Analisis Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Keripik Kentang Berdasarkan Product Life Cycle Di CV. Cita Mandiri Kecamatan Junrejo Kota Batu Provinsi Jawa Timur

Mafrudhi, Iqbalul (2017) Analisis Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Keripik Kentang Berdasarkan Product Life Cycle Di CV. Cita Mandiri Kecamatan Junrejo Kota Batu Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

CV. Cita Mandiri merupakan agroindustri yang mengelola dan memproduksi olahan buah dan sayuran seperti keripik dan stik. Agroindustri ini memasarkan produk dengan membuka outlet, mengirimkan produksi ke toko retail, serta tempat penjualan oleh-oleh makanan khas di Kota Batu. Keripik kentang merupakan olahan yang pertama kali dirintis. Persaingan di kalangan produksi produk sejenis semakin banyak sehingga perusahaan perlu melakukan berbagai strategi guna mengembangkan perusahaan. Namun, perusahaan belum melakukan strategi yang intensif guna semakin mengembangkan produk agar lebih dikenal masyarakat luas. Promosi yang dilakukan masih terbilang sangat sederhana meskipun telah menggunakan teknologi. Selain itu, terjadinya fluktuatif pada volume penjualan yang membuat belum maksimalnya pemasaran. Permasalahan tersebut memerlukan perbaikan dengan mengukur sejauh mana posisi keripik kentang pada tahapan siklus hidup produk. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan bauran pemasaran dan segmentation, targeting, positioning yang diterapkan CV. Cita Mandiri dalam memasarkan produk keripik kentang (2) menganalisis posisi produk keripik kentang pada siklus hidup produk (3) mengidentifikasi kesesuaian strategi bauran pemasaran keripik kentang CV. Cita Mandiri dengan tahapan siklus hidup produk yang telah dianalisis. Penelitian ini menggunakan key informan sebagai orang yang memberikan informasi dalam penelitian sesuai dengan data yang diperlukan. Key informan yang diambil juga mempertimbangkan keahlian dalam bidangnya yaitu pemilik perusahaan atau Direktur dan Asisten Manajer perusahaan. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan metode Polli and Cook. Berdasarkan penelitian, perusahaan CV. Cita Mandiri menerapkan strategi pemasaran yaitu STP (Segmentation, Targeting, Positioning) serta marketing mix yaitu 4P (Product, Price, Place, Promotion). Segmentasi keripik kentang CV. Cita Mandiri merupakan semua usia, baik laki-laki maupun perempuan. Target perusahaan yaitu masyarakat umum dan perusahaan memposisikan produk keripik kentang dengan memberikan kualitas yang baik dan aman dikonsumsi. Hasil analisis menggunakan metode Polli and Cook pada keripik kentang CV. Cita Mandiri yaitu posisi produk keripik kentang CV. Cita Mandiri pada tahapan siklus hidup produk berada pada tahap pertumbuhan (growth) : ΣΔ% (X) > μ + 0,5σ = 9,79 > 3,57. Strategi bauran pemasaran yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan CV. Cita Mandiri pada tahap pertumbuhan adalah dengan menawarkan perluasan produk, perluasan layanan dan jaminan, harga untuk penetrasi pasar, membangun distribusi intensif, dan membangun kesadaran dan minat di pasar massal.

English Abstract

CV. Cita Mandiri is agroindustry that manages and produces processed fruits and vegetables such as chips and sticks. This agroindustry markets its products with opening outlets, delivering production to retail stores, as well as selling special food outlets in Batu City. Potato chips is processed first produced. Competition among the production of similar products more and more so that companies need to do various strategies to develop the company. However, the company has not doing a intensive strategy to the more developed products to known general public. Promotion is still fairly simple although it has been using technology. In addition, the occurrence of fluctuation sales volume that make not maximal in marketing. These problems require improvement by measuring the extent to which the position of potato chips at the product life cycle stage. The objectives of this reseach are (1) to describe the marketing mix and segmentation, targeting, positioning applied CV. Cita Mandiri in marketing potato chips products (2) analyzing the position of potato chips product on the product life cycle (3) identified the suitability of marketing mix strategy of potato chips CV. Cita Mandiri with the product life cycle stages that have been analyzed. This research use the key informant as the person who provide information in the research in accordance with the required data. Key informants taken also consider the expertise in the field of the company owner or Director and Assistant Manager of the company. The research approach used in this research is quantitative approach. Data analysis technique using Polli and Cook method. Based on the research, the company CV. Cita Mandiri implements marketing strategy that is STP (Segmentation, Targeting, Positioning) and marketing mix that is 4P (Product, Price, Place, Promotion). Potato chips segmentation CV. Cita Mandiri is all age, both male and female. The company's target is the general public and the company positioning potato chip products by providing good quality and safe to consumer. The analysis result using Polli and Cook method on potato chips CV. Cita Mandiri is the position of potato chips product CV. Cita Mandiri at the product life cycle stage is the growth stage : ΣΔ% (X) > μ + 0,5σ = 9,79> 3,57. Marketing mix strategy should be done by CV. Cita Mandiri at the growth stage is to offer product expansion, service extension and assurance, pricing for market penetration, development intensive distribution, and development awareness and interest in the mass market.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/464/051710651
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 11 Dec 2017 06:52
Last Modified: 10 Aug 2020 04:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6794
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item