Indonesia internet users reached 88 million (Association of Indonesian Internet Network Users, 2015). Increased users are divided into several types of Internet content that is accessed. Social media content has the highest percentage of 97.4% or 129.2 million users. At this time the use of social media developed into one of the online media used as a business medium to the sale and purchase of product. According to APJII (2016) survey results, as many as 10.4 million internet users in Indonesia use the internet every day to conduct business activities, trade and search for goods. Instagram is a social media owned community with excellence in images and interesting visual content. Instagram has users reaching 300 million by 2014 worldwide compared to twitter social media with 284 million users (Eleven Digital, 2014). One business actor who uses social media instagram as a marketing communication medium is Sambal Cowek 27. Use of social media as a marketing communication media is expected to reduce the cost spent and reach the broader market target so that more effective. Marketing communication can be said to be effective if the purpose of the process can be achieved and increase the profit of the company. The effectiveness of marketing communications using social media can be measured using the AIDA model. According Kusumastuti (2009) stages in the AIDA model consists of Attention, Interest, Desire and Action. The purpose of this research are: 1) to describe marketing communication using social media instagram at Sambal Cowek27, 2) to analyze the effectiveness level of marketing communication using social media instagram on Sambal Cowek product 27, 3) to analyze how strong the relationship between appraisal of marketing communication to effectiveness marketing communication using social media instagram by Sambal Cowek 27. This research uses descriptive method to answer the first and second purpose. Spearman Rank correlation analysis is used to answer the third objective is to analyze how strong the relationship between appraisal of marketing communication as independent variable (X) to the effectiveness of marketing communication using social media instagram as dependent variable (Y). The result of this research is the level of effectiveness of marketing communication using social media instagram on Sambal Cowek 27 product belonging to high category with field score reach 14,40 and percentage equal to 72,01%. Calculation of Rank Spearman correlation analysis obtained the relationship between the assessment variable on the implementation of marketing communication using social media instagram (X) with the effectiveness of marketing communication AIDA is a real positive and relatively strong correlation. vii The correlation value obtained is 0.4822 with a significance level of 0.000 and a 90% level of trust.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/926/051711830
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 21 Dec 2017 02:33
Last Modified: 05 Oct 2020 10:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7342
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item