Evaluasi Pengawasan Pemberian Kredit Sebagai Upaya Untuk Meminimalkan Non Performing Loan (Studi Pada Kredit Ritel Komersial PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Kawi Kota Malang)

Setiawati, Silvia Dewi (2016) Evaluasi Pengawasan Pemberian Kredit Sebagai Upaya Untuk Meminimalkan Non Performing Loan (Studi Pada Kredit Ritel Komersial PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Kawi Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk mengetahui cara PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Kawi Kota Malang dalam memberikan Kredit Ritel Komersial kepada nasabahnya serta cara meminimalkan Non Performing Loan (kredit bermasalah). Banyaknya nasabah dari PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Kawi Kota Malang menyebabkan banyak pula yang mengajukan permohonan kredit yaitu sebanyak 470 nasabah pada tahun 2012, 558 nasabah pada tahun 2013, dan sebanyak 800 nasabah pada tahun 2014 (PT. BRI (persero), Tbk : 2015). Kredit Ritel Komersial PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Kawi Kota Malang mengalami fluktuatif dalam periode 2012 – 2014. Tingkat Non Performing Loan pada tahun 2013 sebesar 2,44% yang sudah mengalami penurunan dari tahun sebelumnya dan telah berada di bawah batas aman yang ditentukan oleh Bank Indonesia sebesar 5%. Akan tetapi pada tahun 2014 persentase Non Performing Loan mengalami kenaikan yang signifikan menjadi 6,08% yang menunjukkan bahwa persentasenya berada di atas batas aman Bank Indonesia, sehingga hal ini menyebabkan bank dalam kondisi yang tidak baik. Berdasarkan penjelasan tersebut, penting adanya evaluasi pengawasan pemberian kredit ritel komersial dan cara mengatasi Non Performing Loan (kredit bermasalah) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Kawi Kota Malang yang dapat merugikan pihak Bank.

English Abstract

This study was made to know how PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Branch Kawi Malang in providing the retail commercial credit to their customers as well as how to minimize the Non Performing Loan. The number of customers pf PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Branch Kawi Malang cause many are apllying for credit as many as 470 customers in 2012, 558 customers in 2013, and as many as 800 customers in 2014 (BRI, 2015). Retail Loans Commercial PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Branch Kawi Malang experienced fluctuating in 2012/2014. Non Performing Loan level in 2013 at 2,44%, which had decreased from previous year has been under the save limit set by Bank Indonesia by 5%. However, in 2014 the percented of Non Performing Loan increased significantly to 0,68% which indicates that percented is above the save limit of Bank Indonesia, and this makes the Bank in not good condition. Based on the explanatio, it is important for monitoring the evoluation of commercial retail credit lending and how to deal with Non Performing Loans PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Branch Kawi Malang that could harm the Bank.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1291/051711725
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Dec 2017 06:48
Last Modified: 31 Oct 2024 02:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6874
[thumbnail of SILVIA DEWI SETIAWAT.pdf] Text
SILVIA DEWI SETIAWAT.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item