Persepsi Wisatawan Terhadap Cafe Sawah Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Berutu, Risngo Nanny (2017) Persepsi Wisatawan Terhadap Cafe Sawah Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan pariwisata di Indonesia sangat menjanjikan mengingat kondisi alam dan topografi Indonesia yang indah dan banyak menyimpan keunikan yang bersifat alami. Setiap daerah memiliki potensi wisata lokal baik yang berupa wisata alam, wisata budaya maupun wisata buatan. Berbagai potensi wisata lokal yang ada dapat digali, diolah, dikelola serta dikembangkan menjadi sarana hiburan atau rekreasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal maupun mancanegara. Salah satunya yang saat ini sedang banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah wisata yang ada di Jawa Timur. Potensi wisata di Jawa Timur yang sedang dikembangkan saat ini salah satunya adalah Cafe Sawah wisata kuliner yang memanfaatkan agrowisata sebagai atrakasi wisatanya. Cafe Sawah didirikan pada November 2016 dan didirikan sebagai wisata kuliner tradisional. Namun pada kenyataannya di lapang, wisatawan lebih memilih untuk berfoto dibandingkan mencicipi kuliner tradisional yang ada di Cafe Sawah. Oleh karena itu maka pihak pengelola perlu mencari sebenarnya apa yang menjadi daya tarik Cafe Sawah menurut persepsi wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan Cafe Sawah di Desa Pujon Kidul dan menganalisis persepsi wisatawan terhadap Cafe Sawah. Batasan masalah pada penelitian yaitu hanya menganalisis persepsi wisatawan terhadap atraksi, fasilitas dan aksesibilitas yang ditawarkan Cafe Sawah di Desa Pujon Kidul berdasarkan hasil angket yang diisi oleh responden. Penelitian ini dilakukan selama bulan Juni 2017 – Juli 2017. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis persepsi wisatawan dan menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan pengambangan Cafe Sawah. Penentuan sampel yaitu dengan menggunakan rumus Cochran dengan teknik accidental sampling dan ditetapkan sebanyak 96 wisatawan sebagai responden. Penentuan sampel untuk mendeskripsikan pengembangan Cafe Sawah yaitu dengan purposive sampling dan ditetapkan sekretaris pengelola sebagai key informan.Teknink pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, angket, observasi, penelitian kepustakaan dan studi dokumentasi. Variabel yang digunakan untuk menganalisis persepsi wisatawan adalah atraksi, amenitas/fasilitas dan aksesibilitas. Variabel tersebut kemudian dibagi menjadi beberapa indikator. Masing-masing indikator akan diukur berdasarkan skala Likert. Hasil dari penelitian ini antara lain : 1) Atraksi wisata Cafe Sawah yang awalanya hanya memanfaatkan pemandangan alam kini sudah memanfaatkan agrowisata dan sekarang sudah semakin diperbanyak sawah-sawah dan taman di sekitar Cafe Sawah. 2) Persepsi wisatawan terhadap atraksi Cafe Sawah berada pada kategori baik, artinya secara umum atraksi yang ada di Cafe Sawah dinikmati dan memberikan kepuasan kepada wisatawan. Persepsi wisatawan terhadap aksesibilitas Cafe Sawah berada pada kategori baik juga, artinya wisatawan merasa bahwa aksesibilitas menuju Cafe Sawah mudah untuk diakses dan sesuai dengan harapan ii mereka. Persepsi wisatawan terhadap Cafe Sawah berada pada kategori sedang, artinya wisatawan merasa kurang puas terhadap fasilitas yang ada di Cafe Sawah sehingga masih perlu diperhatikan dan dikembangkan lagi oleh pihak pengelola. Saran yang dapat diberikan kepada pihak pengelola yaitu : 1) Penambahan makanan dan minuman khas yang menandakan bahwa Cafe Sawah adalah wisata kuliner tradisional seperti penambahan makanan polo pendem. 2) Penambahan inovasi baru seperti menawarkan wisatawan untuk melakukan kegiatan memasak makanan tradisional bersama masyarakat sekitar Cafe Sawah. 3) Penambahan gazebo agar wisatawan yang mengunjungi Cafe Sawah tidak ada perlu lagi menunggu untuk mendapatkan gazebo sebagai tempat istirahat dan makan. 4) Kondisi jalan menuju Cafe sebaiknya diperbaiki untuk mempermudah akses pengendara roda dua. 5) Petunjuk jalan menuju Cafe Sawah sebaikknya lebih diperjelas dan ditambahkan petunjuk untuk mempermudah wisatawan yang berasal dari luar Kabupaten atau luar Kota Malang.

