Ayunitasari, Della (2017) Perencanaan Strategi Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Malang Tv Sebagai Televisi Lokal Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini membahas perencanaan strategi dalam menghadapi persaingan dan mencapai keunggulan yang kompetitif pada Malang TV sebagai suatu unit bisnis yang bergerak pada industri televisi lokal di Kota Malang. Persaingan usaha yang semakin ketat saat ini menyebabkan perlu dilakukannya analisis lingkungan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang di hadapi agar mampu menetapkan strategi bersaing untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Perumusan strategi menggunakan matriks EFE, IFE, SWOT, IE, CPM, dan QSPM. Dari analisis matriks EFE dan IFE, menunjukkan bahwa Malang TV sudah mampu merespon peluang dan ancaman, serta memaksimalkan kekuatan dan menutupi kekurangan dengan baik. Selanjutnya pada matriks SWOT didapatkan beberapa alternatif strategi yang terdiri dari strategi SO, ST, WO, dan WT. Pada matriks IE didapatkan bahwa Malang TV berada pada sel V yang menunjukkan bahwa Malang TV berada pada kondisi menjaga dan mempertahankan. Hasil analisis QSPM menunjukkan bahwa strategi untuk mencapai keunggulan bersaing adalah strategi pengembangan produk.
English Abstract
This study discusses the strategic planning of Malang TV in facing competition and achieving competitive advantage as a business unit working in local television industry in Malang. The increasingly tight business competition today requires an environmental analysis to identify the strengths, weaknesses, opportunities, and threats of a company to establish its competitive strategies to increase its competitive advantage. The strategic formulation of this study uses EFE, IFE, SWOT, IE, CPM, and QSPM matrices. Based on EFE and IFE matrices analysis, Malang TV has been able to respond to opportunities and threats. The company has also been able to maximize its strength and cover its weakness well. Based on the SWOT matrix analysis, some alternate strategies consisting of SO, ST, WO, and WT strategies are obtained. Based on the IE matrix, it is found that Malang TV is in cell V, indicating that the company is in holding and maintaining condition. The result of QSPM analysis shows that the appropriate strategy to achieve competitive advantage is product development.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2017/725/051712227 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Lingkungan, IFE, EFE, CPM, IE, SWOT, QSPM, Strategi Keunggulan Bersaing, environmental analysis, IFE, EFE, CPM, IE, SWOT, QSPM, competitive advantage strategies |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 2 Planning and policy making |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 02:35 |
Last Modified: | 01 Oct 2020 16:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7201 |
Actions (login required)
View Item |