-, Zaenudin (2017) Pengembangan game hewan laut untuk meningkatkan kemampuan kosakata pada siswa kelas 7 SMP Shalahuddin Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kosakata adalah element yang sangat penting dalam mempelajari bahasa Inggris. Berdasarkan praktik pengalaman lapangan (PPL) di SMP Shalahuddin Malang, siswa siswi di kelas tujuh mengalami permasalahan dalam menguasai kosakata. Hal ini dapat dibuktikan dalam dua indikator: pertama, pengetahuan kosakata siswa sangat rendah. Kedua, siswa tidak memiliki motivasi dalam mempelajari bahasa Inggris. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dikembangkan media pembelajaran dalam bentuk game hewan laut yang dapat memudahkan siswa untuk mempelajari kosakata secara menarik. Penelitian ini dikategorikan kedalam penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan teori Gall & Borg. Dalam mengembangkan penelitian ini dibutuhkan lima tahapan proses yaitu: analisis, desain, pengembangan, evaluasi dan implementasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara dan angket. Produk ini divalidasi oleh ahli media, ahli isi dan diujicobakan kepada siswa kelas tujuh. Ahli media menyatakan bahwa game hewan laut merupakan media yang tepat bagi siswa dalam proses pembelajaran kosakata. Ahli isi menyatakan bahwa topic dan aktivitas dalam produk dapat membuat siwa tertarik untuk mempelajari kosakata. Dan hasil dari uji coba produk menunjukan bahwa siswa angat tertarik menggunakan produk ini. Saran untuk guru bahasa Inggris adalah guru dapat menggunakan game hewan laut ini sebagai media pengajaran dalam pembelajaran kosakata. Saran untuk siswa adalah mereka dapat menggunakan produk ini secara mandiri dalam mempelajari kosakata. Untuk peneliti selanjutnya yang tertarik pada bidang yang sama dapat melanjutkan dan mengembangkan produk ini dalam upaya peningkatkan penguasaan kosakata siswa.
English Abstract
Vocabulary is one of the important elements in teaching English. Based on Praktik Pengalaman Lapangan in SMP Shalahuddin, the seventh grades students had problems in mastering vocabulary. It could be seen from two indicators: first, their vocabulary knowledge are low, second, the students did not have motivation in learning English.Based on the problem, it is necessary to develop instructional media in a form of sea animals games that can facilitate the studentsto learnvocabularyinterestingly. The model of development in this researcher is classified into Research and Development (R&D) by using the Gall and Borg theory. The development required five steps: analysis, design, development, evaluation, implementation. The reseach instrument is: observation,interview and questionnaire. This product was validated by the media expert and content expert and try out bythe students. The media expert stated that the product is appropriate media forlearning vocabulary. Thecontent expert stated that the topic and the activity in the product make the students interested to learn vocabulary. The try out result of the product shows that the students are very interested using the product. The suggestions for English teacher is the teacher can use this product as the teaching media in learning vocabulary. For the students,they can usethe product independently in learning vocabulary and for the future researcher who are interested in the same field to continue and develop thisproduct in order to find out other efforts in the aim at improving students’ vocabulary mastery.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/414/051705820 |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, kosakata, game hewanlaut, pengajaran bahasa Inggris. |
Subjects: | 400 Language > 428 Standard English usage (Prescriptive linguistics) > 428.1 Standard English usage (Prescriptive linguistics) (Words) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 08:06 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 07:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/729 |
![]() |
Text
bagian depan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I Zaenudin 135110500111049..pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB II Zaenudin 135110500111049.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB III Zaenudin 135110500111049.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB IV Zaenudin 135110500111049.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V Zaenudin 135110500111049.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA Zaenudin 135110500111049.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |