Dhuha, Gangsar Kurnia (2016) Strategi Usaha Mikro Kecil Menengah berbasis Daya Saing (Studi pada Usaha Mikro Kecil Menengah Shuttle Cock Bina Mandiri Arjosari Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan strategi Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Berbasis Daya Saing pada Usaha Mikro Kecil Menengah Shuttle Cock Kota Malang. Dengan demikian dalam pelaksanaannya pemerintah mendorong masyarakatnya untuk terus berkembang membentuk kemandirian masyarakat melalui UMKM. Salah satunya yaitu, UMKM Shuttle Cock sebagai salah satu produk unggulan Kota Malang tidak hanya beredar di pasar lokal tetapi juga memiliki pasar di luar kota dan luar pulau. Meskipun Shuttle Cock Kota Malang merupakan produk unggulan, terdapat beberapa masalah yang harus diperhatikan. Beberapa permasalahan tersebut antara lain: produksi, legalitas dan pemasaran. Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang telah menyusun beberapa strategi dalam upaya meningkatkan daya saing dari UMKM Shuttle Cock Kota Malang. Strategi pemerintah dalam pengembangan sentra industri Shuttle Cock tersebut diharapkan mampu meningkatkan pendapatan bagi masyarakat sentra industri Shuttle Cock. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi yang diterapkan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang dalam mengembangkan industri shuttle cock berbasis daya saing, serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan strategi mengembangkan industri shuttle cock yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis Miles Huberman yang tahapannya terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data dan kesimpulan – kesimpulan penarikan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, strategi Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang dalam mengembangkan industri shuttle cock berbasis daya saing belum menunjukkan hasil yang memuaskan karena terdapat beberapa masalah seperti ketersediaan pasokan bahan baku, legalitas (label merk) dan pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan master strategy seperti enterprise strategy, corporate strategy, business strategy dan functional strategy oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang harus ditingkatkan agar UKM shuttle cock dapat berkembang lebih baik terlebih untuk meningkatkan daya saing.
English Abstract
Research background based on the strategy of Local Government in the Development of Micro, Small and Medium Enterprises Competitiveness Based on Micro, Small and Medium Enterprises Shuttle Cock Malang. Thus in practice the government encouraged people to continue growing form community independence through SME’s. One of them is, SME’s Shuttle Cock as one of the featured product in Malang not only circulate in the local market but also have a market outside the city and outside the island. Although Shuttle Cock in Malang is an excellent product, there are several issues that must be considered. Some of these problems include: production, legality and marketing. Cooperatives and SME Malang has developed several strategies in an effort to improve the competitiveness of SME’s Shuttle Cock Malang. The government's strategy in the development of industrial centers Shuttle Cock that is expected to increase income for the industry. This study aims to determine the strategy adopted by the Department of Cooperatives and SME Malang in developing industry-based shuttle cock competitiveness, and to know the supporting factors and the factors inhibiting the implementation of the strategy to develop industrial shuttle cock conducted by the Cooperative and SME Malang. This research use descriptive research with qualitative approach and using analytical methods from Miles Huberman that stage consists of data collection, data presentation, condensing data and conclusions withdrawal or verification. Based on the research that has been conducted by researchers, strategies Cooperatives and SME Malang in developing industry-based shuttle cock competitiveness has not shown satisfactory results because there are some issues such as the availability of raw material supply, legality (label brands) and marketing. Based on this research, application of master strategy as enterprise strategy, corporate strategy, business strategy and functional strategy by the Department of Cooperatives and SME Malang should be improved so that SMEs shuttle cock can grow better especially to improve competitiveness.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/1295/051711729 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Usaha Mikro Kecil Menengah, Daya Saing |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 00:32 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 02:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6805 |
![]() |
Text
Binder1.pdf Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |