Rifki, Novita (2017) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk Keripik Kentang (Studi pada Agroindustri Keripik Kentang di Kota Batu Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keripik kentang adalah salah satu produk makanan ringan yang diminati oleh semua kalangan masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya produk keripik kentang yang dapat ditemukan hingga puluhan jenis dalam beragam fitur dan atribut yang sengaja dibuat sedemikian rupa oleh masing-masing produsen. Salah satu produsen keripik kentang di Kota Batu adalah CV. Cita Mandiri (CV. CM). Industri berskala rumah tangga ini merupakan produsen keripik kentang yang berdiri sejak tahun 2003. Seiring berjalannya usaha, CV. CM selalu dihadapkan dengan beberapa kendala seperti persaingan dengan produsen sejenis, dan belum intensifnya kegiatan promosi sehingga dapat menurunkan volume penjualan. Oleh sebab itu, CV. CM harus melakukan perencanaan pemasaran yang tepat melalui bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi dan promosi agar dapat meningkatkan volume penjualan. Mengingat pentingnya pemasaran dalam menentukan keberhasilan finansial usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kegiatan bauran pemasaran, menganalisis pengaruh bauran pemasaran secara simultan terhadap volume penjualan produk keripik kentang pada CV. CM dan menganalisis variabel bauran pemasaran yang memberikan pengaruh paling dominan dan signifikan terhadap volume penjualan produk keripik kentang pada CV. CM. Metode pengumpulan data melalui wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif melalui uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji F dan Uji T. Data yang dianalisis merupakan data bulanan (time series) yang terdiri dari data ketersediaan produk, tingkat harga, biaya distribusi dan biaya promosi dari tahun 2012-2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CV. CM memposisikan produknya sebagai produk yang memiliki citra produk yang lebih unggul dengan menciptakan diferensial yang unik pada konsumen. Harga yang ditetapkan disesuaikan dengan kualitas produk, berdasarkan biaya produksi yang dikeluarkan ditambah dengan keuntungan yang diinginkan (cost plus percentage of cost pricing). Saluran distribusi yang digunakan adalah saluran distribusi pendek (menjual produk langsung ke konsumen) dan saluran distribusi panjang (melalui distributor). Kegiatan promosi yang dilakukan terdiri dari kegiatan periklanan (penyebaran brosur, kartu nama dan media sosial), penjualan personal (pameran), pemasaran langsung (media sosial seperti website, blog dan facebook) dan promosi penjualan (pemberian bonus produk). Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel ketersediaan produk, tingkat harga, biaya distribusi dan biaya promosi secara simultan mempengaruhi volume penjualan dengan F hitung lebih besar dari F tabel (28,825 > 2,54). Secara parsial, variabel ketersediaan produk, tingkat harga, biaya distribusi dan biaya promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan. Variabel ketersediaan produk memiliki pengaruh sebesar 8,553 terhadap volume penjualan dengan tingkat signifikan 0,000 atau 100 persen yang menunjukkan bahwa setiap kenaikan 1 unit produk dapat meningkatkan volume penjualan sebesar 8,553 unit ii produk. Variabel tingkat harga memiliki pengaruh sebesar 2,546 terhadap volume penjualan dengan tingkat signifikan 0,014 yang menunjukkan bahwa setiap kenaikan harga Rp 1 dapat meningkatkan volume penjualan sebesar 2,546 unit produk. Variabel biaya distribusi memiliki pengaruh sebesar 2,077 terhadap volume penjualan dengan tingkat signifikan 0,042 yang menunjukkan bahwa setiap kenaikan biaya distribusi Rp 1 dapat meningkatkan volume penjualan sebesar 2,077 unit produk. Variabel biaya promosi memiliki pengaruh sebesar 2,221 terhadap volume penjualan dengan tingkat signifikan 0,030 yang menunjukkan bahwa setiap kenaikan biaya promosi Rp 1 dapat meningkatkan volume penjualan sebesar 2,221 unit produk. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk keripik kentang belum mengalami perubahan baik dari ciri produk maupun unit, variabel bauran pemasaran (ketersediaan produk, tingkat harga, biaya distribusi dan biaya promosi) secara bersama-sama mempengaruhi volume penjualan. Sedangkan secara parsial, variabel ketersediaan produk memiliki pengaruh paling dominan dan signifikan terhadap volume penjualan. Oleh karena itu, saran yang bisa diberikan untuk dapat meningkatkan volume penjualan yaitu dengan diversifikasi produk melalui pemambahan ciri-ciri produk (cita rasa, ukuran, bahan pelengkap dan lain-lain), perubahan desain unit produk, dan perlu memperhatiakn proses packaging atau pengepakan dengan baik seperti meletakan produk yang telah dikemas menggunakan plastik kedalam kardus agar terhindar dari kerusakan produk pada saat pendistribusian serta untuk memenuhi jumlah ketersediaan produk yang paling dominan sebaiknya CV. CM melakukan pengawasan produksi dan memperbaiki manajemen persediaannya dengan mengatur jumlah ketersediaan produk. Untuk penelitian selanjutnya bisa melakukan analisis terhadap strategi bauran pemasaran produk keripik kentang pada CV. CM dari segi konsumen.
