Problem Komunikasi Dalam Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat (Studi Kasus: Pengembangan Kampung Wisata Ekologi Batu Into Green (BIG) di RW 6, Kelurahan Temas, Kota Batu)

Nurdyawati, Resya (2017) Problem Komunikasi Dalam Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat (Studi Kasus: Pengembangan Kampung Wisata Ekologi Batu Into Green (BIG) di RW 6, Kelurahan Temas, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan pariwisata dewasa ini lebih terfokus pada wisata ekologi atau yang sering disebut sebagai ecotourism, dengan mentik beratkan pada wisata pendidikan alam maupun sosial budaya masyarakat. Pengembangan ekowisata (ecotourism), memerlukan partisipasi masyarakat lokal guna percepatan pengembangan serta mendukung keberhasilan pengembangan ekowisata. Partisipasi masyarakat dalam pengembangan ekowisata juga sangat dipengaruhi oleh proses komunikasi yang efektif. Salah satu contoh ekowisata yang ada di wilayah Jawa Timur adalah Batu Into Green (BIG) yang terletak di RW 6 Kelurahan Temas kota Batu. Partisipasi masyarakat RW 6 dalam pengembangan BIG dirasa masih belum optimal. Hal ini terlihat dari keterlibatan masyarakat RW 6 dalam beberapa kegiatan yang berlangsung dalam pengembangan BIG, salah satunya adalah kegiatan bazar sehat yang dilaksanakan tiap bulan di minggu terakhir. Partisipasi masyarakat yang dirasa masih belum optimal tersebut dipengaruhi oleh proses komunikasi yang dilakukan oleh aktor BIG yang tergabung dalam jejaring aktor (actor network). Proses komunikasi hanya sebatas pada penyampaian informasi. Aktor BIG yang tergabung dalam jejaring aktor terbagi menjadi aktor manusia yaitu relawan dan pengurus serta aktor non entitas manusia yaitu lingkungan RW 6. Perbedaan jenis aktor tersebut di karena pada penelitian ini menggunakan teori jaringan aktor (actor network theory). Idealnya komunikasi yang dilakukan oleh aktor BIG adalah komunikasi dua arah, namun dalam praktiknya komunikasi yang dilakukan sebatas komunikasi satu arah, salah satunya dengan memanfaatkan media papan pengumuman. Oleh karena itu, penelitian ini meneliti sejauh mana komunikasi yang dilakukan oleh aktor BIG dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan kampung wisata ekologi BIG. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi peran aktor BIG dalam menyampaikan informasi mengenai kegiatan pengembangan BIG, (2) Mengidentifikasi partisipasi masyarakat terhadap ide pembuatan kampung wisata ekologi BIG, (3) Mendeskripsikan metode komunikasi yang digunakan oleh aktor BIG dan (4) Mendeskripsikan strategi komunikasi yang efektif yang dapat digunakan oleh aktor sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dengan jenis penelitian studi kasus kualitatif. Penentuan tempat pada penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu di kampung ekologi BIG, RW 6 kelurahan Temas, kota Batu. Penentuan lokasi penelitian yang berlokasi di BIG dilakukan dengan pertimbangan bahwa pada lokasi tersebut, BIG merupakan kampung wisata ekologi yang baru terbentuk dan diresmikan oleh walikota Batu. Sehingga dalam pengembangannya memerlukan partisipasi masyarakat RW 6. Informan yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 11 orang, dengan 4 orang adalah aktor BIG sebagai key informant dan 7 orang sebagai support informant yang berasal ii dari masyarakat RW 6. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik interaktif Miles and Huberman. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) Peran aktor BIG dari kelompok relawan adalah sebagai fasilitatator antara masyarakat dengan pihak ketiga seperti pemerintah maupun akademisi yang didalamnya juga berperan sebagai pendamping masyarakat dalam pengembangan BIG serta berperan sebagai formulator kegiatan yang akan berlangsung di BIG. Peran aktor BIG dari kelompok pengurus adalah sebagai penyampai informasi ke masyarakat. Peran entitas nonmanusia sebagai aktor BIG yaitu lingkungan RW 6 adalah memberikan kenyamanan bagi masyarakat RW 6 untuk tinggal di lingkungan tersebut, meningkatkan perokonomian masyarakat dan menambah pengetahuan masyarakat dari adanya kunjungan wisatawan. (2) Partisipasi masyarakat terhadap ide pembentukan BIG termasuk kedalam partisipasi pasif karena pada saaat diskusi mengenai pembentukan BIG hanya elemen masyarakat RW 6 saja yang dilibatkan dalam diskusi tersebut. Masyarakat yang dilibatkan dalam diskusi merupakan masyarakat yang aktif dan peduli lingkungan. Oleh karena itu, dalam setiap kegiatan yang berlangsung di BIG hanya masyarakat tersebut saja yang aktif berpartisipasi. Partisipasi masyarakat yang pasif tersebut dapat juga disebabkan karena komunikasi yang dilakukan oleh aktor adalah komunikasi satu arah sehingga tidak diketahui feedback yang diberikan oleh masyarakat selaku komunikan. (3) Metode komunikasi yang dilakukan oleh aktor BIG dalam menyebarkan informasi seperti jadwal kegiatan dilakukan secara interpersonal dan kelompok. Metode komunikasi interpersonal dilakukan secara face to face oleh aktor saat bertemu dengan masyarakat, sedangkan metode komunikasi kelompok dilakukan saat ada pertemuan rutin yang berlangsung di BIG seperti perkumpulan tahlil bapak–bapak maupun PKK. (4) Strategi komunikasi yang dilakukan aktor adalah dengan selalu mengingatkan kepada masyarakat terkait jadwal kegiatan yang akan berlangsung. Strategi komunikasi yang dilakukan aktor yang lainnya adalah dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan ke sesama masyarakat terkait informasi yang mereka dapatkan. Selain mengenai jadwal kegiatan, informasi yang sering dibagikan oleh aktor BIG kepada masyarakat adalah dengan memberikan wacana–wacana mengenai lingkungan seperti himbauan untuk menjaga dan merawat lingkungan. Media yang gunakan oleh aktor dalam menyampaikan informasi adalah dengan menggunkan media grup percakapan whatsApp karena dirasa media tersebut efektif untuk menyebarkan informasi mengingat kesibukan yang dialami oleh aktor. Media lain yang dipilih dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat adalah dengan menggunakan papan pengumuman. Sehingga masyarakat sebagai penerima memiliki sikap yang antusias terhadap adanya BIG. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti yaitu: (1) Melakukan proses sosialisasi kepada masyarakat luas agar masyarakat dapat memahami konsep BIG, (2) Metode komunikasi yang digunakan sebaiknya menggunakan model komunikasi dua arah dengan melakukan komunikasi door to door, dan (3) Strategi komunikasi yang dilakukan oleh aktor BIG adalah dengan menjadikan masyarakat sekitar sebagai penyampai informasi kesesama masyarakat sehingga partisipasi masyarakat pada kegiatan dalam pengembangan BIG dapat meningkat.

English Abstract

Tourism development at the present is more focused on ecological tourism or what is often referred to as ecotourism, which is focused on the nature education and social cultural community. So, in its development, the participation of local communities is very needed to accelerate the development of ecological tourism and support the success of ecotourism development. The effective communication process strongly influences the development of ecotourism too. One example of ecological tourism in East Java is Batu Into Green (BIG) which is located in RW 6, Temas village, Batu city. Participation of RW 6 community in BIG development is still not optimal. This is evident from the involvement of RW 6 community in several activities that related to BIG development, one of them is the healthy bazaar activity that held every month in the last week. Unoptimal Community participation is affected by communication process of BIG actors who are members of network actor. The Communication process is not more than just conveying information. The BIG actors incorporated in the network actors are divided into human actors, they are the volunteers and administrators and also non-human entities actors, that is the environment of RW 6. This study uses actors networking theory, so that there are different types of the actors. The communication that must be made by BIG actors is a two-way communication, but in practice the actors use one-way communication, such as using billboard to convey information. Therefore, this study aims to examine how effective the way of communication made by the BIG actors to increase the community participation in the development of BIG ecological tourism village. The purposes of this study are to: (1) Identify the role of BIG actors in conveying information about BIG development activities, (2) Identify the community participation in the development of BIG ecological tourism village, (3) Describe the communication methods used by BIG actors and (4) Describe an Effective communication strategies that can be used by the actors to increase community participation. This study uses purposive sampling method while the study type is qualitative case study. The place of this study is BIG, the determination of the location of this study is based on considerations that at that location BIG is a new ecological tourism village that was built and inaugurated by Batu city government. So, the participation of RW 6 community is needed in BIG development. Informants selected in this study amounted to eleven people, four people are BIG actors as the key informant and seven people as the support informant coming from RW 6 community. This study uses interactive technique analysis method. The results of this study are (1) The BIG actors from volunteer groups act as facilitators between the community and third parties, such as the government iv and academics, also act as community facilitators in the development of BIG and as the formulator of activities that will take place in BIG. The BIG actors from the administrator group act as an informers for the community. RW 6 environment as a non-human entity has a role in providing comfort for the community to live in the environment, improve the community economy and increase public knowledge through tourist visits. (2) The participation of the community towards BIG development is a passive participation it is because only elements of RW 6 community are involved in the discussion of BIG development. The community involved in the discussion is an active and environmentally conscious society. So in every activity that takes place in BIG only those communities are actively participating. Passive participation of the community because BIG actors use one-way communication so there is no feedback from the community as a communicant. (3) BIG actors use interpersonal and group communication methods in conveying information such as activity schedules. BIG actors apply the method of interpersonal communication by face to face with the community. While group communication methods are applied during routine meetings taking place in BIG such as tahlil and PKK. (4) The communication strategy used by BIG actors is to remind the community about the schedule of activities that will take place and urge the public to convey the information obtained to other communities. In addition to the schedule of activities, information often shared by BIG actors to the community is conveying environmental discourses such as an appeal to maintain and care for the environment. BIG actors use group conversation media with whatsApp application to convey information because the communication media is very effective to convey information to the community. Other media used in conveying information to the public is a billboard. So the community as the recipient has an enthusiastic attitude towards the BIG. The suggestions that can be given by the researcher are: (1) socialize about BIG to the community so that people can understand the concept of BIG, (2) Communication method used should use two way communication model by doing face-to-face communication, and (3) Communication strategy used by BIG actors is to make the community as an informant for other community so as to increase public participation on BIG development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/812/051711029
Uncontrolled Keywords: Peran, Partisipasi, Komunikasi, Strategi
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 19 Dec 2017 06:44
Last Modified: 27 Nov 2020 01:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7222
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item