Orlandi, Immanuel Toni (2017) Penerapan Pasal 8 Ayat (1) Huruf (G) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Pelaku Usaha Yang Menjual Pangan Jajanan Krupuk Di Pasar Besar Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini membahas pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha yang menjual produk pangan jajanan krupuk berdasarkan hasil di Pasar Besar Kota Malang dan pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan dan Dinas Kesehatan Kota Malang. Penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis empiris dengan pendekatan yuuridis sosiologis, data primer dan sekunder yang diperoleh penulis dianalisis dengan teknik deskriptif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan Pasal 8 Ayat (1) Huruf (G) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen terhadap pelaku usaha yang menjual pangan jajanan krupuk di pasar besar Kota Malang kurang efektif karena pelaku usaha yang menjual pangan jajanan krupuk tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa pada produk pangan masih melakukan pelanggaran. Faktor Penghambat dibagi menjadi dua yaitu faktor hukum dan non hukum. Upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Malang yaitu penyuluhan kepada pelaku usaha, penyuluhan ke masyarakat Kota Malang, penyebaran pamflet. Upaya yang dilakukan Dinas Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan pengawasan barang
English Abstract
The research discusses about violations that have been done by the sellers who sell crackers based on the result in Pasar Besar, Malang City and the control tha are conducted by Malang Trade Department and Malang Health Department,. The thesis uses empirical legal method using sociological juridical approach, primary and secondary data that are obtained by the author through analysis using descriptive and qualitative techniques. Based on the result of the research, the implementation of article 8 Paragraph (1) Letter (g) of the law Number 8 Year 1999 on Consumer Protectiontowardssellers who sell crackers in Pasar Besar, Malang City is not effective enough, because the sellers who sell crackers did not put down the expiry date in the food product that caused a violation. The obstacle is divided in 2 factors, namely legal factor and non legal factor. The efforts the which are done by the Health Department of Malang City are giving the elucidationto the sellers and citizen of Malang City, as well as spreading pamphlet. The efforts that have been done by the Trade Department in collaboration with Health Department, namelyconducting control of stuffs in traditional markets and minimarkets as a preventive action for protecting consumers of Malang City.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2017/386/051712244 |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Pelaku Usaha, Konsumen, Kadaluwarsa |
Subjects: | 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.07 Regulation of economic activity > 343.071 Consumer protection |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 04:18 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 09:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6946 |
Actions (login required)
View Item |