English Abstract

The development of tourism in Indonesia is very promising given the natural conditions and topography of Indonesia is beautiful and many store the uniqueness of a natural nature. Each region has local tourism potential either in the form of nature tourism, cultural tourism and artificial tourism. Various local tourism potentials that can be extracted, processed, managed and developed into a means of entertainment or recreation to meet the needs of local communities and abroad. One of them is currently being visited by many tourists is tourism in East Java. Tourism potential in East Java which is being developed at this time one of them is Cafe Sawah culinary tour that utilize agro tourism as tourism object. Cafe Sawah was established in November 2016 and was established as a traditional culinary tour. But in fact in the field, tourists prefer to take pictures than tasting traditional culinary in Cafe Sawah. Therefore, the managers need to look for exactly what is the appeal of Cafe Sawah according to the perception of tourists. The purpose of this research is to describe the development of Sawah Cafe in Pujon Kidul Village and to analyze the perception of tourists to Cafe Sawah. Limitations of the research problem that is just analyze the perception of tourists to the attractions, facilities and accessibility offered Cafe Sawah in Pujon Kidul Village based on the questionnaire filled by respondents. This research was conducted during June 2017 - July 2017. This research approach uses quantitative approach to analyze tourist perception and use descriptive analysis to describe the mining of Cafe Sawah. Determination of sample is by using Cochran formula with accidental sampling technique and determined as many as 96 tourists as respondents. Determination of the sample to describe the development of Cafe Sawah is by purposive sampling and determined the secretary of the manager as key informan.Teknink data collection conducted by interviews, questionnaires, observations, literature research and documentation studies. The variables used to analyze tourist perception are attraction, facility and accessibility. The variables are then divided into several indicators. Individual indicators will be measured on a Likert scale. The results of this study include: 1) Tourist attractions Sawah Cafe that initially only take advantage of natural scenery is now already utilizing agro and now has been increasingly reproduced fields and parks around Cafe Sawah. 2) The perception of tourists to the attraction of Cafe Sawah is in the good category, it means that in general attractions in Cafe Sawah enjoyed and give satisfaction to tourists. The perception of tourists on the accessibility of Cafe Sawah is in the good category as well, meaning tourists feel that the accessibility to Cafe Sawah is easy to access and in line with their expectations. The perception of tourists to Cafe Sawah is in the medium category, meaning tourists feel less satisfied with the existing facilities at Cafe Sawah so it still needs to be considered and developed again by the manager. iv Suggestions that can be given to the manager are: 1) The addition of typical food and beverage indicating that Cafe Sawah is a traditional culinary tourism such as the addition of polo grease food. 2) The addition of new innovations such as offering tourists to do traditional food cooking activities with the community around Cafe Sawah. 3) The addition of gazebo so that tourists who visit Cafe Sawah no longer need to wait to get the gazebo as a place to rest and eat. 4) The condition of the road to the Cafe should be improved to facilitate access to two-wheeled riders. 5) Directions to Cafe Sawah as well as more clarified and added instructions to facilitate tourists coming from outside the regency or outside the city of Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/634/051710850
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 12 Dec 2017 02:07
Last Modified: 13 Dec 2021 00:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6817
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (409kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (577kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item