Hidayatullah, Muhamad Arif (2017) Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Ladaku Merica Bubuk Di Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Merica atau biasa juga disebut lada merupakan tanaman sejenis rempah-rempah yang digunakan sebagai bahan tambahan penyedap rasa untuk makanan. Lada mempunyai cita rasa yang sangat tajam, sedikit pedas dan pahit saat ditambahkan ke makanan. Merica dapat diolah menjadi bentuk bubuk dan dikemas dengan kemasan untuk dijadikan bumbu masak yang praktis. Salah satu bentuk bumbu merica bubuk yang dipasarkan dan dikenal luas oleh masyarakat adalah Ladaku merica bubuk. Ladaku merupakan produk baru dari PT Motasa Indonesia yang lahir sekitar tahun 2010 dengan berkonsentrasi pada pengolahan merica bubuk. Seperti halnya perusahaan besar pasti memiliki pesaing dalam menjalankan usahanya. Beberapa pesaing Ladaku seperti produk Mama Suka lada putih bubuk, Siliwangi merica bubuk, Le Sedap lada bubuk, Lada Mas, Lada Cap Tawon dan Lada Super 88, yang merupakan produk yang dihasilkan dari perusahaan lain. Setiap merek akan saling bersaing untuk dapat memperoleh sebanyak mungkin konsumen untuk membeli produknya. Persaingan yang ketat memaksa produk Ladaku merica bubuk untuk menerapkan strategi bauran pemasaran yang dapat digunakan untuk memenangkan persaingan terhadap produk sejenis dan mendapatkan pangsa pasar yang besar. Tujuan dari penilitan adalah untuk mengetahui (1) Menganalisis pengaruh variabel-variabel bauran pemasaran secara simultan dan parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk Ladaku. (2) Menganalisis variabel bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk Ladaku. Lokasi penelitian dipilih secara purposive method yaitu berada di Kota Kediri. Penentuan responden yang dilakukan di dalam penelitian menggunakan accidental sampling. Metode yang digunakan untuk menganlisis faktor-faktor baurna pemasaran yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk Ladaku menggunakan analisis regresi logistik (logit). Variabel bauran pemasaran yang digunakan meliputi 4P yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan tempat (place). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk Ladaku merica bubuk meliputi variabel produk dan variabel tempat. Secara simultan variabel bauran pemasaran mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sebesar 64,6%, sedangkan 35,4% dipengaruhi variabel lain. Saran dalam penelitian adalah: (1) Desain kemasan dapat ditingkatkan degan membuat kemasan yang berbeda dengan pesaing yang dapat menjadi cirikhas ladaku merica bubuk. Kesesuaian harga dapat ditingkatkan dengan menurunkan harga produk menjadi menjadi sedikit dibawah pesaing atau meningkatkan kualitas produk yang mempunyai nilai lebih dan ciri khas dari Ladaku. Media promosi dapat ditingkatkan untuk menamambah peluang keputusan konsumen untuk membeli produk Ladaku. Penambahan media promosi dapat berupa iklan pada radio dan iklan pada majalah masak atau majalah khusus wanita dapat berpeluang untuk menarik minat konsumen dalam membeli produk. (2) Penggunaan sampel dan atribut dari variabel yang lebih banyak dan beragam untuk dapat mendapatkan hasil penelitian yang lebih terukur dan akurat. (3) Penambahan variabel dalam penelitian sebaiknya menjadi 7P (product, price, place, promotion, person dan pysycal evidance).
English Abstract
Pepper is a kind of spice plant that is used as a flavor enhancer for food. Pepper has a very sharp taste, slightly spicy and bitter when added to food. Pepper can be processed into powdered form and packed with packaging to be used as a practical cooking spice. One form of powdered pepper spice that is marketed and widely known by the public is Ladaku pepper powder. Ladaku is a new product from PT Motasa Indonesia born in 2010 by concentrating on powdered pepper processing. Just as big companies must have a competitor in running their business. Ladaku competitor such as Mama Suka pepper white powder products, Siliwangi pepper powder, Le Sedap pepper powder, Lada Mas, Pepper Cap Tawon and Lada Super 88, which is a product produced from other companies. Each brand will compete with each other to get as many consumers as possible to buy their products. The fierce competition forced Ladaku pepper powder products to implement a marketing mix strategy that could be used to win competition against similar products and gain substantial market share. The purpose of the research is to find out (1) Analyze the influence of marketing mix variabels simultaneously and partially to the consumer decision in purchasing Ladaku product. (2) Analyze marketing mix variabels that have the most influence on consumer decisions in purchasing Ladaku product. The research location was chosen by purposive method that is in Kediri City. Determination of respondents conducted in the study using accidental sampling. The method used to analyze the marketing factors that influence the consumer's decision to purchase the Ladaku product using logistic regression analysis (logit). Marketing mix variabels used include 4P, product, price, promotion and place. The results showed that there are 2 variabels that significantly influence the consumer's decision in purchasing Ladaku pepper powder products include product variabels and place variabels. Simultaneously marketing mix variabels influence consumer purchasing decision equal to 64,6%, while 35,4% influenced by other variabel. Suggestions in the research are: (1) The packaging design can be improved by making different packaging form competitors that can be characteristic of Ladaku pepper powder. Price compliance can be increased by lowering product prices to be slightly below competitors or improving the quality of products that have more value and characteristic of Ladaku. Promotional media can be upgraded to increase consumer decision opportunities to buy Ladaku product. The addition of promotional media can be advertisements on radio and advertisements in cooking magazines or specifically magazines for women can have a chance to attract consumers in buying products. (2) The use of samples and more attributes and more variables in order to obtain more measurable and accurate results. (3) The addition of variables in the research should be Increased 7P (product, price, place, promotion, person and pysycal evidance).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/856/051711073 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 15 Dec 2017 02:14 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 18:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |