Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Cabai Organik Di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik (Kelurahan Cemorokandang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur)

Subiyantoro, Ayu Ardiyanti (2017) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Cabai Organik Di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik (Kelurahan Cemorokandang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelompok Wanita Tani Vigur Organik merupakan salah satu pelaku usaha dibidang pertanian organik.. Berbekal dari potensi yang dimiliki yaitu Kelompok Wanita Tani Vigur Organik menghasilkan produk yang berkualitas, higienis, ramah lingkungan, sehat, aman dikonsumsi, dan memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Kelompok Wanita Tani Vigur Organik menekuni usaha tersebut mulai dari membudidayakan sayuran organik hingga memasarkannya hingga saat ini. Terdapat beberapa jenis komoditas sayuran yang ditanam, namun salah satu jenis komoditas sayuran tersebut yang selalu ditanam adalah cabai organik. Saat ini cabai menjadi salah satu komoditas sayuran yang banyak dibutuhkan masyarakat, baik masyarakat lokal maupun internasional. Setiap harinya permintaan akan cabai, semakin bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di berbagai negara. Cabai merupakan tanaman sayuran buah semusim yang diperlukan oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai bumbu atau penyedap makanan. Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen cabai organik dan kesadaran masyarakat akan pertanian organik. Kelompok tani Vigur Organik dihadapkan berbagai persaingan usaha sejenis, karena mulai banyak usaha yang sejenis hadir dan bersaing merebut pasar. Adanya berbagai persaingan tersebut, dapat menjadi kendala bagi usaha ini untuk mecapai tujuan Kelompok tani Vigur Organik maupun perkembangan usaha yang dilakukan kelompok Tani Vigur Organik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut Kelompok Tani Vigur Organik memerlukan perencanaan dalam melakukan kegiatan pemasaran. Untuk menerapkan pemasaran yang baik dibutuhkan strategi pemasaran yang baik pula guna memasarkan cabai organik ke konsumen sehingga dapat tercapai peningkatan volume penjualan dan meningkatnya pangsa pasar cabai organik. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Kelompok Tani Vigur Organik agar tetap bertahan dan berkembang pada usahanya yaitu melalui strategi pemasaran yang diterapkan atas dasar bauran pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap volume penjualan cabai organik di Kelompok Tani Vigur Organik, Menganalisis variabel bauran pemasaran yang memberikan pengaruh paling dominan dan signifikan terhadap volume penjualan Cabai organik di Kelompok Tani Vigur Organik. Hasil Penelitian ini adalah variabel Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), Promosi (X4), Orang (X5), Proses (X6) dan Physical Evidence (X7) secara bersama-sama mempengaruhi Volume Penjualan (Y), dan variabel Produk (X1) adalah variabel yang memiliki koefisien beta yang paling besar. Artinya, variabel Y lebih banyak dipengaruhi oleh variabel Produk (X1) daripada variabel lainnya. Koefisien yang dimiliki oleh variabel Produk (X1) bertanda positif, hal ini berarti bahwa semakin banyak produk yang dihasilkan maka volume penjualan akan semakin meningkat dan sebaliknya semakin sedikir produk yang dihasilkan maka volume penjualan akan semakin menurun.

English Abstract

Farmer Vigur Organic Women group is one of the business actors in the field of organic agriculture. Armed with the potential of the Group of Women Vicultural Organic produce quality products, hygienic, environmentally friendly, healthy, safe to eat, and has a large market share. Group of Organic Vine Farmers to pursue the business ranging from cultivating organic vegetables to market it to date. There are several types of vegetable commodities grown, but one type of vegetable commodity is always planted is an organic chili. Currently chili become one of the vegetable commodities that much needed by the community, both local and international community. Every day the demand for chillies increases as the population increases in various countries. Chili is a seasonal vegetable crop that is required by all levels of society as a spice or flavoring food. Along with the increasing demand of organic chili consumers and public awareness of organic farming. Organic VII farmer groups are faced with similar business competition, since many similar businesses are present and compete for the market. The existence of various rivalries, can be a constraint for this effort to reach the goals of Organic Farmer Group and the development of business Vabor Organic Farmers Group. To overcome these problems Organic Farmer Group requires planning in conducting marketing activities. To apply good marketing, it needs good marketing strategy also to market the organic chilli to the consumer so that can be achieved increase of sales volume and increase of market share of organic chili. Marketing strategy that can be applied by Organic Farmer Group to survive and grow in its business is through marketing strategy applied on the basis of marketing mix. The purpose of this study is to analyze the influence of marketing mix variables on organic chili sales volume in Organic VII Farmer Group, Analyze marketing mix variables that give the most dominant and significant influence to sales volume of organic chili in Organic Farmer Group The results of this study are Product (X1), Price (X2), Place (X3), Promotion (X4), Person (X5), Process (X6) and Physical Evidence (X7) variables simultaneously affect Sales Volume (Y) , And Product variable (X1) is the variable that has the largest beta coefficient. That is, the Y variable is more influenced by Product variable (X1) than other variables. The coefficients possessed by Product variable (X1) are positive, this means that the more product is produced then the sales volume will increase and vice versa the more the product is produced then the sales volume will decrease.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/847/051711064
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 15 Dec 2017 06:46
Last Modified: 28 Sep 2020 18:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7105
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item