Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan Tanaman Hias Boneka Lumut Dengan Media Tanam Kokedama Pada Umkm Planter Craft Bandung

Garneti, Anisa Eliana (2017) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan Tanaman Hias Boneka Lumut Dengan Media Tanam Kokedama Pada Umkm Planter Craft Bandung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ekonomi kreatif di Indonesia sudah mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Kontribusi ekonomi kreatif berdampak positif terhadap ekonomi nasional, baik terhadap nilai tambah, lapangan pekerjaan, lapangan usaha maupun terkaitan antar sektor. Dalam menunjang perekonomian kreatif di butuhkan salah satunya sebuah inovasi terhadap terobosan terbaru dalam berbagai hal. Inovasi ini tercipta atas keresahan yang dialami oleh masyarakat. Sektor pertanian memberikan kontribusinya terhadap perekonomian kreatif. Salah satu produk yang tercipta adalah boneka lumut karya perusahan Planter Craft. Boneka lumut merupakan produk dengan inovasi pada media tanam dengan menggunakan kokedama. Kokedama ditemukan pertama kali pada negara Jepang dengan memanfaatkan bahan baku tanah liat, kerikil, cocopeat atau serbuk kayu, dan lumut sendiri. Pada boneka lumut penggunaan tanaman hias sukulen dan kaktus menjadi pilihan. Ketertarikan masyarakat terhadap produk inovasi ini terbukti dengan pendistribusian produk boneka lumut yang sudah tersebar diseluruh Indonesia dan Korea Selatan. Strategi pemasaran yang tepat diperlukan dalam hal ini dikarenakan adanya ketertarikan masyarakat terhadap produk yang cukup tinggi dan persebaran produk yang luas. Namun permasalahan muncul diakibatkan jumlah pendapatan yang diterima perusahaan cenderung berfluktuatif, produk yang ditawarkan merupakan produk pertanian kreatif, dan waktu terbetuknya perusahaan yang cukup singkat. Maka tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menganalisis strategi pemasaran yang telh diterapkan oleh Planter Craft Bandung terkait dengan volume penjualan dan 2) Menganalisis strategi yang tepat untuk memasarkan tanaman hias produk boneka lumut dengan enggunkan media tanam kokedama guna meningkatkan volume penjualan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif dan analisis kuantitatif statistik deskriptif. Lokasi penelitian bertempatan pada UMKM Planter Craft Bandung, dengan menggunakan metode purposive (sengaja). Dan penentuan responden pada penelitian menggunakan key informant yaitu pemilik atau direktur pada perusahaan dengan menggunakan teknik wawancara melalui kuisioner dengan pertanyaan terbuka. Dan menggunakan informant yaitu manajer produksi dan pemasaran, dan manajer publikasi. Sedangkan responden konsumen ditentukan menggunkan accidental sampling dengan teknik pengambilan sampling secara non pbrobability sebanyak 30 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan perbandingan volume penjualan yang sudah didapat pada bulan Mei 2016 higga April 2017 dengan ii strategi yang telah digunakan perusahaan. Sedangkan untuk menyiptakan startegi pemasaran alternatif menggunakan analisis pada matriks IFE (Internal Factor Evaluation), matriks EFE (External Factor Evaluation), matriks SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, and Threats), dan matriks QSPM (Qualitative Strategic Planning Matrix) sebagai alat analisis pengambilan keputusan. Hasil yang diperoleh sesuai dengan tujuan pertama adalah perusahaan Planter Craft sudah menerapkan bauran pemasaran (4P) dalam pelaksanaan strategi pemasaran dan penjualan yang didapatkan perbulannya dapat mencapai 267 buah. Sedangkan hasil yang diperoleh sesuai dengan tujuan kedua adalah perusahaan Planter Craft sedang bearada dalam posisi “Growth”. Dimana kondisi internal perusahaan berada pada kondisi rata-rata dan kondisi eksternal perusahaan merespon kuat peluang atau perusahaan dapat memanfaatkan peluang dan menghindari ancaman. Dan alternatif strategi yang ditumuskan pada matriks QSPM adalah: (1) Menyusun perencanaan perusahaan, (2) Melakukan inovasi secara berkala dengan meningkatkan kualitas produk, (3) Mengembangkan daerah pemasaran, (4) Menjalin hubungan baik dengan relasi, dan (5) Memaksimalisasi promosi produk di berbagai media.

English Abstract

The creative economy in Indonesia has received serious attention from the government. The contribution of the creative economy has a positive impact on the national economy, both on added value, employment, business field and inter-sectoral. In supporting the creative economy in need one of them an innovation to the latest breakthrough in various ways. This innovation is created on the unrest experienced by the community. The agricultural sector contributes to the creative economy. One of the products created is a stuffed moss by the company of Planter Craft. Moss doll is a product with innovation on planting medium by using kokedama. Kokedama was first discovered in Japan by utilizing raw materials of clay, gravel, cocopeat or wood powder, and moss itself. In moss dolls the use of succulent ornamental plants and cactus becomes an option. Public interest in this innovation product is proven by the distribution of stuffed moss products that have been spread all over Indonesia and South Korea. The right marketing strategy is needed in this case because of the public interest in the high enough product and the widespread product distribution. But problems arise due to the amount of revenue received by companies tend to fluctuate, the product offered is a creative agricultural product, and time terbetuknya company is quite short. So the purpose of this research are: 1) Analyzing marketing strategy applied by Planter Craft Bandung related to sales volume and 2) Analyzing the right strategy to market ornamental plants of moss doll products by using kokedama planting media in order to increase sales volume. The type of research used in this study is descriptive qualitative analysis and quantitative statistical descriptive statistics. The location of the research is located at UMKM Planter Craft Bandung, using purposive method. And the determination of respondents on research using key informant ie owner or director at company by using interview technique through questionnaire with open question. And using informant are production and marketing managers, and publication managers. While consumer respondents determined menggunkan accidental sampling with sampling techniques in non pbrobability of 30 respondents. Data analysis techniques in this study using the comparison of sales volume that has been obtained in May 2016 higga April 2017 with strategies that have been used company. While to create alternative marketing strategy using analysis on IFE matrix (Internal Factor Evaluation), EFE matrix (External Factor Evaluation), SWOT matrix (Strenghts, Weakness, Opportunities, and Threats), and QSPM (Qualitative Strategic Planning Matrix) decision-making. The results obtained in accordance with the first objective is the Planter Craft company has implemented the marketing mix (4P) in the implementation of iv marketing and sales strategies obtained monthly can reach 267 pieces. While the results obtained in accordance with the second objective is the company Planter Craft is bearada in the position "Growth". Where the internal conditions of the company are in the average condition and the external conditions of the company respond strongly to opportunities or companies can take advantage of opportunities and avoid threats. The alternative strategies formulated in the QSPM matrix are: (1) Preparing the company's planning, (2) Performing periodic innovations by improving product quality, (3) Developing marketing areas, (4) Establishing good relationships with relationships, and (5) Maximizing product promotion in various media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/940/051712032
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 20 Dec 2017 02:55
Last Modified: 05 Oct 2020 10:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7273
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item