English Abstract
Potato chips is one of the snack products that are in demand by all circles of people.This is proven by the many products of potato chips that can be found up to dozens of types in various features and attributes deliberately created in such a way by each manufacturer. One of potato chips producer in Batu City was CM agroindustry. There was a home scale industry of potato chips that was established since 2003. As the business goes, CM agroindustry is always faced several obstacles such as competition with similar prodct, and not yet intensively promotional activities that can reduce sales volume. Therefore, CM agroindustry must conduct proper marketing planning through marketing mix consisting of product, price, distribution channel and promotion in order to increase sales volume. Given the importance of marketing in determining the financial success of the business. This research is aimed to identify marketing mix activities, to analyze the influence of marketing mix simultaneously to sales volume of potato chips product on CM agroindustry and to analyze marketing mix variables that give the most dominant and significant influence to sales volume of potato chips in CM agro industry. The methods of data collection through interviews, obsevation and documentation. The methods of data analyze using descriptive analyze kuantitave analyze through classical assumption test, multiple linear regression, F test and T test. The data analyzed was monthly data (time series) consisting of product availability data, price level, distribution cost and promotion cost From 2012-2016. The results of this study showed that CM agroindustry positioned their product as a product that with a superior product image by creating a unique differential to consumers. The price determined was tailored to the quality of the product, based on the cost of production incurred plus the desired profit (cost plus percentage of cost pricing). The distribution channels used a short distribution channels (selling products directly to consumers) and long distribution channels (through distributors). Promotional activities include advertising activities (brochures, business cards and social media), personal sales (exhibitions), direct marketing (social media such as websites, blogs and facebook) and sales promotions (product bonuses). The result of the analyze shows that product availability variable, price level, distribution cost and promotion cost simultaneously influence sales volume with F arithmetic bigger than F table (28,825> 2,54). In parsial, product availability variable, price level, distribution cost and promotion cost have significant influence to sales volume. Variable availability of product has an effect of 8,553 to sales volume with significant level 0.000 or 100 percent which indicate that the increased of 1 unit of product can increasing sales volume equal to 8,553 unit product. Price level variables have an effect of 2.546 to sales volume with a significant level of 0.014 which indicates that increased in price of Rp 1 can increasing the sales volume of 2.546 units of the product. Variable distribution cost has an effect of 2.077 to sales volume with a significant level of 0.042 indicating that each increase iv in distribution cost Rp 1 can increasing the sales volume of 2.077 units of products. Promotional cost variable has an effect of 2,221 to sales volume with significant level of 0,030 indicating that every increased of promotion cost Rp 1 can increasing sales volume of 2,221 units of product. Based on the results of this study, it can be concluded that the potato chips product has not changed either from product or packaging characteristics, marketing mix variables (product availability, price level, distribution cost and promotion cost) together influence the sales volume. While in parsial, product availability variable has the most dominant and significant influence on sales volume. Therefore, suggestions that can be given to increase the sales volume is by diversifying the product through the addition of product characteristics (taste, size, complementary materials, etc.), change the packaging design of the product, and need to pay attention to the process of packaging or packing Such as placing a product that has been packaged using plastic into cardboard to avoid product damage at the time of distribution and to meet the most dominant product availability quantity should CM agroindustry supervise production and improve that inventory management by adjusting the amount of product availability. For the further research can analyzed of product marketing mix strategy of potato chips in agroindustry CM in terms of consumers.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/828/051711045 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 01:56 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 18:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7191 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |